Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1126

٥ - بَابُ تَحۡرِيضِ النَّبِيِّ ﷺ عَلَى صَلَاةِ اللَّيۡلِ وَالنَّوَافِلِ مِنۡ غَيۡرِ إِيجَابٍ
5. Bab anjuran Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—untuk salat malam dan sunah dengan tanpa mewajibkannya


وَطَرَقَ النَّبِيُّ ﷺ فَاطِمَةَ وَعَلِيًّا عَلَيۡهِمَا السَّلَامُ لَيۡلَةً لِلصَّلَاةِ. 

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mendatangi Fathimah dan ‘Ali—‘alaihimas salam—di suatu malam dalam rangka menganjurkan untuk melakukan salat malam. 

١١٢٦ - حَدَّثَنَا ابۡنُ مُقَاتِلٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ قَالَ: أَخۡبَرَنَا مَعۡمَرٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ هِنۡدٍ بِنۡتِ الۡحَارِثِ، عَنۡ أُمِّ سَلَمَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ اسۡتَيۡقَظَ لَيۡلَةً، فَقَالَ: (سُبۡحَانَ اللهِ، مَاذَا أُنۡزِلَ اللَّيۡلَةَ مِنَ الۡفِتۡنَةِ! مَاذَا أُنۡزِلَ مِنَ الۡخَزَائِنِ! مَنۡ يُوقِظُ صَوَاحِبَ الۡحُجُرَاتِ؟ يَا رُبَّ كَاسِيَةٍ فِي الدُّنۡيَا عَارِيَةٍ فِي الۡآخِرَةِ). [طرفه في: ١١٥]. 

1126. Ibnu Muqatil telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdullah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ma’mar mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Hind binti Al-Harits, dari Ummu Salamah—radhiyallahu ‘anha—bahwa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bangun di suatu malam lalu bersabda, “Mahasuci Allah, betapa banyak cobaan yang telah diturunkan pada malam ini dan betapa banyak perbendaharaan dunia telah diturunkan! Siapa yang akan membangunkan para penghuni kamar? Wahai kaum, alangkah banyak orang yang berpakaian di dunia namun telanjang di akhirat.”