Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 155

٢٠ – بَابُ الۡاِسۡتِنۡجَاءِ بِالۡحِجَارَةِ
20. Bab istinja dengan batu


١٥٥ - حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ مُحَمَّدٍ الۡمَكِّيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا عَمۡرُو بۡنُ يَحۡيَى بۡنِ سَعِيدِ بۡنِ عَمۡرٍو الۡمَكِّيُّ، عَنۡ جَدِّهِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ قَالَ: اتَّبَعۡتُ النَّبِيَّ ﷺ، وَخَرَجَ لِحَاجَتِهِ، فَكَانَ لَا يَلۡتَفِتُ، فَدَنَوۡتُ مِنۡهُ فَقَالَ: (ابۡغِنِي أَحۡجَارًا أَسۡتَنۡفِضۡ بِهَا - أَوۡ نَحۡوَهُ - وَلَا تَأۡتِنِي بِعَظۡمٍ، وَلَا رَوۡثٍ). فَأَتَيۡتُهُ بِأَحۡجَارٍ بِطَرَفِ ثِيَابِي، فَوَضَعۡتُهَا إِلَى جَنۡبِهِ وَأَعۡرَضۡتُ عَنۡهُ، فَلَمَّا قَضَى أَتۡبَعَهُ بِهِنَّ. [الحديث ١٥٥ – طرفه في: ٣٨٦٠]. 

155. Ahmad bin Muhammad Al-Makki telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Amr bin Yahya bin Sa’id bin ‘Amr Al-Makki menceritakan kepada kami dari kakeknya, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: 

Aku mengikuti Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ketika beliau keluar untuk buang hajat. Ketika itu beliau tidak menoleh. Aku mendekati beliau, lalu beliau berkata, “Carikan untukku batu-batu yang bisa aku gunakan untuk beristinja—atau semisalnya—! Jangan engkau memberiku tulang atau kotoran binatang!” 

Aku pun membawakan beberapa batu dengan ujung pakaianku lalu aku letakkan di samping beliau dan aku berpaling dari beliau. Ketika beliau selesai buang hajat, beliau beristinja dengan batu-batu itu.