Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 261 dan 262

٩ - بَابُ هَلۡ يُدۡخِلُ الۡجُنُبُ يَدَهُ فِي الۡإِنَاءِ قَبۡلَ أَنۡ يَغۡسِلَهَا إِذَا لَمۡ يَكُنۡ عَلَى يَدِهِ قَذَرٌ غَيۡرُ الۡجَنَابَةِ؟
9. Bab apakah boleh orang yang junub memasukkan tangannya ke dalam bejana sebelum membasuhnya jika tidak ada kotoran di tangannya selain junubnya


وَأَدۡخَلَ ابۡنُ عُمَرَ وَالۡبَرَاءُ بۡنُ عَازِبٍ يَدَهُ فِي الطَّهُورِ وَلَمۡ يَغۡسِلۡهَا، ثُمَّ تَوَضَّأَ. وَلَمۡ يَرَ ابۡنُ عُمَرَ وَابۡنُ عَبَّاسٍ بَأۡسًا بِمَا يَنۡتَضِحُ مِنۡ غُسۡلِ الۡجَنَابَةِ. 

Ibnu ‘Umar dan Al-Bara` bin ‘Azib memasukkan tangannya ke dalam air untuk bersuci tanpa mencucinya terlebih dahulu, setelah itu dia berwudu. 

Ibnu ‘Umar dan Ibnu ‘Abbas berpendapat tidak mengapa terciprati air dari mandi janabah. 

٢٦١ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ: أَخۡبَرَنَا أَفۡلَحُ، عَنِ الۡقَاسِمِ، عَنۡ عَائِشَةَ قَالَتۡ: كُنۡتُ أَغۡتَسِلُ أَنَا وَالنَّبِيُّ ﷺ مِنۡ إِنَاءٍ وَاحِدٍ تَخۡتَلِفُ أَيۡدِينَا فِيهِ. [طرفه في: ٢٥٠]. 

261. ‘Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami: Aflah mengabarkan kepada kami dari Al-Qasim, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Dahulu, aku dan Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mandi dari satu bejana. Tangan-tangan kami bergantian (mengambil air) di dalam bejana itu. 

٢٦٢ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنۡ هِشَامٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ إِذَا اغۡتَسَلَ مِنَ الۡجَنَابَةِ غَسَلَ يَدَهُ. 

262. Musaddad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Hammad menceritakan kepada kami dari Hisyam, dari ayahnya, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Dahulu Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—apabila mandi janabah, beliau mencuci tangannya.