Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 359 dan 360

٥ - بَابُ إِذَا صَلَّى فِي الثَّوۡبِ الۡوَاحِدِ فَلۡيَجۡعَلۡ عَلَى عَاتِقَيۡهِ
5. Bab apabila salat dengan selembar pakaian, dia buat supaya ada yang di atas kedua pundaknya


٣٥٩ - حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ أَبِي الزِّنَادِ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ الۡأَعۡرَجِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (لَا يُصَلِّي أَحَدُكُمۡ فِي الثَّوۡبِ الۡوَاحِدِ لَيۡسَ عَلَى عَاتِقَيۡهِ شَىۡءٌ). [الحديث ٣٥٩ – طرفه في: ٣٦٠].

359. Abu ‘Ashim telah menceritakan kepada kami dari Malik, dari Abu Az-Zinad, dari ‘Abdurrahman Al-A’raj, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Janganlah salah seorang kalian salat dengan selembar pakaian dalam keadaan di atas kedua pundaknya tidak ada sesuatupun (yang menutupinya)!”

٣٦٠ - حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيۡمٍ قَالَ: حَدَّثَنَا شَيۡبَانُ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ أَبِي كَثِيرٍ، عَنۡ عِكۡرِمَةَ قَالَ: سَمِعۡتُهُ – أَوۡ كُنۡتُ سَأَلۡتُهُ – قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا هُرَيۡرَةَ يَقُولُ: أَشۡهَدُ أَنِّي سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (مَنۡ صَلَّى فِي ثَوۡبٍ وَاحِدٍ، فَلۡيُخَالِفۡ بَيۡنَ طَرَفَيۡهِ). [طرفه في: ٣٥٩].

360. Abu Nu’aim telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Syaiban menceritakan kepada kami dari Yahya bin Abu Katsir, dari ‘Ikrimah. Beliau berkata: Aku mendengarnya atau aku pernah bertanya kepadanya. Beliau berkata: Aku mendengar Abu Hurairah mengatakan: Aku bersaksi bahwa aku mendengar Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Siapa saja yang salat dengan selembar pakaian, hendaknya dia menyilangkan kedua tepinya.”