Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 361 dan 362

٦ - بَابٌ إِذَا كَانَ الثَّوۡبُ ضَيِّقًا
6. Bab apabila selembar pakaian tersebut sempit


٣٦١ - حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ صَالِحٍ قَالَ: حَدَّثَنَا فُلَيۡحُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ الۡحَارِثِ قَالَ: سَأَلۡنَا جَابِرَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ عَنِ الصَّلَاةِ فِي الثَّوۡبِ الۡوَاحِدِ، فَقَالَ: خَرَجۡتُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ فِي بَعۡضِ أَسۡفَارِهِ، فَجِئۡتُ لَيۡلَةً لِبَعۡضِ أَمۡرِي، فَوَجَدۡتُهُ يُصَلِّي، وَعَلَىَّ ثَوۡبٌ وَاحِدٌ، فَاشۡتَمَلۡتُ بِهِ، وَصَلَّيۡتُ إِلَى جَانِبِهِ، فَلَمَّا انۡصَرَفَ قَالَ: (مَا السُّرَى يَا جَابِرُ؟). فَأَخۡبَرۡتُهُ بِحَاجَتِي، فَلَمَّا فَرَغۡتُ قَالَ: (مَا هَٰذَا الۡاِشۡتِمَالُ الَّذِي رَأَيۡتُ؟). قُلۡتُ: كَانَ ثَوۡبٌ، يَعۡنِي ضَاقَ، قَالَ: (فَإِنۡ كَانَ وَاسِعًا فَالۡتَحِفۡ بِهِ، وَإِنۡ كَانَ ضَيِّقًا فَاتَّزِرۡ بِهِ). [طرفه في: ٣٥٢].

361. Yahya bin Shalih telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Fulaih bin Sulaiman menceritakan kepada kami dari Sa’id bin Al-Harits. Beliau berkata: Kami bertanya kepada Jabir bin ‘Abdullah tentang salat dengan selembar pakaian. Beliau berkata:

Aku keluar bersama Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—di sebagian safarnya. Aku datang (ke tempat beliau) di suatu malam untuk sebagian urusanku. Aku mendapati beliau sedang salat, sedangkan aku memakai satu lembar pakaian, lalu aku menyelimutkannya. Aku pun salat di samping beliau. Ketika beliau selesai, beliau bertanya, “Ada perlu apa malam-malam begini, wahai Jabir?”

Aku mengabarkan kebutuhanku kepada beliau. Ketika aku selesai, beliau bertanya, “Mengapa engkau menyelimutkan pakaian seperti ini?!”

Aku berkata: Ketika itu pakaianku sempit.

Nabi melanjutkan, “Jika kainmu lebar, silakan engkau menyelimutkannya (sampai tubuh bagian atas), namun jika sempit, engkau sarungkan (pada tubuh bagian bawah) saja.”

٣٦٢ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى، عَنۡ سُفۡيَانَ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو حَازِمٍ، عَنۡ سَهۡلٍ قَالَ: كَانَ رِجَالٌ يُصَلُّونَ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ عَاقِدِي أُزۡرِهِمۡ عَلَى أَعۡنَاقِهِمۡ، كَهَيۡئَةِ الصِّبۡيَانِ، وَقَالَ لِلنِّسَاءِ: (لَا تَرۡفَعۡنَ رُءُوسَكُنَّ حَتَّى يَسۡتَوِيَ الرِّجَالُ جُلُوسًا). [الحديث ٣٦٢ – طرفاه في: ٨١٤، ١٢١٥].

362. Musaddad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Yahya menceritakan kepada kami dari Sufyan. Beliau berkata: Abu Hazim menceritakan kepada kami dari Sahl. Beliau berkata: Dahulu, para lelaki salat bersama Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dengan mengikatkan izar (kain yang menutupi separuh badan bagian bawah) di atas leher-leher mereka seperti halnya anak-anak. Nabi bersabda kepada para wanita, “Kalian jangan mengangkat kepala kalian (dari sujud) sampai para lelaki duduk dengan lurus!”