Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 508

٩٩ - بَابُ الصَّلَاةِ إِلَى السَّرِيرِ
99. Bab salat menghadap tempat tidur


٥٠٨ - حَدَّثَنَا عُثۡمَانُ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنۡ مَنۡصُورٍ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ، عَنِ الۡأَسۡوَدِ، عَنۡ عَائِشَةَ قَالَتۡ: أَعَدَلۡتُمُونَا بِالۡكَلۡبِ وَالۡحِمَارِ؟ لَقَدۡ رَأَيۡتُنِي مُضۡطَجِعَةً عَلَى السَّرِيرِ، فَيَجِيءُ النَّبِيُّ ﷺ فَيَتَوَسَّطُ السَّرِيرَ فَيُصَلِّي، فَأَكۡرَهُ أَنۡ أُسَنِّحَهُ، فَأَنۡسَلُّ مِنۡ قِبَلِ رِجۡلَيِ السَّرِيرِ، حَتَّى أَنۡسَلَّ مِنۡ لِحَافِي. [طرفه في: ٣٨٢].

508. ‘Utsman bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Jarir menceritakan kepada kami dari Manshur, dari Ibrahim, dari Al-Aswad, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Apakah kalian menyamakan kami dengan anjing dan keledai? Aku benar-benar ingat bahwa aku berbaring di atas tempat tidur lalu Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—datang. Beliau menempatkan diri sejajar dengan bagian tengah tempat tidur lalu beliau salat. Aku tidak suka bangkit berdiri di hadapan beliau, sehingga aku keluar pelan-pelan dari arah kaki tempat tidur, sampai aku keluar pelan-pelan dari selimutku.