Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 511

١٠٢ - بَابُ اسۡتِقۡبَالِ الرَّجُلِ الرَّجُلَ وَهُوَ يُصَلِّي
102. Bab seorang pria menghadap pria lain ketika sedang salat


وَكَرِهَ عُثۡمَانُ أَنۡ يُسۡتَقۡبَلَ الرَّجُلُ وَهُوَ يُصَلِّي. وَإِنَّمَا هَٰذَا إِذَا اشۡتَغَلَ بِهِ، فَأَمَّا إِذَا لَمۡ يَشۡتَغِلۡ، فَقَدۡ قَالَ زَيۡدُ بۡنُ ثَابِتٍ: مَا بَالَيۡتُ، إِنَّ الرَّجُلَ لَا يَقۡطَعُ صَلَاةَ الرَّجُلِ.

‘Utsman membenci seseorang pria menghadap orang yang sedang salat. Hal ini hanyalah apabila orang yang salat itu tersibukkan (sehingga tidak khusyuk). Adapun bila hatinya tidak tersibukkan, maka Zaid bin Tsabit berkata, “Aku tidak memasalahkannya karena seorang pria tidak bisa memutus salatnya seorang pria.”

٥١١ - حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ خَلِيلٍ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ مُسۡهِرٍ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ مُسۡلِمٍ، يَعۡنِي ابۡنَ صُبَيۡحٍ، عَنۡ مَسۡرُوقٍ، عَنۡ عَائِشَةَ: أَنَّهُ ذُكِرَ عِنۡدَهَا مَا يَقۡطَعُ الصَّلَاةَ، فَقَالُوا: يَقۡطَعُهَا الۡكَلۡبُ وَالۡحِمَارُ وَالۡمَرۡأَةُ، قَالَتۡ: قَدۡ جَعَلۡتُمُونَا كِلَابًا، لَقَدۡ رَأَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يُصَلِّي، وَإِنِّي لَبَيۡنَهُ وَبَيۡنَ الۡقِبۡلَةِ، وَأَنَا مُضۡطَجِعَةٌ عَلَى السَّرِيرِ، فَتَكُونُ لِي الۡحَاجَةُ، فَأَكۡرَهُ أَنۡ أَسۡتَقۡبِلَهُ، فَأَنۡسَلُّ انۡسِلَالًا. وَعَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ، عَنِ الۡأَسۡوَدِ، عَنۡ عَائِشَةَ: نَحۡوَهُ. [طرفه في: ٣٨٢].

511. Isma’il bin Khalil telah menceritakan kepada kami: ‘Ali bin Mushir menceritakan kepada kami dari Al-A’mas, dari Muslim bin Shubaih, dari Masruq, dari ‘Aisyah: Bahwa disebutkan di dekat ‘Aisyah, hal-hal yang dapat memutus salat. Mereka mengatakan, “Yang bisa memutus salat adalah anjing, himar, dan perempuan.” ‘Aisyah mengatakan, “Kalian telah menjadikan kami (bagaikan) anjing-anjing. Sungguh aku telah melihat Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—salat dalam keadaan aku berada di antara beliau dengan kiblat dan aku berbaring di atas ranjang. Lalu aku memiliki kebutuhan, namun aku tidak suka untuk menghadap ke arah beliau, sehingga aku keluar (dari ranjang) dengan pelan-pelan.

Dan dari Al-A’masy, dari Ibrahim, dari Al-Aswad, dari ‘Aisyah: semisal hadis tersebut.