٢٧٢٤ - عَامِرُ بۡنُ فُهَيۡرَةَ
2724. ‘Amir bin Fuhairah
ب د ع: عَامِرُ بۡنُ فُهَيۡرَةَ، مَوۡلَى أَبِي بَكۡرٍ الصِّدِّيقِ، يُكۡنَى
أَبَا عَمۡرٍو،
‘Amir bin Fuhairah maula (bekas budak yang dimerdekakan) Abu Bakr Ash-Shiddiq.
Dipanggil dengan kunyah Abu ‘Amr.
وَكَانَ مَوۡلِدًا مِنۡ مَوۡلِدِي الۡأَزۡدِ، أَسۡوَدَ اللَّوۡنِ، مَمۡلُوكًا
لِلطُّفَيۡلِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ سَخۡبَرَةَ، أَخِي عَائِشَةَ
لِأُمِّهَا.
Beliau dilahirkan dari keturunan kabilah Azd. Berkulit hitam. Dahulu, beliau
budak milik Ath-Thufail bin ‘Abdullah bin Sakhbarah, saudara seibu ‘Aisyah.
وَكَانَ مِنَ السَّابِقِينَ إِلَى الۡإِسۡلَامِ، أَسۡلَمَ قَبۡلَ أَنۡ
يَدۡخُلَ رَسُولُ اللهِ ﷺ دَارَ الۡأَرۡقَمِ، أَسۡلَمَ وَهُوَ مَمۡلُوكٌ،
وَكَانَ حَسَنَ الۡإِسۡلَامِ، وَعُذِّبَ فِي اللهِ، فَاشۡتَرَاهُ أَبُو بَكۡرٍ،
فَأَعۡتَقَهُ.
Beliau termasuk orang-orang yang pertama masuk Islam. Beliau masuk Islam
sebelum Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—masuk rumah Al-Arqam. Beliau
masuk Islam dalam keadaan masih berstatus budak. Keislaman beliau baik. Beliau
disiksa karena berpegang teguh dengan agama Allah. Lalu Abu Bakr membelinya,
kemudian memerdekakannya.
وَلَمَّا خَرَجَ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَأَبُو بَكۡرٍ إِلَى الۡغَارِ بِثَوۡرٍ
مُهَاجِرَيۡنِ، أَمَرَ أَبُو بَكۡرٍ مَوۡلَاهُ عَامِرَ بۡنَ فُهَيۡرَةَ أَنۡ
يَرُوحَ بِغَنَمِ أَبِي بَكۡرٍ عَلَيۡهِمَا، وَكَانَ يَرۡعَاهَا، فَكَانَ
عَامِرٌ يَرۡعَى فِي رُعۡيَانِ أَهۡلِ مَكَّةَ، فَإِذَا أَمۡسَى أَرَاحَ
عَلَيۡهِمَا غَنَمَ أَبِي بَكۡرٍ فَاحۡتَلَبَاهَا، وَإِذَا غَدَا عَبۡدُ اللهِ
بۡنُ أَبِي بَكۡرٍ مِنۡ عِنۡدِهِمَا اتَّبَعَ عَامِرُ بۡنُ فُهَيۡرَةَ أَثَرَهُ
بِالۡغَنَمِ حَتَّى يُعَفِّيَ عَلَيۡهِ، فَلَمَّا سَارَ النَّبِيُّ ﷺ وَأَبُو
بَكۡرٍ مِنَ الۡغَارِ هَاجَرَ مَعَهُمَا، فَأَرۡدَفَهُ أَبُو بَكۡرٍ خَلۡفَهُ،
وَمَعَهُمۡ دَلِيلُهُمۡ مِنۡ بَنِي الدِّيلِ، وَهُوَ مُشۡرِكٌ، وَلَمَّا قَدِمَ
رَسُولُ اللهِ ﷺ الۡمَدِينَةَ اشۡتَكَى أَصۡحَابُهُ، فَاشۡتَكَى أَبُو بَكۡرٍ
وَبِلَالٌ وَعَامِرُ بۡنُ فُهَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمۡ.
Ketika Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan Abu Bakr keluar menuju
sebuah gua di Tsaur untuk berhijrah, Abu Bakr memerintahkan bekas budaknya,
yaitu ‘Amir bin Fuhairah, agar pergi di petang hari membawa kambing Abu Bakr
ke tempat keduanya. ‘Amir biasa menggembalakannya. ‘Amir biasa menggembala
bersama para penggembala penduduk Makkah. Apabila hari sudah sore, ‘Amir
membawa kambing Abu Bakr ke tempat persembunyian keduanya sehingga keduanya
bisa memerah susunya.
Apabila ‘Abdullah bin Abu Bakr pulang di pagi hari dari tempat persembunyian
Rasulullah dan Abu Bakr, ‘Amir bin Fuhairah mengikuti jejaknya dengan
menggiring kambing itu sehingga menghapus jejaknya.
Ketika Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan Abu Bakr melakukan perjalanan
dari gua itu, ‘Amir ikut berhijrah bersama keduanya. Abu Bakr memboncengkannya
di belakang beliau. Bersama mereka ada pemandu yang berasal dari bani Ad-Dil
dalam keadaan dia musyrik.
Ketika Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tiba di Madinah, para
sahabatnya mengalami sakit. Abu Bakr, Bilal, dan ‘Amir bin
Fuhairah—radhiyallahu ‘anhum—jatuh sakit.
وَشَهِدَ عَامِرٌ بَدۡرًا وَأُحُدًا، وَقُتِلَ يَوۡمَ بِئۡرِ مَعُونَةَ،
سَنَةَ أَرۡبَعٍ مِنَ الۡهِجۡرَةِ، وَهُوَ ابۡنُ أَرۡبَعِينَ سَنَةً،
‘Amir mengikuti perang Badr dan Uhud. Beliau terbunuh pada hari Bi`r Ma’unah
pada tahun 4 H ketika beliau berumur empat puluh tahun.
وَقَالَ عَامِرُ بۡنُ الطُّفَيۡلِ لِرَسُولِ اللهِ ﷺ، لَمَّا قَدِمَ عَلَيۡهِ:
مَنِ الرَّجُلُ الَّذِي لَمَّا قُتِلَ رَأَيۡتُهُ رُفِعَ بَيۡنَ السَّمَاءِ
وَالۡأَرۡضِ حَتَّى رَأَيۡتُ السَّمَاءَ دُونَهُ، قَالَ: (هُوَ عَامِرُ بۡنُ
فُهَيۡرَةَ).
‘Amir bin Ath-Thufail bertanya kepada Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—ketika datang, “Siapa orang yang ketika terbunuh, aku melihatnya
diangkat di antara langit dan bumi hingga aku melihat langit ada di bawahnya?”
Rasulullah menjawab, “Dia adalah ‘Amir bin Fuhairah.”
أَخۡبَرَنَا بِهِ أَبُو جَعۡفَرِ بۡنِ السَّمِينِ بِإِسۡنَادِهِ إِلَى يُونُسَ
بۡنِ بُكَيۡرٍ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، أَوۡ مُحَمَّدِ بۡنِ إِسۡحَاقَ
عَنۡ هِشَامٍ - شَكَّ يُونُسُ - عَنۡ أَبِيهِ، قَالَ: قَدِمَ عَامِرُ بۡنُ
الطُّفَيۡلِ عَلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ، مِثۡلَهُ.
Abu Ja’far bin As-Samin mengabarkannya kepada kami dengan sanadnya sampai
kepada Yunus bin Bukair, dari Hisyam bin ‘Urwah; atau Muhammad bin Ishaq dari
Hisyam—Yunus ragu—, dari ayahnya. Beliau berkata: ‘Amir bin Ath-Thufail tiba
menemui Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, semisal riwayat tersebut.
وَرَوَى ابۡنُ الۡمُبَارَكِ وَعَبۡدُ الرَّزَّاقِ، عَنۡ مَعۡمَرٍ، عَنِ
الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ عُرۡوَةَ قَالَ: طُلِبَ عَامِرٌ يَوۡمَئِذٍ فِي الۡقَتۡلَى
فَلَمۡ يُوجَدۡ، فَيُرَوۡنَ أَنَّ الۡمَلَائِكَةَ دَفَنَتۡهُ، وَدَعَا رَسُولُ
اللهِ ﷺ عَلَى الَّذِينَ قَتَلُوا أَصۡحَابَهُ بِبِئۡرِ مَعُونَةَ أَرۡبَعِينَ
صَبَاحًا، حَتَّى نَزَلَتۡ: ﴿لَيۡسَ لَكَ مِنَ الۡأَمۡرِ شَيۡءٌ﴾ وَقِيلَ:
نَزَلَتۡ فِي غَيۡرِ هَٰذَا.
Ibnu Al-Mubarak dan ‘Abdurrazzaq meriwayatkan dari Ma’mar, dari Az-Zuhri, dari
‘Urwah. Beliau berkata: Di hari itu, ‘Amir dicari-cari di antara korban-korban
perang, namun tidak ditemukan. Lalu mereka diperlihatkan (dalam mimpi) bahwa
malaikat sudah menguburkannya. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—mendoakan kejelekan bagi orang-orang yang telah membunuh para
sahabatnya di Bi`r Ma’unah selama empat puluh pagi, hingga turun ayat, “Tidak
ada sedikit pun campur tanganmu dalam urusan mereka.” Namun ada yang
berpendapat bahwa ayat ini turun bukan dalam peristiwa ini.
وَرَوَى ابۡنُ مَنۡدَه بِإِسۡنَادِهِ، عَنۡ أَيُّوبَ بۡنِ سَيَّارٍ، عَنۡ
مُحَمَّدِ بۡنِ الۡمُنۡكَدِرِ، عَنۡ جَابِرٍ، عَنۡ عَامِرِ بۡنِ فُهَيۡرَةَ،
قَالَ: تَزَوَّدَ أَبُو بَكۡرٍ مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي جَيۡشِ الۡعُسۡرَةِ
بِنِحۡيٍ مِنۡ سَمۡنٍ، وَعُكَيۡكَةٍ مِنۡ عَسَلٍ، عَلَى مَا كُنَّا عَلَيۡهِ
مِنَ الۡجُهۡدِ.
Ibnu Mandah meriwayatkan dengan sanadnya, dari Ayyub bin Sayyar, dari Muhammad
bin Al-Munkadir, dari Jabir, dari ‘Amir bin Fuhairah. Beliau berkata: Abu Bakr
membawa bekal bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dalam jaisy
al-‘usrah (pasukan kesulitan) hanya dengan sekantong minyak samin dan
sekantong kecil madu, karena kesulitan hidup yang kami alami waktu itu.
قَالَ أَبُو نُعَيۡمٍ: أَظۡهَرَ، يَعۡنِي ابۡنَ مَنۡدَه، فِي رِوَايَتِهِ
هَٰذَا الۡحَدِيثَ غَفۡلَتَهُ وَجَهَالَتَهُ؛ فَإِنَّ عَامِرًا لَمۡ يَخۡتَلِفۡ
أَحَدٌ مِنۡ أَهۡلِ النَّقۡلِ أَنَّهُ اسۡتُشۡهِدَ يَوۡمَ بِئۡرِ مَعُونَةَ
وَأَجۡمَعُوا أَنَّ جَيۡشَ الۡعُسۡرَةِ هُوَ غَزۡوَةُ تَبُوكٍ، وَبَيۡنَهُمَا
سِتُّ سِنِينَ، فَمَنِ اسۡتُشۡهِدَ بِبِئۡرِ مَعُونَةَ كَيۡفَ يَشۡهَدُ جَيۡشَ
الۡعُسۡرَةِ. وَصَوَابُهُ أَنَّهُ تَزَوَّدَ مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي
مَخۡرَجِهِ إِلَى الۡهِجۡرَةِ، وَالۡحَقُّ مَعَ أَبِي نُعَيۡمٍ.
Abu Nu’aim berkata: Ibnu Mandah ketika meriwayatkan hadis ini, menampakkan
kelalaian dan ketidaktahuannya. Tidak ada seorang ahli riwayat pun yang
berselisih bahwa ‘Amir mati syahid pada hari Bi`r Ma’unah dan mereka
bersepakat bahwa jaisy al-‘usrah adalah perang Tabuk. Jeda antara kedua
peristiwa itu adalah enam tahun. Lalu bagaimana mungkin orang yang mati syahid
di Bi`r Ma’unah bisa mengikuti jaisy al-‘usrah?! Riwayat yang benar adalah
bahwa Abu Bakr berbekal bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—ketika keluar hijrah. Kebenaran ada pada Abu Nu’aim.
أَخۡرَجَهُ الثَّلَاثَةُ.
Biografi beliau disebutkan oleh tiga orang (Ibnu Mandah, Abu Nu’aim, dan Abu
‘Umar).