١٢٤٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى
بۡنُ سَعِيدٍ، عَنۡ شُعۡبَةَ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنۡ صَالِحٍ أَبِي الۡخَلِيلِ،
عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الۡحَارِثِ، عَنۡ حَكِيمِ بۡنِ حِزَامٍ، قَالَ: قَالَ
رَسُولُ اللهِ ﷺ: (الۡبَيِّعَانِ بِالۡخِيَارِ مَا لَمۡ يَتَفَرَّقَا، فَإِنۡ
صَدَقَا وَبَيَّنَا، بُورِكَ لَهُمَا فِي بَيۡعِهِمَا، وَإِنۡ كَتَمَا
وَكَذَبَا، مُحِقَتۡ بَرَكَةُ بَيۡعِهِمَا).
1246. [Sahih] Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami. Beliau
berkata: Yahya bin Sa’id menceritakan kepada kami dari Syu’bah, dari Qatadah,
dari Shalih Abu Al-Khalil, dari ‘Abdullah bin Al-Harits, dari Hakim bin Hizam.
Beliau berkata: Rasulullah—shallallahu ’alaihi wa sallam—bersabda, “Dua pihak
yang berjual beli mempunyai hak khiar selama belum berpisah. Jika keduanya
jujur dan menerangkan keadaan barang dagangan, keduanya akan diberkahi dalam
jual belinya. Namun, jika keduanya menyembunyikan kenyataan barang dagangan
dan bohong, keberkahan jual belinya akan dihilangkan.”
هَٰذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ. وَهَٰكَذَا رُوِيَ عَنۡ أَبِي بَرۡزَةَ
الۡأَسۡلَمِيِّ؛ أَنَّ رَجُلَيۡنِ اخۡتَصَمَا إِلَيۡهِ فِي فَرَسٍ بَعۡدَ مَا
تَبَايَعَا وَكَانُوا فِي سَفِينَةٍ، فَقَالَ: لَا أَرَاكُمَا افۡتَرَقۡتُمَا،
وَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (الۡبَيِّعَانِ بِالۡخِيَارِ مَا لَمۡ
يَتَفَرَّقَا).
Ini adalah hadis sahih. Seperti ini pula yang diriwayatkan dari Abu Barzah
Al-Aslami, bahwa ada dua orang yang mengadukan kepadanya tentang seekor kuda
setelah keduanya bertransaksi dan waktu itu mereka berada di satu perahu.
Lantas Abu Barzah berkata: Aku tidak melihat kalian berdua sudah berpisah dan
Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Dua pihak yang berjual
beli memiliki hak khiar selama belum berpisah.”
وَقَدۡ ذَهَبَ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَهۡلِ الۡكُوفَةِ وَغَيۡرِهِمۡ،
إِلَى أَنَّ الۡفُرۡقَةَ بِالۡكَلَامِ. وَهُوَ قَوۡلُ سُفۡيَانَ الثَّوۡرِيِّ.
وَهَٰكَذَا رُوِيَ عَنۡ مَالِكِ بۡنِ أَنَسٍ. وَرُوِيَ عَنِ ابۡنِ الۡمُبَارَكِ
أَنَّهُ قَالَ: كَيۡفَ أَرُدُّ هَٰذَا؟ وَالۡحَدِيثُ فِيهِ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ
صَحِيحٌ. وَقَوَّى هَٰذَا الۡمَذۡهَبَ.
Sebagian ulama penduduk Kufah dan selain mereka berpendapat bahwa perpisahan
yang dimaksud adalah dengan ucapan. Ini adalah pendapat Sufyan Ats-Tsauri.
Seperti ini pula yang diriwayatkan dari Malik bin Anas. Diriwayatkan dari Ibnu
Al-Mubarak bahwa beliau berkata: Bagaimana aku membantah pendapat ini?
Sementara hadis dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tentang ini adalah
sahih. Beliau menguatkan mazhab ini.
وَمَعۡنَى قَوۡلِ النَّبِيِّ ﷺ (إِلَّا بَيۡعَ الۡخِيَارِ) مَعۡنَاهُ: أَنۡ
يُخَيِّرَ الۡبَائِعُ الۡمُشۡتَرِيَ بَعۡدَ إِيجَابِ الۡبَيۡعِ، فَإِذَا
خَيَّرَهُ فَاخۡتَارَ الۡبَيۡعَ، فَلَيۡسَ لَهُ خِيَارٌ بَعۡدَ ذٰلِكَ فِي
فَسۡخِ الۡبَيۡعِ، وَإِنۡ لَمۡ يَتَفَرَّقَا، هَٰكَذَا فَسَّرَهُ الشَّافِعِيُّ
وَغَيۡرُهُ. وَمِمَّا يُقَوِّي قَوۡلَ مَنۡ يَقُولُ: (الۡفُرۡقَةُ
بِالۡأَبۡدَانِ لَا بِالۡكَلَامِ) حَدِيثُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو عَنِ
النَّبِيِّ ﷺ. [(الإرواء)(١٢٨١)، (أحاديث البيوع): ق].
Makna sabda Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, “kecuali jual beli khiar”,
maknanya penjual memberikan pilihan kepada pembeli setelah ijab jual beli.
Ketika penjual memberikan pilihan kepada pembeli, lalu pembeli memilih untuk
tetap membeli, maka dia tidak memiliki hak khiar setelah itu untuk membatalkan
transaksi walaupun keduanya belum berpisah. Demikian yang ditafsirkan oleh
Asy-Syafi’i dan selain beliau.
Di antara yang menguatkan pendapat yang mengatakan: Perpisahan yang dimaksud
adalah dengan badan, bukan dengan ucapan; adalah hadis ‘Abdullah bin ‘Amr,
dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.