Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 559 dan 560

١٩ - بَابُ وَقۡتِ الۡمَغۡرِبِ
19. Bab waktu magrib


وَقَالَ عَطَاءٌ: يَجۡمَعُ الۡمَرِيضُ بَيۡنَ الۡمَغۡرِبِ وَالۡعِشَاءِ.

‘Atha` berkata, “Orang yang sakit boleh menjamak salat Magrib dan Isya.”

٥٥٩ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ مِهۡرَانَ قَالَ: حَدَّثَنَا الۡوَلِيدُ قَالَ: حَدَّثَنَا الۡأَوۡزَاعِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو النَّجَاشِيِّ صُهَيۡبٌ مَوۡلَى رَافِعِ بۡنِ خَدِيجٍ، قَالَ: سَمِعۡتُ رَافِعَ بۡنَ خَدِيجٍ يَقُولُ: كُنَّا نُصَلِّي الۡمَغۡرِبَ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ، فَيَنۡصَرِفُ أَحَدُنَا وَإِنَّهُ لَيُبۡصِرُ مَوَاقِعَ نَبۡلِهِ.

559. Muhammad bin Mihran telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Al-Walid menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Al-Auza’i menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu An-Najasyi Shuhaib maula Rafi’ bin Khadij menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Aku mendengar Rafi’ bin Khadij mengatakan: Dahulu kami salat Magrib bersama Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, lalu salah seorang kami pulang dalam keadaan dia masih bisa melihat tempat jatuh anak panahnya.

٥٦٠ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ سَعۡدٍ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ الۡحَسَنِ بۡنِ عَلِيٍّ قَالَ: قَدِمَ الۡحَجَّاجُ، فَسَأَلۡنَا جَابِرَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ فَقَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يُصَلِّي الظُّهۡرَ بِالۡهَاجِرَةِ، وَالۡعَصۡرَ وَالشَّمۡسُ نَقِيَّةٌ، وَالۡمَغۡرِبَ إِذَا وَجَبَتۡ، وَالۡعِشَاءَ أَحۡيَانًا وَأَحۡيَانًا، إِذَا رَآهُمُ اجۡتَمَعُوا عَجَّلَ، وَإِذَا رَآهُمۡ أَبۡطَوۡا أَخَّرَ، وَالصُّبۡحَ كَانُوا - أَوۡ كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يُصَلِّيهَا بِغَلَسٍ. [الحديث ٥٦٠ - طرفه في: ٥٦٥].

560. Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami dari Sa’d, dari Muhammad bin ‘Amr bin Al-Hasan bin ‘Ali. Beliau berkata: Al-Hajjaj tiba. Lalu kami bertanya kepada Jabir bin ‘Abdullah. Beliau berkata:

Dahulu, Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—salat Zuhur ketika pertengahan siang, salat Asar ketika cahaya matahari masih bersih, salat Magrib ketika matahari telah tenggelam, salat Isya terkadang diawalkan dan terkadang diakhirkan. Apabila beliau melihat (makmum) sudah berkumpul, beliau menyegerakan. Apabila beliau melihat para makmum terlambat, beliau akhirkan. Dahulu mereka atau Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—melakukan salat Subuh ketika masih gelap di akhir malam.