Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4408

٤٤٠٨ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ أَبِي الۡأَسۡوَدِ مُحَمَّدِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ نَوۡفَلٍ، عَنۡ عُرۡوَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: خَرَجۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ، فَمِنَّا مَنۡ أَهَلَّ بِعُمۡرَةٍ وَمِنَّا مَنۡ أَهَلَّ بِحَجَّةٍ، وَمِنَّا مَنۡ أَهَلَّ بِحَجٍّ وَعُمۡرَةٍ، وَأَهَلَّ رَسُولُ اللهِ ﷺ بِالۡحَجِّ، فَأَمَّا مَنۡ أَهَلَّ بِالۡحَجِّ، أَوۡ جَمَعَ الۡحَجَّ وَالۡعُمۡرَةَ، فَلَمۡ يَحِلُّوا حَتَّى يَوۡمَ النَّحۡرِ.

4408. ‘Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami dari Malik, dari Abu Al-Aswad Muhammad bin ‘Abdurrahman bin Naufal, dari ‘Urwah, dari ‘Aisyah—radhiyallahu ‘anha—. Beliau mengatakan: Kami keluar bepergian bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Di antara kami ada yang memulai ihram untuk umrah, di antara kami ada yang memulai ihram untuk haji, dan di antara kami ada yang memulai ihram untuk haji dan umrah. Sementara Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—memulai ihram untuk haji. Adapun yang memulai ihram untuk haji atau mengumpulkan haji dengan umrah, mereka tidak tahalul hingga pada hari nahar.

حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ يُوسُفَ: أَخۡبَرَنَا مَالِكٌ وَقَالَ: مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي حَجَّةِ الۡوَدَاعِ. حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ: حَدَّثَنَا مَالِكٌ: مِثۡلَهُ. [طرفه في: ٢٩٤].

‘Abdullah bin Yusuf telah menceritakan kepada kami: Malik mengabarkan kepada kami dan berkata: bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dalam haji wadak.