Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 2930

٩٧ - بَابُ مَنۡ صَفَّ أَصۡحَابَهُ عِنۡدَ الۡهَزِيمَةِ، وَنَزَلَ عَنۡ دَابَّتِهِ وَاسۡتَنۡصَرَ
97. Bab barang siapa membariskan para sahabatnya ketika mengalami kekalahan, turun dari tunggangannya, dan berdoa meminta bantuan


٢٩٣٠ - حَدَّثَنَا عَمۡرُو بۡنُ خَالِدٍ: حَدَّثَنَا زُهَيۡرٌ: حَدَّثَنَا أَبُو إِسۡحَاقَ قَالَ: سَمِعۡتُ الۡبَرَاءَ، وَسَأَلَهُ رَجُلٌ: أَكُنۡتُمۡ فَرَرۡتُمۡ يَا أَبَا عُمَارَةَ يَوۡمَ حُنَيۡنٍ؟ قَالَ: لَا وَاللهِ، مَا وَلَّى رَسُولُ اللهِ ﷺ، وَلَكِنَّهُ خَرَجَ شُبَّانُ أَصۡحَابِهِ وَأَخِفَّاؤُهُمۡ حُسَّرًا لَيۡسَ بِسِلَاحٍ، فَأَتَوۡا قَوۡمًا رُمَاةً، جَمۡعَ هَوَازِنَ وَبَنِي نَصۡرٍ، مَا يَكَادُ يَسۡقُطُ لَهُمۡ سَهۡمٌ، فَرَشَقُوهُمۡ رَشۡقًا مَا يَكَادُونَ يُخۡطِئُونَ، فَأَقۡبَلُوا هُنَالِكَ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ وَهُوَ عَلَى بَغۡلَتِهِ الۡبَيۡضَاءِ، وَابۡنُ عَمِّهِ أَبُو سُفۡيَانَ بۡنُ الۡحَارِثِ بۡنِ عَبۡدِ الۡمُطَّلِبِ يَقُودُ بِهِ، فَنَزَلَ وَاسۡتَنۡصَرَ، ثُمَّ قَالَ: أَنَا النَّبِيُّ لَا كَذِبۡ، أَنَا ابۡنُ عَبۡدِ الۡمُطَّلِبۡ). ثُمَّ صَفَّ أَصۡحَابَهُ. [طرفه في: ٢٨٦٤].

2930. ‘Amr bin Khalid telah menceritakan kepada kami: Zuhair menceritakan kepada kami: Abu Ishaq menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Aku mendengar Al-Bara` ketika ditanya oleh seseorang, “Apakah kalian lari pada hari Hunain, wahai Abu ‘Umarah?”

Al-Bara` menjawab:

Tidak, demi Allah. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tidak kabur. Kejadian yang sebenarnya adalah beberapa pemuda dari para sahabat beliau ikut keluar dalam keadaan tidak memakai tameng dan tidak membawa senjata. Mereka menghadapi musuh yang pandai memanah, yaitu gabungan kabilah Hawazin dan bani Nashr. Hampir tidak ada panah mereka yang jatuh ke tanah. Mereka menghujani kaum muslimin dengan panah yang hampir-hampir tidak ada yang meleset. Para pemuda muslimin itu mundur mendatangi Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ketika beliau berada di atas bagal putih. Sedangkan sepupunya, yaitu Abu Sufyan bin Al-Harits bin ‘Abdul Muththalib menuntun bagalnya.

Lalu Nabi turun dan berdoa meminta bantuan kemudian bersabda, “Aku adalah Nabi. Aku tidak bohong. Aku adalah putra ‘Abdul Muththalib.”

Kemudian beliau membariskan para sahabatnya.