Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 3012 dan 3013

١٤٦ - بَابُ أَهۡلِ الدَّارِ يُبَيَّتُونَ فَيُصَابُ الۡوِلۡدَانُ وَالذَّرَارِيُّ
146. Bab penduduk suatu negeri yang diserbu di malam hari sehingga anak-anak dan keturunan mereka bisa terluka


﴿بَيَاتًا﴾ [الأعراف: ٤]: لَيۡلًا. ﴿لَنُبَيِّتَنَّهُ﴾ [النمل: ٤٩]: لَيۡلًا. ﴿يُبَيِّتُ﴾ [النساء: ٨١]: لَيۡلًا.

Bayātan” (QS. Al-A’raf: 4) artinya di malam hari.

Lanubayyitannahu” (QS. An-Naml: 49) artinya (menyerang dengan tiba-tiba) di malam hari.

Yubayyitu” (QS. An-Nisa`: 81) (dia lakukan) di malam hari.

٣٠١٢ - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ: حَدَّثَنَا الزُّهۡرِيُّ، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، عَنِ الصَّعۡبِ بۡنِ جَثَّامَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمۡ قَالَ: مَرَّ بِيَ النَّبِيُّ ﷺ بِالۡأَبۡوَاءِ أَوۡ بِوَدَّانَ، وَسُئِلَ عَنۡ أَهۡلِ الدَّارِ يُبَيَّتُونَ مِنَ الۡمُشۡرِكِينَ، فَيُصَابُ مِنۡ نِسَائِهِمۡ وَذَرَارِيِّهِمۡ، قَالَ: (هُمۡ مِنۡهُمۡ). وَسَمِعۡتُهُ يَقُولُ: (لَا حِمَى إِلَّا لِلهِ وَلِرَسُولِهِ ﷺ).

3012. ‘Ali bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami: Az-Zuhri menceritakan kepada kami dari ‘Ubaidullah, dari Ibnu ‘Abbas, dari Ash-Sha’b bin Jatstsamah—radhiyallahu ‘anhum—. Beliau mengatakan: Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—melewatiku di Al-Abwa` atau di Waddan. Beliau ditanya tentang penduduk suatu negeri dari kalangan musyrikin yang diserbu di malam hari sehingga wanita-wanita dan anak cucu mereka bisa terluka. Nabi menjawab, “Wanita-wanita dan anak cucu mereka termasuk mereka.”

Aku juga mendengar beliau bersabda, “Tidak ada wilayah yang dilindungi kecuali untuk Allah dan Rasul-Nya—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.”

٣٠١٣ - وَعَنِ الزُّهۡرِيِّ أَنَّهُ سَمِعَ عُبَيۡدَ اللهِ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ. حَدَّثَنَا الصَّعۡبُ فِي الذَّرَارِيِّ: كَانَ عَمۡرٌو يُحَدِّثُنَا، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. فَسَمِعۡنَاهُ مِنَ الزُّهۡرِيِّ قَالَ: أَخۡبَرَنِي عُبَيۡدُ اللهِ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، عَنِ الصَّعۡبِ قَالَ: (هُمۡ مِنۡهُمۡ). وَلَمۡ يَقُلۡ كَمَا قَالَ عَمۡرٌو: (هُمۡ مِنۡ آبَائِهِمۡ). [طرفه في: ٢٣٧٠].

3013. Dan dari Az-Zuhri: Bahwa beliau mendengar ‘Ubaidullah dari Ibnu ‘Abbas: Ash-Sha’b menceritakan kepada kami tentang anak cucu mereka: Dahulu ‘Amr menceritakan kepada kami dari Ibnu Syihab, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Lalu kami mendengarnya dari Az-Zuhri. Beliau berkata: ‘Ubaidullah mengabarkan kepadaku dari Ibnu ‘Abbas, dari Ash-Sha’b. Beliau berkata: (Anak cucu) mereka termasuk mereka.

Beliau tidak mengatakan sebagaimana yang dikatakan oleh ‘Amr, “Mereka termasuk ayah-ayah mereka.”