Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 2757

١٦ - بَابٌ إِذَا تَصَدَّقَ، أَوۡ أَوۡقَفَ بَعۡضَ مَالِهِ، أَوۡ بَعۡضَ رَقِيقِهِ، أَوۡ دَوَابِّهِ، فَهُوَ جَائِزٌ
16. Bab apabila seseorang menyedekahkan atau mewakafkan sebagian harta atau sebagian budak atau sebagian hewannya, perbuatan ini dibolehkan


٢٧٥٧ - حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ بُكَيۡرٍ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ عُقَيۡلٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ قَالَ: أَخۡبَرَنِي عَبۡدُ الرَّحۡمٰنِ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ كَعۡبٍ أَنَّ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ كَعۡبٍ قَالَ: سَمِعۡتُ كَعۡبَ بۡنَ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ يَقُولُ: قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّ مِنۡ تَوۡبَتِي أَنۡ أَنۡخَلِعَ مِنۡ مَالِي صَدَقَةً إِلَى اللهِ وَإِلَى رَسُولِهِ ﷺ؛ قَالَ: (أَمۡسِكۡ عَلَيۡكَ بَعۡضَ مَالِكَ، فَهُوَ خَيۡرٌ لَكَ). قُلۡتُ: فَإِنِّي أُمۡسِكُ سَهۡمِي الَّذِي بِخَيۡبَرَ.

[الحديث ٢٧٥٧ - أطرافه في: ٢٩٤٧، ٢٩٤٨، ٢٩٤٩، ٢٩٥٠، ٣٠٨٨، ٣٥٥٦، ٣٨٨٩، ٣٩٥١، ٤٤١٨، ٤٦٧٣، ٤٦٧٦، ٤٦٧٧، ٤٦٧٨، ٦٢٥٥، ٦٦٩٠، ٧٢٢٥].

2757. Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami dari ‘Uqail, dari Ibnu Syihab. Beliau berkata: ‘Abdurrahman bin ‘Abdullah bin Ka’b mengabarkan kepadaku bahwa ‘Abdullah bin Ka’b berkata: Aku mendengar Ka’b bin Malik—radhiyallahu ‘anhu—mengatakan:

Aku berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya di antara bentuk tobatku adalah aku mengeluarkan seluruh hartaku sebagai sedekah kepada Allah dan Rasul-Nya—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.”

Rasulullah bersabda, “Tahanlah sebagian hartamu! Itu lebih baik untukmu.”

Aku berkata, “Kalau begitu aku akan menyimpan bagianku di Khaibar.”