Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadis nomor 464

١٠ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الۡقُنُوتِ فِي الۡوِتۡرِ
10. Bab riwayat tentang kunut witir


٤٦٤ - (صحيح) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو الۡأَحۡوَصِ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ بُرَيۡدِ بۡنِ أَبِي مَرۡيَمَ، عَنۡ أَبِي الۡحَوۡرَاءِ السَّعۡدِيِّ، قَالَ: قَالَ الۡحَسَنُ بۡنُ عَلِيٍّ: عَلَّمَنِي رَسُولُ اللهِ ﷺ كَلِمَاتٍ أَقُولُهُنَّ فِي الۡوِتۡرِ: (اللّٰهُمَّ اهۡدِنِي فِيمَنۡ هَدَيۡتَ، وَعَافِنِي فِيمَنۡ عَافَيۡتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنۡ تَوَلَّيۡتَ، وَبَارِكۡ لِي فِيمَا أَعۡطَيۡتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيۡتَ، فَإِنَّكَ تَقۡضِي وَلَا يُقۡضَى عَلَيۡكَ، وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنۡ وَالَيۡتَ، تَبَارَكۡتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيۡتَ).

464. [Sahih] Qutaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Al-Ahwash menceritakan kepada kami dari Abu Ishaq, dari Buraid bin Abu Maryam, dari Abu Al-Haura` As-Sa’di. Beliau berkata: Al-Hasan bin ‘Ali berkata:

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mengajariku beberapa patah kata untuk aku ucapkan ketika salat witir, “Allāhummahdinī fīman hadait, wa ‘āfinī fīman ‘āfait, wa tawallanī fīman tawallait, wa bārik lī fīmā a‘ṭait, wa qinī syarra mā qaḍait, fa innaka taqḍī wa lā yuqḍā ‘alaik, wa innahu lā yażillu man wālait, tabārakta rabbanā wa ta‘ālait. (Ya Allah, berilah aku petunjuk bersama orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, jagalah aku bersama orang-orang yang telah Engkau jaga, tolonglah aku bersama orang-orang yang telah Engkau tolong, berkahilah aku pada apa saja yang Engkau berikan, lindungilah aku dari kejelekan apa saja yang telah Engkau tetapkan. Sesungguhnya Engkaulah yang menetapkan dan tidak ada yang memberi ketetapan kepada-Mu. Sesungguhnya siapa saja yang Engkau bela, tidak akan hina. Siapa saja yang Engkau musuhi, tidak akan mulia. Maha Suci dan Maha Tinggi Engkau Rabana.)”

وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عَلِيٍّ. هٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ، لَا نَعۡرِفُهُ إِلَّا مِنۡ هٰذَا الۡوَجۡهِ، مِنۡ حَدِيثِ أَبِي الۡحَوۡرَاءِ السَّعۡدِيِّ، وَاسۡمُهُ: رَبِيعَةُ بۡنُ شَيۡبَانَ. وَلَا نَعۡرِفُ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ فِي الۡقُنُوتِ فِي الۡوِتۡرِ شَيۡئًا أَحۡسَنَ مِنۡ هٰذَا. وَاخۡتَلَفَ أَهۡلُ الۡعِلۡمِ فِي الۡقُنُوتِ فِي الۡوِتۡرِ: فَرَأَى عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡعُودٍ الۡقُنُوتَ فِي الۡوِتۡرِ فِي السَّنَةِ كُلِّهَا، وَاخۡتَارَ الۡقُنُوتَ قَبۡلَ الرُّكُوعِ. وَهُوَ قَوۡلُ بَعۡضِ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ، وَبِهِ يَقُولُ سُفۡيَانُ الثَّوۡرِيُّ، وَابۡنُ الۡمُبَارَكِ، وَإِسۡحَاقُ، وَأَهۡلُ الۡكُوفَةِ. وَقَدۡ رُوِيَ عَنۡ عَلِيِّ بۡنِ أَبِي طَالِبٍ، أَنَّهُ كَانَ لَا يَقۡنُتُ إِلَّا فِي النِّصۡفِ الۡآخِرِ مِنۡ رَمَضَانَ، وَكَانَ يَقۡنُتُ بَعۡدَ الرُّكُوعِ. وَقَدۡ ذَهَبَ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ إِلَى هٰذَا، وَبِهِ يَقُولُ الشَّافِعِيُّ، وَأَحۡمَدُ. [(الإرواء)(٤٢٩)، (المشكاة)(١٢٧٣)، (التعليق على صحيح ابن خزيمة)(١٠٩٥)، (صحيح أبي داود)(١٢٨١)].

Dalam bab ini ada riwayat dari ‘Ali. Ini adalah hadis hasan. Kami tidak mengetahuinya kecuali dari jalur ini, yakni dari hadis Abu Al-Haura` As-Sa’di. Namanya adalah Rabi’ah bin Syaiban. Kami tidak mengetahui riwayat dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tentang kunut witir yang lebih bagus daripada riwayat ini.

Ulama berselisih pendapat dalam hal kunut witir. ‘Abdullah bin Mas’ud berpendapat disyariatkan kunut witir setahun penuh dan beliau memilih melakukan kunut sebelum rukuk. Ini juga pendapat sebagian ulama dan ini pendapat Sufyan Ats-Tsauri, Ibnu Al-Mubarak, Ishaq, dan ulama Kufah.

Diriwayatkan dari ‘Ali bin Abu Thalib bahwa beliau tidak melakukan kunut kecuali di separuh akhir bulan Ramadan dan beliau melakukan kunut setelah rukuk. Sebagian ulama memilih pendapat ini dan ini merupakan pendapat Asy-Syafi’i dan Ahmad.