ترجمة المؤلف الإمام الجماعيلي
Biografi Mualif Imam Al-Jamma’ili
هذه ترجمة للمؤلف، لخصناها من طبقات الحافظ (ابن رجب) رحمه الله تعالى فإنه قد
أطال في ترجمته.
ونحن نلخص ما يكفى القارئ، للإطلاع على شيء من حياته ومنزلته وآثاره.
Biografi mualif ini, kami khususkan dari kitab Thabaqat Al-Hafizh Ibnu
Rajab—rahimahullahu ta’ala—karena beliau menyebutkan biografi mualif secara
panjang.
Kami merangkum ringkasan yang mencukupi pembaca sehingga bisa melihat sebagian
kecil kehidupan, kedudukan, dan peninggalan ilmu beliau.
هو الشيخ عبد الغنى بن عبد الواحد بن على بن سرور بن رافع بن حسن بن جعفر
الجماعيلى مولداً، المقدسى مقاماً، الحنبلي مذهباً.
Beliau adalah Syekh ‘Abdul Ghani bin ‘Abdul Wahid bin ‘Ali bin Surur bin Rafi’
bin Hasan bin Ja’far Al-Jamma’ili (tempat kelahiran), Al-Maqdisi (tempat
mukim), Al-Hanbali (mazhab).
ولد في عام ٥٤١هـ وكان سنه فى سن الإمام المشهور (الموفق بن قدامة) وبينهما
صحبة وزمالة في الدراسة، إلا أن (الموفق) يميل إلى الفقه، والمؤلف يميل إلى
الحديث.
Dilahirkan pada tahun 541 H. Beliau seumuran dengan imam yang mayshur, yaitu
Al-Muwaffaq Ibnu Qudamah. Antara keduanya terjalin hubungan persahabatan dan
rekan belajar. Hanya saja Al-Muwaffaq cenderung ke bidang ilmu fikih,
sedangkan mualif cenderung ke bidang ilmu hadis.
رحلا جميعاً إلى (بغداد) لطلب العلم، فلقيا بها أفاضل العلماء، فأخذا عنهم.
ومن مشايخهما في (بغداد) الشيخ (عبد القادر الجيلاني) و(ابن المنى)
Keduanya melakukan perjalanan mencari ilmu bersama-sama ke Baghdad. Di sana,
keduanya bertemu ulama-ulama mulia dan mengambil ilmu dari mereka. Di antara
guru mereka berdua di Baghdad adalah Syekh ‘Abdul Qadir Al-Jailani dan Ibnu
Al-Manni.
وكان المترجم له، رحمه الله، جوالاً فى طلب العلم، رحالاً إليه.
...
فدخل (مصر) ثم (أصبهان) ثم رجع إلى (دمشق) ولقى في هذه البلاد كبار العلماء.
فقرأ عليهم، وأخذ عنهم، وباحثهم. فلما استقر به التيار في (دمشق) عكف على
التدريس والتأليف والنسخ والعبادة.
Beliau masuk ke kota Mesir, kemudian Isfahan, kemudian kembali ke Damaskus.
Beliau menjumpai beberapa ulama besar di negeri ini. Beliau membaca di hadapan
mereka, mengambil ilmu dari mereka, dan berdiskusi dengan mereka. Ketika
beliau menetap di Damaskus, beliau mendedikasikan waktunya untuk mengajar,
menulis, menyalin, dan ibadah.
ثم ذكر (ابن رجب) ثناء العلماء عليه، وحفظه لمتون الأحاديث وأسانيدها حتى لقبه
بـ(أمير المؤمنين فى الحديث).
Kemudian Ibnu Rajab menyebutkan sanjungan ulama terhadap beliau dan hafalan
hadis beserta sanadnya sampai-sampai menggelarinya dengan amirulmukminin dalam
bidang hadis.
ثم وصفه بالعبادة والورع وحسن العقيدة لاقتفائه آثار السلف الصالح.
Kemudian Ibnu Rajab menyifati beliau dengan banyak beribadah, warak, dan
baiknya akidah karena beliau mengikuti jejak para salaf yang saleh.
ووصفه (الموفق) بأنه رفيقه فى العبادة، فقال: ما كنا نستبق إلى خير إلا سبقنى
إليه إلا القليل.
Al-Muwaffaq memberi gambaran tentang mualif bahwa beliau adalah rekan dalam
beribadah. Beliau berkata: Tidaklah kami berlomba-lomba kepada kebaikan
kecuali beliau selalu mendahuluiku kecuali sedikit.
وكان آمراً بالمعروف، ناهياً عن المنكر، بیده، ولسانه، وجنانه، لا تأخذه في
الله لومة لائم.
Beliau adalah orang yang gemar amar makruf nahi mungkar dengan tangan, lisan,
dan hatinya. Beliau tidak takut celaan pencela, karena Allah.
فصادم السلاطين والقضاة والمبتدعين. ولذا حصل له أذية وعداوة من المبتدعين
والضالين، وهذا دأب المصلحين.
Sehingga beliau bertentangan dengan para penguasa, kadi, dan pengusung
kebidahan. Oleh karena itu, terjadilah gangguan dan permusuhan terhadap beliau
yang dilakukan oleh para pengusung kebidahan dan kesesatan. Memang beginilah
keadaan orang-orang yang melakukan perbaikan.
ووصف بالكرم والإحسان إلى الناس، والتواضع وحسن الخلق، ومع هذا هيبته تملأ
الصدور.
Beliau juga menyifati mualif dengan sifat dermawan, gemar berbuat baik kepada
manusia, tawaduk, dan berakhlak baik. Bersamaan itu kewibawaan mualif memenuhi
dada.
ثم ذكر له من المصنفات ما يزيد على أربعين كتاباً، منها الكبير، ذو الأجزاء
العديدة، ومنها الصغير الواقع في جزء.
Kemudian beliau menyebutkan karya-karya tulis mualif yang berjumlah lebih dari
empat puluh kitab. Sebagiannya besar, berjilid-jilid dan sebagian lagi kecil,
hanya dalam satu bagian.
وكلها في تحقيق العلوم الشرعية من الحديث، والتوحيد. والفقه، والمواعظ،
والأخلاق. وسير بعض الشخصيات الكبيرة.
Semuanya dalam bidang penelitian ilmu syariat berupa ilmu hadis, tauhid,
fikih, nasehat, akhlak, biografi sebagian tokoh besar.
وكتابه الذى معنا [العمدة] يدل على حسن اختياره، وجودة فهمه. فالإنسان معروف
باختياره.
Kitab mualif yang bersama kita ini, yaitu Al-‘Umdah, menunjukkan bagusnya
pilihan beliau dan baiknya pemahaman beliau. Karena seorang manusia dikenali
melalui pilihannya.
توفى -رحمه الله- يوم الأثنين، الثالث والعشرين من شهر رَبِيعِ الْأَوَّلِ
مِنْ سنة ستمائة، فبكاه الناس، وأثنوا عليه، ورثوه بالقصائد الطوال، وتأسفوا
على فقده، رَحِمَهُ الله تعالى، وأسكنه فسيح جناته، ووالدينا وإخواننا
وأقاربنا، ومشايخنا، والمحسنين إلينا، والمسلمين جميعاً، آمين.
Mualif—rahimahullah—wafat pada hari Senin tanggal 23 Rabiulawal 600 H.
Orang-orang menangisi beliau, menyanjung-nyanjung beliau, berbelasungkawa
dengan elegi-elegi yang panjang, dan berdukacita karena kehilangan beliau.
Semoga Allah taala merahmatinya, menempatkannya di janah-Nya yang luas, begitu
pula kedua orang tua kami, saudara-saudara, kerabat-kerabat, guru-guru kami,
orang-orang yang berbuat baik kepada kami, dan kaum muslimin seluruhnya. Amin.
وصلى الله وسلم، على نبينا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين.