Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1122

١٠٨ – (١١٢٢) – حَدَّثَنَا دَاوُدُ بۡنُ رُشَيۡدٍ: حَدَّثَنَا الۡوَلِيدُ بۡنُ مُسۡلِمٍ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ عَبۡدِ الۡعَزِيزِ، عَنۡ إِسۡمَاعِيلَ بۡنِ عُبَيۡدِ اللهِ، عَنۡ أُمِّ الدَّرۡدَاءِ، عَنۡ أَبِي الدَّرۡدَاءِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ؛ قَالَ: خَرَجۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي شَهۡرِ رَمَضَانَ فِي حَرٍّ شَدِيدٍ، حَتَّىٰ إِنۡ كَانَ أَحَدُنَا لَيَضَعُ يَدَهُ عَلَىٰ رَأۡسِهِ مِنۡ شِدَّةِ الۡحَرِّ، وَمَا فِينَا صَائِمٌ إِلَّا رَسُولُ اللهِ ﷺ وَعَبۡدُ اللهِ بۡنُ رَوَاحَةَ.
108. (1122). Dawud bin Rusyaid telah menceritakan kepada kami: Al-Walid bin Muslim menceritakan kepada kami, dari Sa'id bin 'Abdul 'Aziz, dari Isma'il bin 'Ubaidullah, dari Ummud Darda`, dari Abud Darda` radhiyallahu 'anhu. Beliau berkata: Kami keluar bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di bulan Ramadhan ketika hari sangat panas. Sampai-sampai salah seorang di antara kami meletakkan tangannya di atas kepalanya karena saking panasnya. Tidak ada seorang pun di antara kami yang berpuasa kecuali Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan 'Abdullah bin Rawahah.
١٠٩ - (…) - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ الۡقَعۡنَبِيُّ: حَدَّثَنَا هِشَامُ بۡنُ سَعۡدٍ، عَنۡ عُثۡمَانَ بۡنِ حَيَّانَ الدِّمَشۡقِيِّ، عَنۡ أُمِّ الدَّرۡدَاءِ قَالَتۡ: قَالَ أَبُو الدَّرۡدَاءِ: لَقَدۡ رَأَيۡتُنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي بَعۡضِ أَسۡفَارِهِ فِي يَوۡمٍ شَدِيدِ الۡحَرِّ، حَتَّىٰ إِنَّ الرَّجُلَ لَيَضَعُ يَدَهُ عَلَىٰ رَأۡسِهِ مِنۡ شِدَّةِ الۡحَرِّ، وَمَا مِنَّا أَحَدٌ صَائِمٌ إِلَّا رَسُولُ اللهِ ﷺ وَعَبۡدُ اللهِ بۡنُ رَوَاحَةَ.
109. 'Abdullah bin Maslamah Al-Qa'nabi telah menceritakan kepada kami: Hisyam bin Sa'd menceritakan kepada kami, dari 'Utsman bin Hayyan Ad-Dimasyqi, dari Ummud Darda`, beliau berkata: Abud Darda` berkata: Sungguh aku telah melihat kami bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pada sebagian perjalanan beliau di hari yang sangat panas. Sampai-sampai sungguh ada seseorang yang meletakkan tangannya di atas kepalanya saking panasnya. Tidak ada seorang pun yang berpuasa di antara kami kecuali Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan 'Abdullah bin Rawahah.