Cari Blog Ini

Taisirul 'Allam - Hadits ke-43

الۡحَدِيثُ الثَّالِثُ وَالۡأَرۡبَعُونَ

٤٣ – عَنۡ مُعَاذَةَ قَالَتۡ: سَأَلۡتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا فَقُلۡتُ: مَا بَالُ الۡحَائِضِ تَقۡضِي الصَّوۡمَ وَلَا تَقۡضِي الصَّلَاةَ؟
فَقَالَتۡ: أَحَرُورِيَّةٌ أَنۡتِ؟ فَقُلۡتُ: لَسۡتُ بِحَرُورِيَّةٍ. وَلَكِنۡ أَسۡأَلُ.
فَقَالَتۡ: كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ فَنُؤۡمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوۡمِ وَلَا نُؤۡمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلَاةِ[1][2].
43. Dari Mu’adzah, beliau berkata: Aku bertanya kepada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha: Mengapa wanita haid menqadha` puasa dan tidak menqadha` shalat? Beliau balik bertanya: Apakah engkau wanita Haruriyyah? Aku jawab: Aku bukan wanita Haruriyyah, aku benar-benar bertanya. Maka beliau berkata: Dulu ketika haid menimpa kami, kami diperintahkan untuk menqadha` puasa dan tidak diperintah untuk menqadha` shalat.

غَرِيبُ الۡحَدِيثِ:

- (أَحَرُورِيَّةٌ أَنۡتِ) نِسۡبَةٌ إِلَى بَلۡدَةٍ قُرۡبَ الۡكُوفَةِ، اسۡمُهَا (حَرُورَاءُ) خَرَجَتۡ مِنۡهَا أَوَّلُ فِرۡقَةٍ مِنَ الۡخَوَارِجِ عَلَى عَلِيِّ بۡنِ أَبِي طَالِبٍ، فَصَارَ الۡخَوَارِجُ يُعۡرَفُونَ بِالۡحَرُورِيَّةِ.

Kosa kata asing dalam hadits:

- Haruriyyah adalah nisbat kepada perkampungan di dekat Kufah, namanya Harura`. Dari daerah sini, kelompok sempalan pertama keluar memberontak kepada ‘Ali bin Abi Thalib. Sehingga akhirnya Khawarij dikenal dengan nama Haruriyyah.

الۡمَعۡنَى الۡإِجۡمَالِي:

سَأَلَتۡ مُعَاذَةُ عَائِشَةَ عَنِ السَّبَبِ الَّذِي مِنۡ أَجۡلِهِ جَعَلَ الشَّارِعُ أَنَّ الۡحَائِضَ تَقۡضِي أَيَّامَ حَيۡضِهَا الَّتِي أَفۡطَرَتۡهَا، وَلَا تَقۡضِي صَلَوَاتِهَا، زَمَنَ الۡحَيۡضِ، مَعَ اشۡتِرَاكِ الۡعِبَادَتَيۡنِ فِي الۡفَرِيضَةِ، بَلۡ إِنَّ الصَّلَاةَ أَعۡظَمُ مِنَ الصِّيَامِ.
وَكَانَ عَدَمُ التَّفۡرِيقِ بَيۡنَهُمَا فِي الۡقَضَاءِ، هُوَ مَذۡهَبُ الۡخَوَارِجِ الۡمَبۡنِيُّ عَلَى الشِّدَّةِ وَالۡحَرَجِ.
فَقَالَتۡ لَهَا عَائِشَةُ –مُنۡكِرَةً عَلَيۡهَا-: أَحَرُورِيَّةٌ أَنۡتِ تَعۡتَقِدِينَ مِثۡلَ مَا يَعۡتَقِدُونَ، وَتُشَدِّدِينَ كَمَا يَشُدُّونَ؟[3]
فَقَالَتۡ: لَسۡتُ حَرُورِيَّةً، وَلَكِنِّي أَسۡأَلُ سُؤَالَ مُتَعَلِّمٍ مُسۡتَرۡشِدٍ.
فَقَالَتۡ عَائِشَةُ: كَانَ الۡحَيۡضُ يُصِيبُنَا زَمَنَ النَّبِيِّ ﷺ، وَكُنَّا نَتۡرُكُ الصِّيَامَ وَالصَّلَاةَ زَمَنَهُ، فَيَأۡمُرُنَا ﷺ بِقَضَاءِ الصَّوۡمِ وَلَا يَأۡمُرُنَا بِقَضَاءِ الصَّلَاةِ، وَلَوۡ كَانَ الۡقَضَاءُ وَاجِبًا، لَأَمَرَ بِهِ وَلَمۡ يَسۡكُتۡ عَنۡهُ.
فَكَأَنَّهَا تَقُولُ: كَفَى بِامۡتِثَالِ أَوَامِرِ الشَّارِعِ وَالۡوُقُوفِ عِنۡدَ حُدُودِهِ حِكۡمَةً وَرُشۡدًا.

Makna secara umum:

Mu’adzah bertanya kepada ‘Aisyah mengenai sebab mengapa Allah mensyariatkan wanita haid menqadha` hari-hari haidnya yang ia tidak berpuasa pada hari-hari itu, sedangkan ia tidak menqadha` shalat-shalatnya ketika haid. Padahal keduanya sama-sama ibadah fardhu, bahkan shalat itu lebih agung daripada puasa.
Tidak adanya perbedaan antara keduanya dalam hal qadha` merupakan madzhab Khawarij yang dibangun di atas perkara yang menyulitkan dan memberatkan.
Maka, ‘Aisyah berkata kepada Mu’adzah dalam rangka mengingkarinya: Apakah engkau wanita Haruriyyah yang berkeyakinan sebagaimana keyakinan mereka dan bersikap memberat-beratkan sebagaimana mereka?
Maka Mu’adzah menjawab: Aku bukan wanita Haruriyyah, akan tetapi aku benar-benar bertanya dalam rangka mencari ilmu dan meminta bimbingan.
Lantas, ‘Aisyah berkata: Dulu pada zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, haid menimpa kami dan kami pun meninggalkan puasa dan shalat ketika itu. Maka, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh kami menqadha` puasa dan tidak menyuruh kami menqadha` shalat. Kalaulah sekiranya qadha` shalat itu wajib, niscaya beliau akan memerintahkannya dan tidak mendiamkannya.
Seakan-akan ‘Aisyah berkata: Cukuplah dengan kita melaksanakan perintah-perintah Pembuat syariat dan berhenti di batasan-batasanNya merupakan sikap yang hikmah dan terbimbing.

مَا يُؤۡخَذُ مِنَ الۡحَدِيثِ:

١- أَنَّ الۡحَائِضَ تَقۡضِي الصِّيَامَ وَلَا تَقۡضِي الصَّلَاةَ، لِأَنَّ الصَّلَاةَ تَتَكَرَّرُ كُلَّ يَوۡمٍ خَمۡسَ مَرَّاتٍ، فَهِيَ عِبَادَةٌ مُسۡتَمِرَّةٌ وَيَحۡصُلُ مِنۡ إِعَادَتِهَا وَقَضَائِهَا مَشَقَّةً أَيۡضًا.
٢- أَنَّ تَقۡرِيرَ النَّبِيِّ ﷺ أُمَّتَهُ عَلَى شَيۡءٍ يُعَدُّ مِنَ السُّنَّةِ.
٣- الۡإِنۡكَارُ عَلَى كُلِّ مَنۡ سَأَلَ سُؤَالَ تَعَنُّتٍ وَمُجَادَلَةٍ.
٤- تَبۡيِينُ الۡعِلۡمِ لِمَنۡ طَلَبَهُ لِلتَّعَلُّمِ وَالۡاسۡتِرۡشَادِ.
٥- كَوۡنُ الۡحَائِضِ لَا تَقۡضِي الصَّلَاةَ لِأَجۡلِ الۡمَشَقَّةِ، مِنَ الۡأَدِلَّةِ الَّتِي تُقَرِّرُ الۡقَاعِدَةَ الۡإِسۡلَامِيَّةَ الۡعَامَّةَ وَهِيَ (إِنَّ الۡمَشَقَّةَ تَجۡلِبُ التَّيۡسِيرَ).

Faidah hadits:

  1. Bahwa wanita haid menqadha` puasa dan tidak menqadha` shalat karena shalat itu berulang-ulang setiap hari lima waktu. Jadi shalat merupakan ibadah yang berkelanjutan. Sehingga apabila diulang dan diqadha` akan menimbulkan kesulitan.
  2. Persetujuan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umat beliau terhadap suatu perkara terhitung sebagai sunnah.
  3. Pengingkaran terhadap setiap orang yang bertanya dalam rangka mempersulit diri atau mendebat.
  4. Pemaparan ilmu bagi siapa yang mencarinya untuk belajar dan meminta bimbingan.
  5. Wanita haid tidak menqadha` shalat dengan alasan memberatkan termasuk dalil yang menetapkan kaidah Islam umum yaitu bahwa sesuatu yang memberatkan itu mendatangkan aturan yang mempermudah.

[1] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ (٣٢١) فِي الۡحَيۡضِ، وَمُسۡلِمٌ (٣٣٥) فِي الۡحَيۡضِ، وَرَوَاهُ أَيۡضًا أَبُو دَاوُدَ (٢٦٢) فِي الطَّهَارَةِ، وَالتِّرۡمِذِيُّ (١٣٠) فِي الطَّهَارَةِ، وَابۡنُ مَاجَهۡ (٦٣١) فِي الطَّهَارَةِ. 
[2] هَٰذَا سِيَاقُ (مُسۡلِمٍ) وَأَمَّا سِيَاقُ (الۡبُخَارِيِّ) فَبِلَفۡظٍ: (قَدۡ كُنَّا نَحِيضُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ فَلَا يَأۡمُرُنَا بِهِ)، أَوۡ قَالَتۡ: (فَلَا يُفَعِّلُهُ). 
وَلَيۡسَ عِنۡدَ الۡبُخَارِيِّ: (فَنُؤۡمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوۡمِ). 
وَلَمۡ يَذۡكُرِ (الۡبُخَارِيُّ) أَنَّ السَّائِلَةَ: (مُعَاذَةُ) بَلۡ سَاقَهُ مِنۡ جِهَةِ قَتَادَةَ عَنۡ مُعَاذَةَ أَنَّ امۡرَأَةً... إلخ. 
Ini adalah konteks periwayatan Imam Muslim. Adapun konteks Imam Al-Bukhari adalah dengan lafazh: “Kami dahulu haid ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masih hidup, dan beliau tidak memerintah kami (untuk menqadha`nya)” atau ‘Aisyah berkata, “beliau tidak memerintah kami untuk melakukannya”. Dan pada riwayat Al-Bukhari tidak ada lafazh: “maka kami diperintah untuk menqadha` puasa”. Dan Al-Bukhari tidak menyebutkan bahwa si penanya adalah Mu’adzah. Akan tetapi beliau membawakan hadits dari Qatadah dari Mu’adzah, bahwa seorang wanita… dst. 
[3] الۡخَوَارِجُ عُرِفُوا بِالشِّدَّةِ وَالتَّنَطُّعِ فِي الدِّينِ. 
وَمِنۡ شِدَّتِهِمۡ أَنَّهُمۡ يُوجِبُونَ عَلَى الۡمَرۡأَةِ قَضَاءَ الصَّلَاةِ الۡمَتۡرُوكَةِ فِي حَيۡضِهَا اهـ. شارح. 
Kaum khawarij terkenal dengan ajarannya yang menyulitkan dan berlebih-lebihan di dalam agama. Termasuk di antaranya adalah mereka mewajibkan wanita untuk menqadha` shalat yang ditinggalkan ketika haidnya. (Pensyarah).