Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2309 dan 2310

٥٩ - ذِكۡرُ الۡاخۡتِلَافِ عَلَى أَبِي نَضۡرَةَ الۡمُنۡذِرِ بۡنِ مَالِكِ بۡنِ قُطَعَةَ فِيهِ
59. Penyebutan perbedaan riwayat Abu Nadhrah Al-Mundzir bin Malik bin Qutha’ah pada hadis ini

٢٣٠٩ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا يَحۡيَى بۡنُ حَبِيبِ بۡنِ عَرَبِيٍّ قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنۡ سَعِيدٍ الۡجُرَيۡرِيِّ عَنۡ أَبِي نَضۡرَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو سَعِيدٍ، قَالَ: كُنَّا نُسَافِرُ فِي رَمَضَانَ؛ فَمِنَّا الصَّائِمُ وَمِنَّا الۡمُفۡطِرُ؛ لَا يَعِيبُ الصَّائِمُ عَلَى الۡمُفۡطِرِ، وَلَا يَعِيبُ الۡمُفۡطِرُ عَلَى الصَّائِمِ. [م(٣/١٤٢-١٤٣)].
2309. Yahya bin Habib bin ‘Arabi telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Hammad menceritakan kepada kami dari Sa’id Al-Jurairi, dari Abu Nadhrah, beliau berkata: Abu Sa’id menceritakan kepada kami, beliau berkata: Kami pernah melakukan safar di bulan Ramadan. Di antara kami ada yang berpuasa dan di antara kami ada yang tidak berpuasa. Orang yang berpuasa tidak mencela orang yang tidak berpuasa dan orang yang tidak berpuasa tidak mencela orang yang berpuasa.
٢٣١٠ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا سَعِيدُ بۡنُ يَعۡقُوبَ الطَّالۡقَانِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا خَالِدٌ وَهُوَ ابۡنُ عَبۡدِ اللهِ الۡوَاسِطِيُّ عَنۡ أَبِي مَسۡلَمَةَ عَنۡ أَبِي نَضۡرَةَ عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ، قَالَ: كُنَّا نُسَافِرُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ، فَمِنَّا الصَّائِمُ، وَمِنَّا الۡمُفۡطِرُ، وَلَا يَعِيبُ الصَّائِمُ عَلَى الۡمُفۡطِرِ، وَلَا يَعِيبُ الۡمُفۡطِرُ عَلَى الصَّائِمِ. [م].
2310. Sa’id bin Ya’qub Ath-Thalqani telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Khalid bin ‘Abdullah Al-Wasithi menceritakan kepada kami dari Abu Maslamah, dari Abu Nadhrah, dari Abu Sa’id, beliau mengatakan: Kami pernah melakukan safar bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di antara kami ada yang berpuasa dan ada yang tidak. Orang yang berpuasa tidak mengejek orang yang tidak berpuasa dan orang yang tidak berpuasa tidak mengejek orang yang berpuasa.