Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2403

٨٠ - صِيَامُ أَرۡبَعَةِ أَيَّامٍ مِنَ الشَّهۡرِ
80. Puasa empat hari dari sebulan

٢٤٠٣ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا إِبۡرَاهِيمُ بۡنُ الۡحَسَنِ قَالَ: حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بۡنُ مُحَمَّدٍ قَالَ: حَدَّثَنِي شُعۡبَةُ عَنۡ زِيَادِ بۡنِ فَيَّاضٍ قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا عِيَاضٍ قَالَ: قَالَ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عَمۡرٍو، قَالَ: قَالَ لِي رَسُولُ اللهِ ﷺ: (صُمۡ مِنَ الشَّهۡرِ يَوۡمًا، وَلَكَ أَجۡرُ مَا بَقِيَ)، قُلۡتُ: إِنِّي أُطِيقُ أَكۡثَرَ مِنۡ ذٰلِكَ! قَالَ: (فَصُمۡ يَوۡمَيۡنِ، وَلَكَ أَجۡرُ مَا بَقِيَ)، قُلۡتُ: إِنِّي أُطِيقُ أَكۡثَرَ مِنۡ ذٰلِكَ! قَالَ: (فَصُمۡ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ، وَلَكَ أَجۡرُ مَا بَقِيَ)، قُلۡتُ: إِنِّي أُطِيقُ أَكۡثَرَ مِنۡ ذٰلِكَ! قَالَ: (صُمۡ أَرۡبَعَةَ أَيَّامٍ، وَلَكَ أَجۡرُ مَا بَقِيَ)، قُلۡتُ: إِنِّي أُطِيقُ أَكۡثَرَ مِنۡ ذٰلِكَ! فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَفۡضَلُ الصَّوۡمِ صَوۡمُ دَاوُدَ؛ كَانَ يَصُومُ يَوۡمًا وَيُفۡطِرُ يَوۡمًا). [م(٣/١٦٦)].
2403. Ibrahim bin Al-Hasan telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Hajjaj bin Muhammad menceritakan kepada kami, beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepadaku dari Ziyad bin Fayyadh, beliau berkata: Aku mendengar Abu ‘Iyadh berkata: ‘Abdullah bin ‘Amr mengatakan:
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasalah satu hari dari sebulan dan bagimu pahala hari sisanya.”
Aku mengatakan, “Sesungguhnya aku mampu lebih sering daripada itu.”
Beliau bersabda, “Puasalah dua hari dan bagimu pahala hari sisanya.”
Aku mengatakan, “Sesungguhnya aku mampu lebih sering daripada itu.”
Beliau bersabda, “Puasalah tiga hari dan bagimu pahala hari sisanya.”
Aku mengatakan, “Sesungguhnya aku mampu lebih sering daripada itu.”
Beliau bersabda, “Puasalah empat hari dan bagimu pahala hari sisanya.”
Aku mengatakan, “Sesungguhnya aku mampu lebih sering daripada itu.”
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa yang paling utama adalah puasa Dawud. Beliau puasa sehari dan tidak berpuasa sehari.”