Cari Blog Ini

Sunan Abu Dawud hadits nomor 2353 dan 2354

٢٠ - بَابُ مَا يُسۡتَحَبُّ مِنۡ تَعۡجِيلِ الۡفِطۡرِ 
20. Bab tentang disukainya menyegerakan berbuka 

٢٣٥٣ – (حسن) حَدَّثَنَا وَهۡبُ بۡنُ بَقِيَّةَ، عَنۡ خَالِدٍ، عَنۡ مُحَمَّدٍ - يَعۡنِي ابۡنَ عَمۡرٍو - عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (لَا يَزَالُ الدِّينُ ظَاهِرًا مَا عَجَّلَ النَّاسُ الۡفِطۡرَ، لِأَنَّ الۡيَهُودَ وَالنَّصَارَى يُؤَخِّرُونَ). 
2353. Wahb bin Baqiyyah telah menceritakan kepada kami dari Khalid, dari Muhammad bin ‘Amr, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Agama ini akan senantiasa menang selama orang-orang menyegerakan berbuka karena orang Yahudi dan Nasrani mengakhirkannya.” 
٢٣٥٤ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، نا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ عُمَارَةَ بۡنِ عُمَيۡرٍ، عَنۡ أَبِي عَطِيَّةَ قَالَ: دَخَلۡتُ عَلَى عَائِشَةَ [رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا] أَنَا وَمَسۡرُوقٌ فَقُلۡنَا: يَا أُمَّ الۡمُؤۡمِنِينَ، رَجُلَانِ مِنۡ أَصۡحَابِ مُحَمَّدٍ ﷺ، أَحَدُهُمَا يُعَجِّلُ الۡإِفۡطَارَ وَيُعَجِّلُ الصَّلَاةَ، وَالۡآخَرُ يُؤَخِّرُ الۡإِفۡطَارَ وَيُؤَخِّرُ الصَّلَاةَ، قَالَتۡ: أَيُّهُمَا يُعَجِّلُ الۡإِفۡطَارَ، وَيُعَجِّلُ الصَّلَاةَ؟ قُلۡنَا: عَبۡدُ اللهِ، قَالَتۡ: كَذٰلِكَ كَانَ يَصۡنَعُ رَسُولُ اللهِ ﷺ. [م]. 
2354. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari ‘Umarah bin ‘Umair, dari Abu ‘Athiyyah. Beliau berkata: Aku dan Masruq masuk menemui ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha dan berkata, “Wahai ibunda kaum mukminin, ada dua orang dari kalangan sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Salah satunya menyegerakan berbuka dan menyegerakan salat. Sementara yang lain mengakhirkan berbuka dan mengakhirkan salat.” ‘Aisyah bertanya, “Siapa di antara kedua orang itu yang menyegerakan berbuka dan menyegerakan salat?” Kami menjawab, “’Abdullah (bin Mas’ud).” ‘Aisyah berkata, “Seperti itulah yang dahulu dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.”