Cari Blog Ini

Sunan Abu Dawud hadits nomor 2384 dan 2385

٢٣٨٤ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ كَثِيرٍ، أنا سُفۡيَانُ، عَنۡ سَعۡدِ بۡنِ إِبۡرَاهِيمَ، عَنۡ طَلۡحَةَ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ - يَعۡنِي ابۡنَ عُثۡمَانَ الۡقُرَشِيَّ -، عَنۡ عَائِشَةَ [رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا] قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُقَبِّلُنِي وَهُوَ صَائِمٌ وَأَنَا صَائِمَةٌ. 
2384. Muhammad bin Katsir telah menceritakan kepada kami: Sufyan mengabarkan kepada kami dari Sa’d bin Ibrahim, dari Thalhah bin ‘Abdullah bin ‘Utsman Al-Qurasyi, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu menciumku dalam keadaan beliau puasa dan aku puasa. 
٢٣٨٥ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ يُونُسَ، نا اللَّيۡثُ، ح، وَحَدَّثَنَا عِيسَى بۡنُ حَمَّادٍ، أنا اللَّيۡثُ بۡنُ سَعۡدٍ، عَنۡ بُكَيۡرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، عَنۡ عَبۡدِ الۡمَلِكِ بۡنِ سَعِيدٍ، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ قَالَ: قَالَ عُمَرُ بۡنُ الۡخَطَّابِ: هَشَشۡتُ فَقَبَّلۡتُ وَأَنَا صَائِمٌ، فَقُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، صَنَعۡتُ الۡيَوۡمَ أَمۡرًا عَظِيمًا: قَبَّلۡتُ وَأَنَا صَائِمٌ! قَالَ: (أَرَأَيۡتَ لَوۡ مَضۡمَضۡتَ مِنَ الۡمَاءِ وَأَنۡتَ صَائِمٌ؟!) قَالَ عِيسَى بۡنُ حَمَّادٍ فِي حَدِيثِهِ: قُلۡتُ: لَا بَأۡسَ بِهِ، ثُمَّ اتَّفَقَا، قَالَ: (فَمَهۡ؟) 
2385. Ahmad bin Yunus telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) ‘Isa bin Hammad telah menceritakan kepada kami: Al-Laits bin Sa’d mengabarkan kepada kami dari Bukair bin ‘Abdullah, dari ‘Abdul Malik bin Sa’id, dari Jabir bin ‘Abdullah. Beliau berkata: ‘Umar bin Al-Khaththab mengatakan: Aku berhasrat lalu aku mencium (istri) dalam keadaan puasa. Aku berkata: Wahai Rasulullah, hari ini aku telah melakukan perkara yang besar. Aku mencium (istri) dalam keadaan puasa. Nabi bersabda, “Apa pendapatmu jika engkau berkumur dengan air dalam keadaan engkau puasa?” ‘Isa bin Hammad berkata di dalam hadisnya: Aku berkata: Tidak mengapa. Kemudian keduanya bersepakat, Nabi bersabda, “Lalu mengapa ditanyakan?”