Cari Blog Ini

Raja`

Syekh Shalih bin Fauzan bin 'Abdullah Al-Fauzan hafizhahullah berkata di dalam kitab Syarh Al-Jami' li 'Ibadatillah:

مِنۡ أَنۡوَاعِ الۡعِبَادَةِ: الرَّجَاءُ: وَهُوَ تَأۡمِيلُ الۡخَيۡرِ فِيمَا لَا يَقۡدِرُ عَلَيۡهِ إِلَّا اللهُ، فَلَا يَجُوزُ أَنۡ تَرۡجُوَ غَيۡرَ اللهِ فِيمَا لَا يَقۡدِرُ عَلَيۡهِ إِلَّا اللهُ، أَمَّا الرَّجَاءُ فِي الۡأُمُورِ الۡعَادِيَّةِ، كَأَنۡ تَرۡجُوَ مِنۡ شَخۡصٍ أَنۡ يُعۡطِيَكَ مَالًا أَوۡ يُسَاعِدَكَ فِيمَا يَقۡدِرُ عَلَيۡهِ، فَهَٰذَا لَيۡسَ مِنَ الۡعِبَادَةِ. 

Termasuk jenis ibadah adalah raja` (harapan) yaitu perasaan mengangankan kebaikan pada perkara yang hanya Allah mampui, sehingga tidak boleh engkau mengharap kepada selain Allah pada perkara yang hanya Allah mampui. Adapun harapan pada perkara umum seperti engkau berharap dari seseorang agar memberikan harta kepadamu atau membantumu dalam perkara yang dia mampu, maka harapan semacam ini bukan termasuk ibadah. 

تَقُولُ: يَا أَخِي، أَرۡجُوكَ أَنۡ تَعۡطِيَنِي كَذَا وَكَذَا، مِمَّا يَقۡدِرُ عَلَيۡهِ، لَكِنۡ لَا تَرۡجُ مَخۡلُوقًا فِيمَا لَا يَقۡدِرُ عَلَيۡهِ إِلَّا اللهُ، كَالَّذِينَ يَرۡجُونَ الۡأَمۡوَاتَ وَالۡغَائِبِينَ وَالۡجِنَّ، هَٰذَا رَجَاءُ الۡعِبَادَةِ فَلَا يَجُوزُ، وَهُوَ شِرۡكٌ أَكۡبَرُ. 

Engkau boleh mengatakan, “Wahai saudaraku, aku berharap engkau memberikan ini dan ini,” dari hal-hal yang dia mampu. Namun engkau jangan berharap kepada satu makhluk pun dalam hal-hal yang hanya Allah yang mampu, seperti orang-orang yang berharap kepada orang-orang yang sudah meninggal, yang tidak hadir di tempat, atau jin. Ini adalah rasa harap ibadah, sehingga tidak boleh dan merupakan syirik akbar.