Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 725

٢٩ - بَابُ مَا جَاءَ فِي السِّوَاكِ لِلصَّائِمِ 
29. Bab riwayat tentang ber-siwak (membersihkan gigi dengan kayu pohon siwak) bagi orang yang berpuasa 


٧٢٥ – (ضعيف) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ مَهۡدِيٍّ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ عَاصِمِ بۡنِ عُبَيۡدِ اللهِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَامِرِ بۡنِ رَبِيعَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، قَالَ: رَأَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ مَا لَا أُحۡصِي، يَتَسَوَّكُ وَهُوَ صَائِمٌ. وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عَائِشَةَ. حَدِيثُ عَامِرِ بۡنِ رَبِيعَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ؛ لَا يَرَوۡنَ بِالسِّوَاكِ لِلصَّائِمِ بَأۡسًا. إِلَّا أَنَّ بَعۡضَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ كَرِهُوا السِّوَاكَ لِلصَّائِمِ بِالۡعُودِ وَالرُّطۡبِ وَكَرِهُوا لَهُ السِّوَاكَ آخِرَ النَّهَارِ. وَلَمۡ يَرَ الشَّافِعِيُّ بِالسِّوَاكِ بَأۡسًا أَوَّلَ النَّهَارِ وَلَا آخِرَهُ. وَكَرِهَ أَحۡمَدُ وَإِسۡحَاقُ السِّوَاكَ آخِرَ النَّهَارِ. [(الإرواء)(٦٨)]. 

725. [Daif] Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdurrahman bin Mahdi menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari ‘Ashim bin ‘Ubaidullah, dari ‘Abdullah bin ‘Amir bin Rabi’ah, dari ayahnya. Beliau berkata: Aku melihat—sampai tidak bisa kuhitung—Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ber-siwak dalam keadaan berpuasa. 

Di dalam bab ini ada riwayat dari ‘Aisyah. Hadis ‘Amir bin Rabi’ah adalah hadis hasan. Para ulama beramal sesuai hadis ini. Mereka tidak menganggap masalah ber-siwak bagi orang yang berpuasa. Hanya saja sebagian ulama membenci bagi orang yang berpuasa untuk ber-siwak menggunakan dahan kayu yang basah dan mereka membenci bagi orang yang berpuasa untuk ber-siwak di akhir siang. Asy-Syafi’i tidak mempermasalahkan siwak baik di awal siang maupun di akhir siang. Ahmad dan Ishaq membenci ber-siwak di akhir siang.