Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 731 dan 732

٣٤ - بَابُ مَا جَاءَ فِي إِفۡطَارِ الصَّائِمِ الۡمُتَطَوِّعِ 
34. Bab riwayat tentang pembatalan puasa oleh orang yang berpuasa sunah 


٧٣١ – (صحيح) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو الۡأَحۡوَصِ، عَنۡ سِمَاكِ بۡنِ حَرۡبٍ، عَنِ ابۡنِ أُمِّ هَانِىءٍ، عَنۡ أُمِّ هَانِىءٍ، قَالَتۡ: كُنۡتُ قَاعِدَةً عِنۡدَ النَّبِيِّ ﷺ فَأُتِيَ بِشَرَابٍ فَشَرِبَ مِنۡهُ، ثُمَّ نَاوَلَنِي فَشَرِبۡتُ مِنۡهُ. فَقُلۡتُ: إِنِّي أَذۡنَبۡتُ فَاسۡتَغۡفِرۡ لِي. فَقَالَ: (وَمَا ذَاكِ؟) قَالَتۡ: كُنۡتُ صَائِمَةً فَأَفۡطَرۡتُ. فَقَالَ: (أَمِنۡ قَضَاءٍ كُنۡتِ تَقۡضِينَهُ؟) قَالَتۡ: لَا. قَالَ: (فَلَا يَضُرُّكِ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ، وَعَائِشَةَ. [(تخريج المشكاة)(٢٠٧٩)، (صحيح أبي داود)(٢١٢٠)]. 

731. [Sahih] Qutaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Al-Ahwash menceritakan kepada kami dari Simak bin Harb, dari Ibnu Ummu Hani`, dari Ummu Hani`. Beliau berkata: 

Aku pernah duduk di dekat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu ada yang datang membawa minuman. Nabi pun meminumnya, lalu beliau menyodorkan minuman itu kepadaku. Aku pun meminum darinya. 

Aku berkata, “Aku berbuat dosa. Mintakan ampun untukku.” 

Nabi bertanya, “Ada apa denganmu?” 

Ummu Hani`menjawab, “Tadi aku berpuasa, lalu aku membatalkannya.” 

Nabi bertanya, “Apakah puasa karena kada yang harus engkau tunaikan?” 

Ummu Hani` menjawab, “Tidak.” 

Nabi bersabda, “Kalau begitu, itu tidak membahayakanmu.” 

Di dalam bab ini ada riwayat dari Abu Sa’id dan ‘Aisyah. 

٧٣٢ – (صحيح) حَدَّثَنَا مَحۡمُودُ بۡنُ غَيۡلَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، قَالَ: كُنۡتُ أَسۡمَعُ سِمَاكَ بۡنَ حَرۡبٍ يَقُولُ: أَحَدُ بَنِي أُمِّ هَانِىءٍ حَدَّثَنِي. فَلَقِيتُ أَنَا أَفۡضَلَهُمۡ وَكَانَ اسۡمُهُ جَعۡدَةَ. وَكَانَتۡ أُمُّ هَانِىءٍ جَدَّتَهُ. فَحَدَّثَنِي، عَنۡ جَدَّتِهِ؛ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ دَخَلَ عَلَيۡهَا، فَدَعَا بِشَرَابٍ فَشَرِبَ. ثُمَّ نَاوَلَهَا فَشَرِبَتۡ. فَقَالَتۡ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَمَا إِنِّي كُنۡتُ صَائِمَةً، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (الصَّائِمُ الۡمُتَطَوِّعُ أَمِينُ نَفۡسِهِ، إِنۡ شَاءَ صَامَ وَإِنۡ شَاءَ أَفۡطَرَ). قَالَ شُعۡبَةُ: فَقُلۡتُ لَهُ: أَأَنۡتَ سَمِعۡتَ هَٰذَا مِنۡ أُمِّ هَانِىءٍ؟ قَالَ: لَا. أَخۡبَرَنِي أَبُو صَالِحٍ وَأَهۡلُنَا عَنۡ أُمِّ هَانِىءٍ. وَرَوَى حَمَّادُ بۡنُ سَلَمَةَ هَٰذَا الۡحَدِيثَ، عَنۡ سِمَاكِ بۡنِ حَرۡبٍ، فَقَالَ: عَنۡ هَارُونَ ابۡنِ بِنۡتِ أُمِّ هَانِىءٍ، عَنۡ أُمِّ هَانِىءٍ. وَرِوَايَةُ شُعۡبَةَ أَحۡسَنُ؛ هَٰكَذَا حَدَّثَنَا مَحۡمُودُ بۡنُ غَيۡلَانَ عَنۡ أَبِي دَاوُدَ، فَقَالَ: (أَمِينُ نَفۡسِهِ). وَحَدَّثَنَا غَيۡرُ مَحۡمُودٍ عَنۡ أَبِي دَاوُدَ، فَقَالَ: (أَمِيرُ نَفۡسِهِ، أَوۡ أَمِينُ نَفۡسِهِ) عَلَى الشَّكِّ، وَهَٰكَذَا رُوِيَ مِنۡ غَيۡرِ وَجۡهٍ عَنۡ شُعۡبَةَ (أَمِينُ، أَوۡ أَمِيرُ نَفۡسِهِ) عَلَى الشَّكِّ. وَحَدِيثُ أُمِّ هَانِىءٍ فِي إِسۡنَادِهِ مَقَالٌ. وَالۡعَمَلُ عَلَيۡهِ عِنۡدَ بَعۡضِ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ؛ أَنَّ الصَّائِمَ الۡمُتَطَوِّعَ إِذَا أَفۡطَرَ فَلَا قَضَاءَ عَلَيۡهِ، إِلَّا أَنۡ يُحِبَّ أَنۡ يَقۡضِيَهُ. وَهُوَ قَوۡلُ سُفۡيَانَ الثَّوۡرِيِّ وَأَحۡمَدَ وَإِسۡحَاقَ وَالشَّافِعِيِّ. [المصدر نفسه]. 

732. [Sahih] Mahmud bin Ghailan telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Dawud menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Aku pernah mendengar Simak bin Harb berkata: Salah satu putra Ummu Hani` menceritakan kepadaku. Lalu aku berjumpa dengan yang paling mulia di antara mereka. Dia bernama Ja’dah. Ummu Hani` adalah neneknya. Dia menceritakan kepadaku dari neneknya bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah masuk ke tempatnya, lalu beliau meminta minuman, kemudian beliau meminumnya. Kemudian beliau menyodorkan minuman tersebut kepada Ummu Hani`, lalu Ummu Hani` meminumnya. 

Ummu Hani` berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku tadi puasa.” 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang berpuasa sunah adalah penanggung jawab dirinya. Jika dia mau, dia tetap berpuasa. Dan jika dia mau, dia boleh membatalkan puasa.” 

Syu’bah berkata: Aku bertanya kepadanya: Apakah engkau mendengar ini dari Ummu Hani`? Dia menjawab: Tidak. Abu Shalih dan salah seorang keluarga kami mengabarkan kepadaku dari Ummu Hani`. Hammad bin Salamah meriwayatkan hadis ini dari Simak bin Harb. Beliau berkata: Dari Harun, yaitu putra dari putrinya Ummu Hani`, dari Ummu Hani`. Riwayat Syu’bah lebih bagus. 

Seperti inilah Mahmud bin Ghailan menceritakan kepada kami dari Abu Dawud, beliau berkata, “Amīnu nafsihi (penanggung jawab dirinya).” Sedangkan selain Mahmud menceritakan kepada kami dari Abu Dawud, beliau berkata, “Amīru nafsihi (pembuat keputusan bagi dirinya) atau amīnu nafsihi,” dengan keraguan. Seperti ini pula diriwayatkan lebih dari satu jalur dari Syu’bah, “Amīnu atau Amīru nafsihi,” dengan keraguan. 

Hadis Ummu Hani` ada perbincangan dalam sanadnya. Namun, sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan selain mereka beramal sesuai hadis ini. Yaitu, bahwa orang yang berpuasa sunah apabila membatalkan puasa, maka tidak wajib kada atasnya, kecuali jika dia memang suka untuk mengadanya. Ini adalah pendapat Sufyan Ats-Tsauri, Ahmad, Ishaq, dan Asy-Syafi’i.