Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 730

٣٣ - بَابُ مَا جَاءَ لَا صِيَامَ لِمَنۡ لَمۡ يَعۡزِمۡ مِنَ اللَّيۡلِ 
33. Bab riwayat tidak ada puasa bagi siapa saja yang tidak berniat di malam hari 


٧٣٠ – (صحيح) حَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ مَنۡصُورٍ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ أَبِي مَرۡيَمَ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا يَحۡيَى بۡنُ أَيُّوبَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي بَكۡرٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ سَالِمِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ حَفۡصَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، قَالَ: (مَنۡ لَمۡ يُجۡمِعِ الصِّيَامَ قَبۡلَ الۡفَجۡرِ، فَلَا صِيَامَ لَهُ). حَدِيثُ حَفۡصَةَ، حَدِيثٌ لَا نَعۡرِفُهُ مَرۡفُوعًا إِلَّا مِنۡ هَٰذَا الۡوَجۡهِ. وَقَدۡ رُوِيَ عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ قَوۡلُهُ، وَهُوَ أَصَحُّ. وَهَٰكَذَا أَيۡضًا رُوِيَ هَٰذَا الۡحَدِيثُ عَنِ الزُّهۡرِيِّ مَوۡقُوفًا. وَلَا نَعۡلَمُ أَحَدًا رَفَعَهُ إِلَّا يَحۡيَى بۡنُ أَيُّوبَ. وَإِنَّمَا مَعۡنَى هَٰذَا عِنۡدَ بَعۡضِ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ: لَا صِيَامَ لِمَنۡ لَمۡ يُجۡمِعِ الصِّيَامَ قَبۡلَ طُلُوعِ الۡفَجۡرِ فِي رَمَضَانَ، أَوۡ فِي قَضَاءِ رَمَضَانَ، أَوۡ فِي صِيَامِ نَذۡرٍ إِذَا لَمۡ يَنۡوِهِ مِنَ اللَّيۡلِ لَمۡ يُجۡزِهِ، وَأَمَّا صِيَامُ التَّطَوُّعِ فَمُبَاحٌ لَهُ أَنۡ يَنۡوِيَهُ بَعۡدَ مَا أَصۡبَحَ. وَهُوَ قَوۡلُ الشَّافِعِيِّ، وَأَحۡمَدَ، وَإِسۡحَاقَ. [(ابن ماجه)(١٧٠٠)]. 

730. [Sahih] Ishaq bin Manshur telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ibnu Abu Maryam mengabarkan kepada kami. Beliau berkata: Yahya bin Ayyub mengabarkan kepada kami dari ‘Abdullah bin Abu Bakr, dari Ibnu Syihab, dari Salim bin ‘Abdullah, dari ayahnya, dari Hafshah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Siapa saja yang tidak berniat puasa sebelum fajar, maka puasanya tidak sah.” 

Hadis Hafshah adalah suatu hadis yang tidak kami ketahui marfuk kecuali dari jalur ini. Juga diriwayatkan sabda beliau ini dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar. Riwayat ini lebih sahih. 

Seperti ini pula hadis ini diriwayatkan dari Az-Zuhri secara mauquf. Kami tidak mengetahui seorang pun yang menyampaikan riwayat tersebut sampai kepada Nabi kecuali Yahya bin Ayyub. 

Makna hadis ini menurut sebagian ulama adalah tidak sah puasa bagi siapa saja yang tidak berniat puasa sebelum terbitnya fajar dalam puasa Ramadan, atau kada puasa Ramadan, atau puasa nazar. Jika dia tidak meniatkannya di malam hari, maka tidak sah. Adapun puasa sunah, maka boleh dia meniatkan setelah subuh. Ini adalah pendapat Asy-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq.