Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 736 dan 737

٣٧ - بَابُ مَا جَاءَ فِي وِصَالِ شَعۡبَانَ بِرَمَضَانَ 
37. Bab riwayat tentang menyambung puasa Syakban dengan Ramadan 


٧٣٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ مَهۡدِيٍّ، عَنۡ سُفۡيَانَ، عَنۡ مَنۡصُورٍ، عَنۡ سَالِمِ بۡنِ أَبِي الۡجَعۡدِ، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ أُمِّ سَلَمَةَ، قَالَتۡ: مَا رَأَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يَصُومُ شَهۡرَيۡنِ مُتَتَابِعَيۡنِ إِلَّا شَعۡبَانَ وَرَمَضَانَ. وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عَائِشَةَ. حَدِيثُ أُمِّ سَلَمَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ. وَقَدۡ رُوِيَ هَٰذَا الۡحَدِيثُ أَيۡضًا، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ أَنَّهَا قَالَتۡ: مَا رَأَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ فِي شَهۡرٍ أَكۡثَرَ صِيَامًا مِنۡهُ فِي شَعۡبَانَ، كَانَ يَصُومُهُ إِلَّا قَلِيلًا بَلۡ كَانَ يَصُومُهُ كُلَّهُ. [(ابن ماجه)(١٦٤٨)]. 

736. [Sahih] Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdurrahman bin Mahdi menceritakan kepada kami dari Sufyan, dari Manshur, dari Salim bin Abu Al-Ja’d, dari Abu Salamah, dari Ummu Salamah. Beliau mengatakan: Aku tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa dua bulan berturut-turut kecuali Syakban dan Ramadan. 

Di dalam bab ini ada riwayat dari ‘Aisyah. Hadis Ummu Salamah adalah hadis hasan. Hadis ini juga diriwayatkan dari Abu Salamah, dari ‘Aisyah, bahwa beliau mengatakan: Aku tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih banyak berpuasa daripada di bulan Syakban. Beliau senantiasa berpuasa di bulan itu kecuali sedikit, bahkan beliau pernah berpuasa di seluruh bulan itu. 

٧٣٧ – (حسن صحيح) حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدَةُ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ عَمۡرٍو، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ بِذٰلِكَ. وَقَدۡ رَوَى سَالِمٌ أَبُو النَّضۡرِ وَغَيۡرُ وَاحِدٍ عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ عَنۡ عَائِشَةَ نَحۡوَ رِوَايَةِ مُحَمَّدِ بۡنِ عَمۡرٍو. وَرُوِيَ عَنِ ابۡنِ الۡمُبَارَكِ أَنَّهُ قَالَ فِي هَٰذَا الۡحَدِيثِ: هُوَ جَائِزٌ فِي كَلَامِ الۡعَرَبِ، إِذَا صَامَ أَكۡثَرَ الشَّهۡرِ أَنۡ يُقَالَ: صَامَ الشَّهۡرَ كُلَّهُ، وَيُقَالُ: قَامَ فُلَانٌ لَيۡلَهُ أَجۡمَعَ، وَلَعَلَّهُ تَعَشَّى وَاشۡتَغَلَ بِبَعۡضِ أَمۡرِهِ. كَأَنَّ ابۡنَ الۡمُبَارَكِ قَدۡ رَأَى كِلَا الۡحَدِيثَيۡنِ مُتَّفِقَيۡنِ. يَقُولُ: إِنَّمَا مَعۡنَى هَٰذَا الۡحَدِيثِ أَنَّهُ كَانَ يَصُومُ أَكۡثَرَ الشَّهۡرِ. [المصدر نفسه]. 

737. [Hasan sahih] Hannad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdah menceritakan kepada kami dari Muhammad bin ‘Amr. Beliau berkata: Abu Salamah menceritakan itu kepada kami dari ‘Aisyah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Salim Abu An-Nadhr dan lebih dari satu orang meriwayatkan dari Abu Salamah, dari ‘Aisyah semisal riwayat Muhammad bin ‘Amr. Diriwayatkan dari Ibnu Al-Mubarak bahwa beliau berkata tentang hadis ini: Ini boleh dalam ucapan orang Arab. Apabila seseorang berpuasa di sebagian besar hari dalam satu bulan, boleh untuk dikatakan bahwa dia berpuasa di seluruh bulan itu. Boleh pula dikatakan si Polan bangun (salat) sepanjang malam, padahal bisa jadi dia juga makan malam dan tersibukkan dengan sebagian urusannya. Seakan-akan Ibnu Al-Mubarak berpandangan bahwa dua hadis ini bersesuaian. Dia berpendapat: Bahwa makna hadis ini adalah bahwa beliau berpuasa pada sebagian besar bulan Syakban.