Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 789

٧٠ - بَابُ مَا جَاءَ فِيمَنۡ نَزَلَ بِقَوۡمٍ فَلَا يَصُومُ إِلَّا بِإِذۡنِهِمۡ 
70. Bab riwayat tentang orang yang singgah di tempat suatu kaum, maka dia tidak boleh berpuasa kecuali seizin mereka 


٧٨٩ – (ضعيف جدًا) حَدَّثَنَا بِشۡرُ بۡنُ مُعَاذٍ الۡعَقَدِيُّ الۡبَصۡرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ بۡنُ وَاقِدٍ الۡكُوفِيُّ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ، قَالَتۡ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَنۡ نَزَلَ عَلَى قَوۡمٍ، فَلَا يَصُومَنَّ، تَطَوُّعًا إِلَّا بِإِذۡنِهِمۡ). هَٰذَا حَدِيثٌ مُنۡكَرٌ. لَا نَعۡرِفُ أَحَدًا مِنَ الثِّقَاتِ رَوَى هَٰذَا الۡحَدِيثَ عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ. وَقَدۡ رَوَى مُوسَى بۡنُ دَاوُدَ، عَنۡ أَبِي بَكۡرٍ الۡمَدَنِيِّ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، نَحۡوًا مِنۡ هَٰذَا. وَهَٰذَا حَدِيثٌ ضَعِيفٌ أَيۡضًا، وَأَبُو بَكۡرٍ ضَعِيفٌ عِنۡدَ أَهۡلِ الۡحَدِيثِ. وَأَبُو بَكۡرٍ الۡمَدِينِيُّ الَّذِي رَوَى عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، اسۡمُهُ: الۡفَضۡلُ بۡنُ مُبَشِّرٍ، وَهُوَ أَوۡثَقُ مِنۡ هَٰذَا وَأَقۡدَمُ. [(ابن ماجه)(١٧٦٣)]. 

789. [Sangat daif] Bisyr bin Mu’adz Al-‘Aqadi Al-Bashri telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ayyub bin Waqid Al-Kufi menceritakan kepada kami dari Hisyam bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari ‘Aisyah; Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang singgah di tempat suatu kaum, maka jangan sekali-kali dia berpuasa sunah kecuali seizin mereka.” 

Ini adalah hadis munkar. Kami tidak mengetahui seorang pun di antara orang yang tepercaya meriwayatkan hadis ini dari Hisyam bin ‘Urwah. Musa bin Dawud telah meriwayatkan dari Abu Bakr Al-Madani, dari Hisyam bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari ‘Aisyah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semisal hadis ini. Namun ini juga hadis daif. Abu Bakr Al-Madani daif menurut para ahli hadis. Sedangkan Abu Bakr Al-Madini—yang meriwayatkan dari Jabir bin ‘Abdullah—bernama Al-Fadhl bin Mubasysyir dan dia lebih bisa dipercaya dan lebih senior daripada Abu Bakr Al-Madani.