Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 790 dan 791

٧١ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الاِعۡتِكَافِ 
71. Bab riwayat tentang iktikaf 


٧٩٠ – (صحيح) حَدَّثَنَا مَحۡمُودُ بۡنُ غَيۡلَانَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا مَعۡمَرٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ الۡمُسَيِّبِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ. وَعُرۡوَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ يَعۡتَكِفُ الۡعَشۡرَ الۡأَوَاخِرَ مِنۡ رَمَضَانَ حَتَّى قَبَضَهُ اللهُ. وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أُبَيِّ بۡنِ كَعۡبٍ، وَأَبِي لَيۡلَى، وَأَبِي سَعِيدٍ، وَأَنَسٍ، وَابۡنِ عُمَرَ. حَدِيثُ أَبِي هُرَيۡرَةَ وَعَائِشَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. [(الإرواء)(٩٦٦)، (صحيح أبي داود)(١٢٢٥): ق]. 

790. [Sahih] Mahmud bin Ghailan telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ma’mar mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Sa’id bin Al-Musayyib, dari Abu Hurairah. Dan ‘Urwah dari ‘Aisyah. Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu biasa beriktikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan sampai Allah mewafatkannya. 

Di dalam bab ini ada riwayat dari Ubayy bin Ka’b, Abu Laila, Abu Sa’id, Anas, dan Ibnu ‘Umar. Hadis Abu Hurairah dan ‘Aisyah adalah hadis hasan sahih. 

٧٩١ – (صحيح) حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ سَعِيدٍ، عَنۡ عَمۡرَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ، قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ إِذَا أَرَادَ أَنۡ يَعۡتَكِفَ صَلَّى الۡفَجۡرَ ثُمَّ دَخَلَ فِي مُعۡتَكَفِهِ. وَقَدۡ رُوِيَ هَٰذَا الۡحَدِيثُ عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ سَعِيدٍ، عَنۡ عَمۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، مُرۡسَلًا. رَوَاهُ مَالِكٌ وَغَيۡرُ وَاحِدٍ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ سَعِيدِ، عَنۡ عَمۡرَةَ مُرۡسَلًا. وَرَوَاهُ الۡأَوۡزَاعِيُّ وَسُفۡيَانُ الثَّوۡرِيُّ وَغَيۡرُ وَاحِدٍ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ سَعِيدٍ، عَنۡ عَمۡرَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا الۡحَدِيثِ عِنۡدَ بَعۡضِ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ. يَقُولُونَ: إِذَا أَرَادَ الرَّجُلُ أَنۡ يَعۡتَكِفَ، صَلَّى الۡفَجۡرَ ثُمَّ دَخَلَ فِي مُعۡتَكَفِهِ. وَهُوَ قَوۡلُ أَحۡمَدَ، وَإِسۡحَاقَ بۡنِ إِبۡرَاهِيمَ. وَقَالَ بَعۡضُهُمۡ: إِذَا أَرَادَ أَنۡ يَعۡتَكِفَ فَلۡتَغِبۡ لَهُ الشَّمۡسُ مِنَ اللَّيۡلَةِ الَّتِي يُرِيدُ أَنۡ يَعۡتَكِفَ فِيهَا مِنَ الۡغَدِ، وَقَدۡ قَعَدَ فِي مُعۡتَكَفِهِ. وَهُوَ قَوۡلُ سُفۡيَانَ الثَّوۡرِيِّ، وَمَالِكِ بۡنِ أَنَسٍ. [(ابن ماجه)(١٧٧١): ق]. 

791. [Sahih] Hannad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari Yahya bin Sa’id, dari ‘Amrah, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Dahulu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila ingin beriktikaf, beliau salat Subuh kemudian masuk ke tempat iktikafnya. 

Hadis ini telah diriwayatkan dari Yahya bin Sa’id, dari ‘Amrah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam secara mursal. Malik dan lebih dari seorang meriwayatkannya dari Yahya bin Sa’id, dari ‘Amrah secara mursal. Al-Auza’i, Sufyan Ats-Tsauri, dan lebih dari seorang meriwayatkannya dari Yahya bin Sa’id, dari ‘Amrah, dari ‘Aisyah. 

Sebagian ulama beramal sesuai hadis ini. Mereka berkata: Apabila seseorang ingin beriktikaf, maka dia salat Subuh kemudian masuk ke tempat iktikafnya. Ini adalah pendapat Ahmad dan Ishaq bin Ibrahim. Sebagian mereka berkata: Apabila ingin beriktikaf maka dia masuk ke tempat iktikafnya ketika matahari telah tenggelam di malam hari yang ia hendak iktikaf esoknya. Ini adalah pendapat Sufyan Ats-Tsauri dan Malik bin Anas.