Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3611

٣٦١١ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ كَثِيرٍ: أَخۡبَرَنَا سُفۡيَانُ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ خَيۡثَمَةَ، عَنۡ سُوَيۡدِ بۡنِ غَفَلَةَ قَالَ: قَالَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: إِذَا حَدَّثۡتُكُمۡ عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ، فَلَأَنۡ أَخِرَّ مِنَ السَّمَاءِ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنۡ أَنۡ أَكۡذِبَ عَلَيۡهِ، وَإِذَا حَدَّثۡتُكُمۡ فِيمَا بَيۡنِي وَبَيۡنَكُمۡ، فَإِنَّ الۡحَرۡبَ خَدۡعَةٌ، سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (يَأۡتِي فِي آخِرِ الزَّمَانِ قَوۡمٌ، حُدَثَاءُ الۡأَسۡنَانِ، سُفَهَاءُ الۡأَحۡلَامِ، يَقُولُونَ مِنۡ خَيۡرِ قَوۡلِ الۡبَرِيَّةِ، يَمۡرُقُونَ مِنَ الۡإِسۡلَامِ كَمَا يَمۡرُقُ السَّهۡمُ مِنَ الرَّمِيَّةِ، لَا يُجَاوِزُ إِيمَانُهُمۡ حَنَاجِرَهُمۡ، فَأَيۡنَمَا لَقِيتُمُوهُمۡ فَاقۡتُلُوهُمۡ، فَإِنَّ قَتۡلَهُمۡ أَجۡرٌ لِمَنۡ قَتَلَهُمۡ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ). [الحديث ٣٦١١ – طرفاه في: ٥٠٥٧، ٦٩٣٠]. 

3611. Muhammad bin Katsir telah menceritakan kepada kami: Sufyan mengabarkan kepada kami dari Al-A’masy, dari Khaitsamah, dari Suwaid bin Ghaflah. Beliau berkata: ‘Ali radhiyallahu ‘anhu berkata: Apabila aku menceritakan kepada kalian dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka sungguh aku jatuh dari langit lebih aku sukai daripada aku berdusta atas nama beliau. Namun, apabila aku menceritakan kepada kalian tentang antara aku dengan kalian, maka sesungguhnya perang adalah tipu muslihat. Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Akan datang di akhir zaman suatu kaum yang masih muda umurnya dan bodoh akalnya. Mereka mengatakan ucapan makhluk yang terbaik. Mereka melesat keluar dari Islam sebagaimana anak panah menembus keluar dari sasarannya. Iman mereka tidak melampaui tenggorokan mereka. Di mana saja kalian menjumpai mereka, maka bunuhlah mereka (di bawah komando pemerintah). Karena ada pahala pada hari kiamat bagi yang membunuh mereka.”