Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 1279 dan 1280

٤٩ - بَابُ مَا جَاءَ فِي كَرَاهِيَةِ ثَمَنِ الۡكَلۡبِ وَالسِّنَّوۡرِ 
49. Bab riwayat tentang dibencinya hasil penjualan anjing dan kucing 


١٢٧٩ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ حُجۡرٍ وَعَلِيُّ بۡنُ خَشۡرَمٍ، قَالَا: حَدَّثَنَا عِيسَى بۡنُ يُونُسَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ أَبِي سُفۡيَانَ، عَنۡ جَابِرٍ، قَالَ: نَهَى رَسُولُ اللهِ ﷺ عَنۡ ثَمَنِ الۡكَلۡبِ وَالسِّنَّوۡرِ. هَٰذَا حَدِيثٌ فِي إِسۡنَادِهِ اضۡطِرَابٌ. وَلَا يَصِحُّ فِي ثَمَنِ السِّنَّوۡرِ. وَقَدۡ رُوِيَ هَٰذَا الۡحَدِيثُ عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ بَعۡضِ أَصۡحَابِهِ، عَنۡ جَابِرٍ، وَاضۡطَرَبُوا عَلَى الۡأَعۡمَشِ فِي رِوَايَةِ هَٰذَا الۡحَدِيثِ. وَقَدۡ كَرِهَ قَوۡمٌ مِنۡ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ ثَمَنَ الۡهِرِّ، وَرَخَّصَ فِيهِ بَعۡضُهُمۡ. وَهُوَ قَوۡلُ أَحۡمَدَ وَإِسۡحَاقَ. وَرَوَى ابۡنُ فُضَيۡلٍ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ مِنۡ غَيۡرِ هَٰذَا الۡوَجۡهِ. [(ابن ماجه)(٢١٦١): م]. 

1279. [Sahih] ‘Ali bin Hujr dan ‘Ali bin Khasyram telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: ‘Isa bin Yunus menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Abu Sufyan, dari Jabir. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang dari hasil penjualan anjing dan kucing. 

Ini adalah hadis yang ada kegoyahan dalam sanadnya dan tidak sahih tentang hasil penjualan kucing. Hadis ini telah diriwayatkan dari Al-A’masy, dari sebagian gurunya, dari Jabir. Mereka goyah pada Al-A’masy dalam riwayat hadis ini. Sebagian ulama membenci hasil penjualan kucing, sedangkan sebagian lainnya memberi rukhsah. Ini adalah pendapat Ahmad dan Ishaq. Ibnu Fudhail meriwayatkan dari Al-A’masy, dari Abu Hazim, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari jalur selain ini. 

١٢٨٠ – (ضعيف) حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ مُوسَى، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ، قَالَ: أَخۡبَرَنَا عُمَرُ بۡنُ زَيۡدٍ الصَّنۡعَانِيُّ، عَنۡ أَبِي الزُّبَيۡرِ، عَنۡ جَابِرٍ، قَالَ: نَهَى النَّبِيُّ ﷺ عَنۡ أَكۡلِ الۡهِرِّ وَثَمَنِهِ. هَٰذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ؛ وَعُمَرُ بۡنُ زَيۡدٍ، لَا نَعۡرِفُ كَبِيرَ أَحَدٍ رَوَى عَنۡهُ، غَيۡرَ عَبۡدِ الرَّزَّاقِ. [(ابن ماجه)(٣٢٥٠)]. 

1280. [Daif] Yahya bin Musa telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Umar bin Zaid Ash-Shan’ani mengabarkan kepada kami dari Abu Az-Zubair, dari Jabir. Beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang dari makan kucing dan dari hasil penjualannya. Ini adalah hadis garib. ‘Umar bin Zaid, kami tidak mengetahui satu pembesar rawi pun yang meriwayatkan darinya kecuali ‘Abdurrazzaq.