Cari Blog Ini

Syammas bin Utsman radhiyallahu ‘anhu

Bagai Tameng Dia Berjuang 


Nama lengkap beliau adalah Syammas bin Utsman bin Asy Syarid bin Suwaid bin Haramy bin ‘Amir bin Mahzum Al Qurasy Al Mahzumi radhiyallahu ‘anhu. Sebagian ulama menyatakan bahwa Syammas adalah laqab (nama panggilan) beliau. Sedang nama beliau adalah Utsman bin Utsman. Beliau dijuluki dengan Syammas bermula dari datangnya seorang pelayan gereja (syamaamasah) ke negeri Mekah di masa jahiliyah yang berwajah elok. Maka manusia merasa kagum dengan keelokan wajah pelayan gereja tersebut. Maka Utbah bin Rabiah, paman dari Syammas mengatakan; aku akan datangkan kepada kalian dengan Syammas (dalam bahasa Yunani maknanya adalah pelayan) yang lebih baik darinya. Maka didatangkanlah Utsman bin Utsman, putra dari saudari Utbah. 

Beliau memang seorang yang memiliki wajah yang tampan. Ibunya adalah Shafiyah bintu Rabiiah bin Abdis Syams bin Abdi Manaf bin Qusay, saudari Syaibah bin Rabiiah dan Utbah bin Rabiiah. Beliau memiliki beberapa istri, nama mereka adalah Na’ma bintu Hisaan, Shafiyah bintu Ubaid bin Rabiiah bin Abdi Syams, dan Ummu Habiib bintu Sai bin Yarbuk bin ‘Ankasyah bin ‘Amir bin Mahzum. Ummu Habiib termasuk wanita muhajirat yang pertama ke Negeri Habasyah. Dari Ummu Habiib lahirlah putra beliau bernama Abdullah. 

KEISLAMAN 


Beliau termasuk shahabat generasi awal dan bagian dari As Sabiqunal awwalun. Berjuang di Mekah bersama segelintir shahabat utama. Mengalami intimidasi, dan gangguan dari kaumnya sebagaimana muslimin lainnya. Wajarlah bila beliau memiliki keutamaan yang besar. Saat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengizinkan untuk berhijrah ke Negeri Habasyah demi membela dan mempertahankan agamanya, beliau pun adalah salah satu di antara yang melakukan hijrah ke Habasyah kedua bersama tujuh puluh sekian orang Muhajirin.

Syammas juga termasuk yang ikut hijrah ke Madinah. Oleh karenanya beliau adalah shahabat yang mengalami dua kali hijrah. Ini adalah satu keutamaan beliau. Tempat beliau menetap di Kota Madinah adalah rumah Mubasyir bin Abdil Mundzir. Beliau terus tinggal dalam rumah tersebut, hingga beliau meninggal dalam perang Uhud.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mempersaudarakan beliau dengan Handhalah bin Amir, salah seorang pemberani dalam Islam. Tepat sekali pilihan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebab Syammas juga termasuk pemberani dalam kancah peperangan. Dalam perjalanan keislaman, tercatat dalam sejarah bahwa beliau ikut serta dalam kancah Perang Badar dan Perang Uhud.

WAFATNYA 


Kisah meninggalnya Syammas, layaknya kisah kepahlawanan yang terus menimbulkan decak kekaguman. Perjuangan beliau adalah potret keberanian, kegigihan, kesabaran, pengorbanan, dan kecintaan terhadap Allah, Rasul-Nya, dan agamanya. Beliau meninggal dalam kancah Perang Uhud, di tahun ketiga hijriyah. Kisah tentang kepahlawanan beliau saat Perang Uhud, begitu agung. Sampai-sampai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan kepadanya, saat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat perjuangan beliau: 
مَا وَجَدۡتُ لِشَمَّاسٍ شَبيهًا إِلَّا بِالۡجُنَّةِ 
“Aku tidak mendapati Syammas kecuali bagaikan sebuah tameng.” 

Saat itu, pandangan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa mendapatkan sosok Syammas berada di hadapan beliau. Bergerak dengan lincah ke kanan dan ke kiri. Bertempur demi melindungi dan membela Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari kepungan dan serangan musyrikin kepada beliau. Beliau jadikan badan beliau seperti sebuah tameng yang menghalangi serangan-serangan senjata musuh kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga akhirnya Ubay bin Khalaf Al Jumahi berhasil menumbangkan dan mengalahkan Syammas. 

Maka, saat pertempuran berakhir, tubuh Syammas yang sudah tak berdaya dan menyisakan detik-detik kematian tersebut dibawa ke Negeri Madinah. Beliau pun dibawa ke rumah Ummul Mukminin Aisyah. Namun, Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha mengatakan, “Anak pamanku, bagaimana dibawa di rumah selainku!” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun memerintahkan untuk memindahkan beliau ke rumah Ummul Mukminin Ummu Salamah. Setelah sehari semalam berada di rumah tersebut Syammas pun meninggal. Maka setelah meninggal di rumah tersebut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan para shahabat untuk mengubur beliau di medan Uhud, dengan tetap mengenakan pakaian yang ia pakai tanpa dikafani. Ini sebagai tanda bahwa beliau meninggal dalam keadaan syahid dalam pertempuran Uhud. Sebagian pendapat mengatakan bahwa beliau dikubur di Baqi’, sehingga beliau adalah satu-satunya syuhada’ Uhud yang dikubur di Baqi’. Meninggal saat umur beliau 34 tahun. Semoga Allah meridainya. [Ustadz Hammam] 


Sumber: Majalah Tashfiyah edisi 88 vol.07 1440H/2019M rubrik Figur.