Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 2260

٧٣ – بَابٌ
73. Bab


٢٢٦٠ – (صحيح) حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ مُوسَى الۡفَزَارِيُّ ابۡنُ بِنۡتِ السُّدِّيِّ الۡكُوفِيِّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عُمَرُ بۡنُ شَاكِرٍ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (يَأۡتِي عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ الصَّابِرُ فِيهِمۡ عَلَى دِينِهِ كَالۡقَابِضِ عَلَى الۡجَمۡرِ). هَٰذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ مِنۡ هَٰذَا الۡوَجۡهِ، وَعُمَرُ بۡنُ شَاكِرٍ شَيۡخٌ بَصۡرِيٌّ قَدۡ رَوَى عَنۡهُ غَيۡرُ وَاحِدٍ مِنۡ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ. [(الصحيحة)(٩٥٧)]. 

2260. [Sahih] Isma’il bin Musa Al-Fazari, putra dari putri As-Suddi, Al-Kufi telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Umar bin Syakir menceritakan kepada kami dari Anas bin Malik. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Suatu zaman akan datang kepada manusia. Saat itu orang yang sabar di tengah-tengah mereka di atas agamanya bagaikan orang yang menggenggam bara api.” 

Ini adalah hadis garib dari jalur ini. ‘Umar bin Syakir adalah seorang syekh dari Bashrah. Lebih dari seorang ulama yang meriwayatkan darinya.