Cari Blog Ini

Sunan Ibnu Majah hadits nomor 3986, 3987, dan 3988

١٥ - بَابُ بَدَأَ الۡإِسۡلَامُ غَرِيبًا 
15. Bab Islam mulai dalam keadaan asing 


٣٩٨٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ، وَيَعۡقُوبُ بۡنُ حُمَيۡدِ بۡنِ كَاسِبٍ، وَسُوَيۡدُ بۡنُ سَعِيدٍ؛ قَالُوا: حَدَّثَنَا مَرۡوَانُ بۡنُ مُعَاوِيَةَ الۡفَزَارِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بۡنُ كَيۡسَانَ، عَنۡ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ؛ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (بَدَأَ الۡإِسۡلَامُ غَرِيبًا، وَسَيَعُودُ غَرِيبًا، فَطُوبَى لِلۡغُرَبَاءِ). [(الروض النضير)(٣٥٠)، (الصحيحة)(١٢٧٣): م]. 

3986. [Sahih] ‘Abdurrahman bin Ibrahim, Ya’qub bin Humaid bin Kasib, dan Suwaid bin Sa’id telah menceritakan kepada kami. Mereka berkata: Marwan bin Mu’awiyah Al-Fazari menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Yazid bin Kaisan menceritakan kepada kami dari Abu Hazim, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Islam mulai dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing. Maka, berbahagialah orang-orang yang asing.” 

٣٩٨٧ – (حسن صحيح) حَدَّثَنَا حَرۡمَلَةُ بۡنُ يَحۡيَى، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ وَهۡبٍ، قَالَ: أَنۡبَأَنَا عَمۡرُو بۡنُ الۡحَارِثِ وَابۡنُ لَهِيعَةَ، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ أَبِي حَبِيبٍ، عَنۡ سِنَانِ بۡنِ سَعۡدٍ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ، عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ قَالَ: (إِنَّ الۡإِسۡلَامَ بَدَأَ غَرِيبًا، وَسَيَعُودُ غَرِيبًا، فَطُوبَى لِلۡغُرَبَاءِ). [(الروض النضير) أَيضًا]. 

3987. [Hasan sahih] Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdullah bin Wahb menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Amr bin Al-Harits dan Ibnu Lahi’ah memberitakan kepada kami dari Yazid bin Abu Habib, dari Sinan bin Sa’d, dari Anas bin Malik, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Sesungguhnya Islam mulai dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing. Maka, berbahagialah orang-orang yang asing.” 

٣٩٨٨ – (صحيح عدا ما بين المعقوفتين فهو (ضعيف)) حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ وَكِيعٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا حَفۡصُ بۡنُ غِيَاثٍ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ أَبِي الۡأَحۡوَصِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ؛ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِنَّ الۡإِسۡلَامَ بَدَأَ غَرِيبًا وَسَيَعُودُ غَرِيبًا، فَطُوبَى لِلۡغُرَبَاءِ). [قَالَ: قِيلَ: وَمَنِ الۡغُرَبَاءُ قَالَ: (النُّزَّاعُ مِنَ الۡقَبَائِلِ)]. [(الصحيحة)(٣/٢٦٩)]. 

3988. [Sahih selain yang di antara dua tanda kurung, itu daif] Sufyan bin Waki’ telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Hafsh bin Ghiyats menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Abu Ishaq, dari Abu Al-Ahwash, dari ‘Abdullah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Islam mulai dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing. Maka, kebahagiaanlah bagi orang-orang yang asing.” 

[Beliau berkata: Ada yang bertanya, “Siapa orang-orang yang asing?” Beliau menjawab, “Orang-orang yang terasing dari kabilah-kabilahnya.”]