Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 2629

١٣ - بَابُ مَا جَاءَ أَنَّ الۡإِسۡلَامَ بَدَأَ غَرِيبًا وَسَيَعُودُ غَرِيبًا
13. Bab riwayat bahwa Islam mulai dalam keadaan asing dan akan kembali asing


٢٦٢٩ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيۡبٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا حَفۡصُ بۡنُ غِيَاثٍ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ أَبِي الۡأَحۡوَصِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِنَّ الۡإِسۡلَامَ بَدَأَ غَرِيبًا وَسَيَعُودُ غَرِيبًا كَمَا بَدَأَ، فَطُوبَى لِلۡغُرَبَاءِ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ سَعۡدٍ، وَابۡنِ عُمَرَ، وَجَابِرٍ، وَأَنَسٍ، وَعَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ مِنۡ حَدِيثِ ابۡنِ مَسۡعُودٍ، إِنَّمَا نَعۡرِفُهُ مِنۡ حَدِيثِ حَفۡصِ بۡنِ غِيَاثٍ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ. وَأَبُو الۡأَحۡوَصِ اسۡمُهُ: عَوۡفُ بۡنُ مَالِكِ بۡنِ نَضۡلَةَ الۡجُشَمِيُّ. تَفَرَّدَ بِهِ حَفۡصٌ. [(ابن ماجه)(٣٩٨٨): م].

2629. [Sahih] Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Hafsh bin Ghiyats menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Abu Ishaq, dari Abu Al-Ahwash, dari ‘Abdullah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Islam mulai dalam keadaan asing dan akan kembali dalam keadaan asing sebagaimana permulaannya. Maka, kebahagiaan bagi orang-orang yang asing.” 

Di dalam bab ini ada riwayat dari Sa’d, Ibnu ‘Umar, Jabir, Anas, dan ‘Abdullah bin ‘Amr. Ini adalah hadis hasan sahih garib dari hadis Ibnu Mas’ud. Kami hanya mengetahuinya dari hadis Hafsh bin Ghiyats, dari Al-A’masy. Abu Al-Ahwash bernama ‘Auf bin Malik bin Nadhlah Al-Jusyami. Hafsh bersendirian meriwayatkannya.