Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 194

٤٦ - بَابُ صَبِّ النَّبِيِّ ﷺ وَضُوءَهُ عَلَى الۡمُغۡمَى عَلَيۡهِ
46. Bab penuangan Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—air wudunya kepada orang yang pingsan 


١٩٤ - حَدَّثَنَا أَبُو الۡوَلِيدِ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ الۡمُنۡكَدِرِ قَالَ: سَمِعۡتُ جَابِرًا يَقُولُ: جَاءَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَعُودُنِي وَأَنَا مَرِيضٌ لَا أَعۡقِلُ، فَتَوَضَّأَ وَصَبَّ عَلَىَّ مِنۡ وَضُوئِهِ، فَعَقَلۡتُ، فَقُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ لِمَنِ الۡمِيرَاثُ، إِنَّمَا يَرِثُنِي كَلَالَةٌ؟ فَنَزَلَتۡ آيَةُ الۡفَرَائِضِ. [الحديث ١٩٤ – أطرافه في: ٤٥٧٧، ٥٦٥١، ٥٦٦٤، ٥٦٧٦، ٦٧٢٣، ٦٧٤٣، ٧٣٠٩]. 

194. Abu Al-Walid telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami dari Muhammad bin Al-Munkadir. Beliau berkata: Aku mendengar Jabir mengatakan: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—datang menjengukku ketika aku sakit hingga tidak sadar. Lalu beliau berwudu dan menuangkan sebagian air wudunya kepadaku, kemudian aku siuman. Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, untuk siapa harta warisanku? Aku tidak memiliki ayah dan anak.” Kemudian ayat faraid turun.