Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 235, 236, dan 237

٧١ - بَابُ مَا يَقَعُ مِنَ النَّجَاسَاتِ فِي السَّمۡنِ وَالۡمَاءِ
71. Bab tentang najis yang jatuh ke dalam minyak samin dan air


وَقَالَ الزُّهۡرِيُّ: لَا بَأۡسَ بِالۡمَاءِ مَا لَمۡ يُغَيِّرۡهُ طَعۡمٌ أَوۡ رِيحٌ أَوۡ لَوۡنٌ. 

Az-Zuhri berkata, “Tidak mengapa (bersuci) dengan air selama rasa, bau, atau warnanya tidak berubah.” 

وَقَالَ حَمَّادٌ: لَا بَأۡسَ بِرِيشِ الۡمَيۡتَةِ. 

Hammad berkata, “Bulu-bulu bangkai tidak masalah (yaitu tidak najis).” 

وَقَالَ الزُّهۡرِيُّ - فِي عِظَامِ الۡمَوۡتَى، نَحۡوَ الۡفِيلِ وَغَيۡرِهِ -: أَدۡرَكۡتُ نَاسًا مِنۡ سَلَفِ الۡعُلَمَاءِ، يَمۡتَشِطُونَ بِهَا، وَيَدَّهِنُونَ فِيهَا، لَا يَرَوۡنَ بِهِ بَأۡسًا. 

Az-Zuhri berkata tentang tulang bangkai hewan seperti gajah atau selainnya, “Aku mendapati beberapa orang ulama terdahulu, mereka bersisir menggunakannya dan mewadahi minyak di situ, serta mereka berpendapat hal itu tidak masalah.” 

وَقَالَ ابۡنُ سِيرِينَ وَإِبۡرَاهِيمُ: وَلَا بَأۡسَ بِتِجَارَةِ الۡعَاجِ. 

Ibnu Sirin dan Ibrahim berkata, “Tidak mengapa memperdagangkan gading gajah.” 

٢٣٥ - حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ قَالَ: حَدَّثَنِي مَالِكٌ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، عَنۡ مَيۡمُونَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ سُئِلَ عَنۡ فَأۡرَةٍ سَقَطَتۡ فِي سَمۡنٍ، فَقَالَ: (أَلۡقُوهَا وَمَا حَوۡلَهَا فَاطۡرَحُوهُ، وَكُلُوا سَمۡنَكُمۡ). 

[الحديث ٢٣٥ – أطرافه في: ٢٣٦، ٥٥٣٨، ٥٥٣٩، ٥٥٤٠]. 

235. Isma’il telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Malik menceritakan kepadaku dari Ibnu Syihab, dari ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah, dari Ibnu ‘Abbas, dari Maimunah: Bahwa Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ditanya tentang tikus yang jatuh ke dalam minyak samin, lantas beliau bersabda, “Buanglah tikus itu dan yang di sekitarnya, lalu silakan konsumsi minyak samin kalian.” 

٢٣٦ - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ قَالَ: حَدَّثَنَا مَعۡنٌ قَالَ: حَدَّثَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُتۡبَةَ بۡنِ مَسۡعُودٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، عَنۡ مَيۡمُونَةَ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ سُئِلَ عَنۡ فَأۡرَةٍ سَقَطَتۡ فِي سَمۡنٍ، فَقَالَ: (خُذُوهَا وَمَا حَوۡلَهَا فَاطۡرَحُوهُ). قَالَ مَعۡنٌ: حَدَّثَنَا مَالِكٌ مَا لَا أُحۡصِيهِ، يَقُولُ: عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، عَنۡ مَيۡمُونَةَ. [طرفه في: ٢٣٥]. 

236. ‘Ali bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ma’n menceritakan kepada kami. Beliau berkat: Malik menceritakan kepada kami dari Ibnu Syihab, dari ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah bin ‘Utbah bin Mas’ud, dari Ibnu ‘Abbas, dari Maimunah: Bahwa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ditanya tentang seekor tikus yang jatuh ke dalam minyak samin, lantas beliau bersabda, “Ambil tikus itu dan buanglah yang di sekitarnya!” 

Ma’n berkata: Malik menceritakan kepada kami riwayat yang tidak bisa aku hitung. Beliau berkata: Dari Ibnu ‘Abbas, dari Maimunah. 

٢٣٧ - حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ مُحَمَّدٍ قَالَ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ اللهِ قَالَ: أَخۡبَرَنَا مَعۡمَرٌ، عَنۡ هَمَّامِ بۡنِ مُنَبِّهٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (كُلُّ كَلۡمٍ يُكۡلَمُهُ الۡمُسۡلِمُ فِي سَبِيلِ اللهِ، يَكُونُ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ كَهَيۡئَتِهَا، إِذۡ طُعِنَتۡ، تَفَجَّرُ دَمًا، اللَّوۡنُ لَوۡنُ الدَّمِ، وَالۡعَرۡفُ عَرۡفُ الۡمِسۡكِ). [الحديث ٢٣٧ – طرفاه في: ٢٨٠٣، ٥٥٣٣]. 

237. Ahmad bin Muhammad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdullah mengabarkan kepada kami. Beliau berkata: Ma’mar mengabarkan kepada kami dari Hammam bin Munabbih, dari Abu Hurairah, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Beliau bersabda, “Setiap luka yang diderita seorang muslim di jalan Allah, maka luka itu akan tetap seperti keadaannya pada hari kiamat. Ketika dia ditusuk, maka kelak (dari lukanya) mengucur darah. Warnanya warna darah, namun aromanya wangi kesturi.”