Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 3372

٣٣٧٢ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ مَنِيعٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مَرۡوَانُ بۡنُ مُعَاوِيَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ ذَرٍّ، عَنۡ يُسَيۡعٍ، عَنِ النُّعۡمَانِ بۡنِ بَشِيرٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (الدُّعَاءُ هُوَ الۡعِبَادَةُ)، ثُمَّ قَرَأَ: ﴿وَقَالَ رَبُّكُمُ ادۡعُونِي أَسۡتَجِبۡ لَكُمۡ إِنَّ الَّذِينَ يَسۡتَكۡبِرُونَ عَنۡ عِبَادَتِي سَيَدۡخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ﴾ [غافر: ٦٠]. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَقَدۡ رَوَاهُ مَنۡصُورٌ، وَالۡأَعۡمَشُ، عَنۡ ذَرٍّ وَلَا نَعۡرِفُهُ إِلَّا مِنۡ حَدِيثِ ذَرٍّ. - هُوَ ذَرُّ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ الۡهَمۡدَانِيُّ، ثِقَةٌ، وَالِدُ عُمَرَ بۡنِ ذَرٍّ – [(ابن ماجه)(٣٨٢٨)]. 

3372. [Sahih] Ahmad bin Mani’ telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Marwan bin Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Dzarr, dari Yusai’, dari An-Nu’man bin Basyir, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Beliau bersabda, “Doa adalah ibadah.” 

Kemudian beliau membaca ayat yang artinya, “Tuhan kalian berfirman: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagi kalian. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku, mereka akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghafir: 60). 

Ini adalah hadis hasan sahih. Manshur dan Al-A’masy telah meriwayatkannya dari Dzarr. Kami tidak mengetahui hadis ini kecuali dari hadis Dzarr. Beliau adalah Dzarr bin ‘Abdullah Al-Hamdani, seorang rawi tepercaya. Ayah dari ‘Umar bin Darr.