Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1501

٦٩ - بَابُ اسۡتِعۡمَالِ إِبِلِ الصَّدَقَةِ وَأَلۡبَانِهَا لِأَبۡنَاءِ السَّبِيلِ
69. Bab penggunaan unta sedekah dan susunya untuk ibnusabil


١٥٠١ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى، عَنۡ شُعۡبَةَ: حَدَّثَنَا قَتَادَةُ، عَنۡ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ نَاسًا مِنۡ عُرَيۡنَةَ، اجۡتَوَوُا الۡمَدِينَةَ، فَرَخَّصَ لَهُمۡ رَسُولُ اللهِ ﷺ أَنۡ يَأۡتُوا إِبِلَ الصَّدَقَةِ، فَيَشۡرَبُوا مِنۡ أَلۡبَانِهَا وَأَبۡوَالِهَا، فَقَتَلُوا الرَّاعِيَ وَاسۡتَاقُوا الذَّوۡدَ، فَأَرۡسَلَ رَسُولُ اللهِ ﷺ، فَأُتِيَ بِهِمۡ، فَقَطَّعَ أَيۡدِيَهُمۡ وَأَرۡجُلَهُمۡ، وَسَمَرَ أَعۡيُنَهُمۡ، وَتَرَكَهُمۡ بِالۡحَرَّةِ يَعَضُّونَ الۡحِجَارَةَ. تَابَعَهُ أَبُو قِلَابَةَ، وَحُمَيۡدٌ، وَثَابِتٌ، عَنۡ أَنَسٍ. [طرفه في: ٢٣٣].

1501. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Yahya menceritakan kepada kami dari Syu’bah: Qatadah menceritakan kepada kami dari Anas—radhiyallahu ‘anhu—: 

Bahwa ada orang-orang dari ‘Urainah. Mereka tidak betah dengan iklim di Madinah. Lalu Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—memberi rukhsah kepada mereka untuk mendatangi unta-unta sedekah lalu mereka minum susu dan kencingnya. Namun kemudian mereka membunuh penggembalanya dan menghalau beberapa unta. 

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mengirim pasukan menangkap mereka, lalu mereka dibawa menghadap. Beliau memerintahkan untuk memotong tangan-tangan dan kaki-kaki mereka, mencungkil mata-mata mereka, dan meninggalkan mereka di tanah berbatu dalam keadaan menggigit batu. 

Abu Qilabah, Humaid, dan Tsabit mengiringi Qatadah dari Anas.