Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4328

٤٣٢٨ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡعَلَاءِ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنۡ بُرَيۡدِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، عَنۡ أَبِي بُرۡدَةَ، عَنۡ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: كُنۡتُ عِنۡدَ النَّبِيِّ ﷺ وَهُوَ نَازِلٌ بِالۡجِعۡرَانَةِ بَيۡنَ مَكَّةَ وَالۡمَدِينَةِ، وَمَعَهُ بِلَالٌ، فَأَتَى النَّبِيَّ ﷺ أَعۡرَابِيٌّ فَقَالَ: أَلَا تُنۡجِزُ لِي مَا وَعَدۡتَنِي؟ فَقَالَ لَهُ: (أَبۡشِرۡ). فَقَالَ: قَدۡ أَكۡثَرۡتَ عَلَىَّ مِنۡ أَبۡشِرۡ، فَأَقۡبَلَ عَلَى أَبِي مُوسَى وَبِلَالٍ كَهَيۡئَةِ الۡغَضۡبَانِ، فَقَالَ: (رَدَّ الۡبُشۡرَى، فَاقۡبَلَا أَنۡتُمَا). قَالَا: قَبِلۡنَا، ثُمَّ دَعَا بِقَدَحٍ فِيهِ مَاءٌ، فَغَسَلَ يَدَيۡهِ وَوَجۡهَهُ فِيهِ وَمَجَّ فِيهِ، ثُمَّ قَالَ: (اشۡرَبَا مِنۡهُ، وَأَفۡرِغَا عَلَى وُجُوهِكُمَا وَنُحُورِكُمَا وَأَبۡشِرَا). فَأَخَذَا الۡقَدَحَ فَفَعَلَا، فَنَادَتۡ أُمُّ سَلَمَةَ مِنۡ وَرَاءِ السِّتۡرِ: أَنۡ أَفۡضِلَا لِأُمِّكُمَا، فَأَفۡضَلَا لَهَا مِنۡهُ طَائِفَةً. [طرفه في: ١٨٨]. 

4328. Muhammad bin Al-‘Ala` telah menceritakan kepada kami: Abu Usamah menceritakan kepada kami dari Buraid bin ‘Abdullah, dari Abu Burdah, dari Abu Musa—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau mengatakan: 

Dahulu, aku berada di dekat Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ketika beliau singgah di Ji’ranah di antara Makkah dan Madinah. Ada Bilal bersama beliau. Lalu ada seorang arab badui datang kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—seraya bertanya, “Tidakkah engkau penuhi apa yang telah engkau janjikan kepadaku?” 

Nabi bersabda kepadanya, “Bergembiralah!” 

Si badui tadi berkata, “Engkau sudah sering mengucapkan ‘bergembiralah’ kepadaku.” 

Maka Nabi datang kepada Abu Musa dan Bilal seperti orang yang marah, lantas berkata, “Dia telah menolak kabar gembira, maka kalian berdua terimalah (kabar gembira).” 

Keduanya berkata, “Kami terima.” 

Kemudian Nabi minta untuk diambilkan sewadah air, lalu beliau membasuh kedua tangannya dan wajahnya di situ, serta beliau mengeluarkan kembali air dari mulut beliau ke situ. Kemudian beliau bersabda, “Minumlah darinya! Tuangkan ke wajah-wajah dan leher-leher bawah kalian dan bergembiralah!” Keduanya mengambil wadah itu dan melakukannya. 

Lalu Ummu Salamah berseru dari balik tabir, “Sisakan untuk ibunda kalian ini!” Maka keduanya menyisakan darinya untuk Ummu Salamah.