Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5454 dan 5455

٥٢ - بَابُ الۡمَضۡمَضَةِ بَعۡدَ الطَّعَامِ
52. Bab berkumur-kumur setelah makan


٥٤٥٤ - حَدَّثَنَا عَلِيٌّ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ: سَمِعۡتُ يَحۡيَى بۡنَ سَعِيدٍ، عَنۡ بُشَيۡرِ بۡنِ يَسَارٍ، عَنۡ سُوَيۡدِ بۡنِ النُّعۡمَانِ قَالَ: خَرَجۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ إِلَى خَيۡبَرَ، فَلَمَّا كُنَّا بِالصَّهۡبَاءِ دَعَا بِطَعَامٍ، فَمَا أُتِيَ إِلَّا بِسَوِيقٍ، فَأَكَلۡنَا، فَقَامَ إِلَى الصَّلَاةِ فَتَمَضۡمَضَ وَمَضۡمَضۡنَا. [طرفه في: ٢٠٩]. 

5454. ‘Ali telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami: Aku mendengar Yahya bin Sa’id dari Busyair bin Yasar, dari Suwaid bin An-Nu’man. Beliau mengatakan: Kami keluar berperang bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ke Khaibar. Ketika kami berada di Ash-Shahba`, beliau mengajak makan. Lalu tidak ada yang dihidangkan kecuali sawiq (makanan yang terbuat dari adonan gandum dan jelai). Kami pun makan. Lalu beliau berdiri untuk salat. Beliau berkumur-kumur dan kami juga berkumur-kumur. 

٥٤٥٥ - قَالَ يَحۡيَى: سَمِعۡتُ بُشَيۡرًا يَقُولُ: حَدَّثَنَا سُوَيۡدٌ: خَرَجۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ إِلَى خَيۡبَرَ، فَلَمَّا كُنَّا بِالصَّهۡبَاءِ، قَالَ يَحۡيَى: وَهِيَ مِنۡ خَيۡبَرَ عَلَى رَوۡحَةٍ، دَعَا بِطَعَامٍ فَمَا أُتِيَ إِلَّا بِسَوِيقٍ، فَلُكۡنَاهُ، فَأَكَلۡنَا مَعَهُ، ثُمَّ دَعَا بِمَاءٍ، فَمَضۡمَضَ وَمَضۡمَضۡنَا مَعَهُ، ثُمَّ صَلَّى بِنَا الۡمَغۡرِبَ، وَلَمۡ يَتَوَضَّأۡ. وَقَالَ سُفۡيَانُ: كَأَنَّكَ تَسۡمَعُهُ مِنۡ يَحۡيَى. [طرفه في: ٢٠٩]. 

5455. Yahya berkata: Aku mendengar Busyair berkata: Suwaid menceritakan kepada kami: Kami keluar berperang bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—menuju Khaibar. Ketika kami di Ash-Shahba`—Yahya berkata: Itu adalah suatu tempat yang termasuk Khaibar berjarak tempuh perjalanan setelah matahari melengser sampai sebelum tenggelam—, Rasulullah mengajak makan. Lalu tidak ada yang dihidangkan kecuali sawiq (makanan yang terbuat dari adonan gandum dan jelai). Kami mengunyahnya, lalu kami makan bersama beliau. Kemudian beliau minta air, lalu beliau berkumur-kumur dan kami juga berkumur-kumur bersama beliau. Kemudian beliau mengimami kami salat Magrib dan tidak berwudu lagi. 

Sufyan berkata (kepada ‘Ali): Sepertinya engkau mendengarnya langsung dari Yahya.