Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5538, 5539, dan 5540

٣٤ - بَابٌ إِذَا وَقَعَتِ الۡفَأۡرَةُ فِي السَّمۡنِ الۡجَامِدِ أَوِ الذَّائِبِ
34. Bab apabila tikus jatuh ke dalam minyak samin padat atau cair


٥٥٣٨ - حَدَّثَنَا الۡحُمَيۡدِيُّ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ: حَدَّثَنَا الزُّهۡرِيُّ قَالَ: أَخۡبَرَنِي عُبَيۡدُ اللهِ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُتۡبَةَ: أَنَّهُ سَمِعَ ابۡنَ عَبَّاسٍ يُحَدِّثُهُ: عَنۡ مَيۡمُونَةَ: أَنَّ فَأۡرَةً وَقَعَتۡ فِي سَمۡنٍ فَمَاتَتۡ، فَسُئِلَ النَّبِيُّ ﷺ عَنۡهَا فَقَالَ: (أَلۡقُوهَا وَمَا حَوۡلَهَا وَكُلُوهُ). قِيلَ لِسُفۡيَانَ: فَإِنَّ مَعۡمَرًا يُحَدِّثُهُ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ الۡمُسَيَّبِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ؟ قَالَ: مَا سَمِعۡتُ الزُّهۡرِيَّ يَقُولُ إِلَّا عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، عَنۡ مَيۡمُونَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ؛ وَلَقَدۡ سَمِعۡتُهُ مِنۡهُ مِرَارًا. [طرفه في: ٢٣٥]. 

5538. Al-Humaidi telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami: Az-Zuhri menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah bin ‘Utbah mengabarkan kepadaku: Bahwa beliau mendengar Ibnu ‘Abbas menceritakan kepadanya dari Maimunah: 

Bahwa ada seekor tikus jatuh ke dalam minyak samin lalu mati. Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ditanya perihal itu. Lantas beliau bersabda, “Buanglah tikus itu dan yang ada di sekitarnya, lalu silakan konsumsi minyak samin itu.” 

Ada yang berkata kepada Sufyan: Sesungguhnya Ma’mar menceritakan kepadanya dari Az-Zuhri, dari Sa’id bin Al-Musayyab, dari Abu Hurairah. 

Sufyan berkata: Aku tidak mendengar Az-Zuhri mengatakan kecuali dari ‘Ubaidullah, dari Ibnu ‘Abbas, dari Maimunah, dari Nabi—shallalahu ‘alaihi wa sallam—; Sungguh aku mendengar darinya berkali-kali. 

٥٥٣٩ - حَدَّثَنَا عَبۡدَانُ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ اللهِ عَنۡ يُونُسَ عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنِ الدَّابَّةِ تَمُوتُ فِي الزَّيۡتِ وَالسَّمۡنِ، وَهُوَ جَامِدٌ أَوۡ غَيۡرُ جَامِدٍ، الۡفَأۡرَةِ أَوۡ غَيۡرِهَا، قَالَ: بَلَغَنَا أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ أَمَرَ بِفَأۡرَةٍ مَاتَتۡ فِي سَمۡنٍ، فَأَمَرَ بِمَا قَرُبَ مِنۡهَا فَطُرِحَ، ثُمَّ أُكِلَ. عَنۡ حَدِيثِ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ. [طرفه في: ٢٣٥]. 

5539. ‘Abdan telah menceritakan kepada kami: ‘Abdullah mengabarkan kepada kami dari Yunus, dari Az-Zuhri, tentang binatang yang mati di dalam minyak zaitun dan samin, baik minyak itu berbentuk padat atau cair, baik berupa tikus atau selainnya. Az-Zuhri berkata: Hadis yang sampai kepada kami bahwa Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—memerintahkan membuang seekor tikus yang mati di dalam minyak samin dan yang ada di dekatnya. Setelah itu minyak samin itu bisa dikonsumsi. Riwayat ini dari hadis ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah. 

٥٥٤٠ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡعَزِيزِ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: حَدَّثَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، عَنۡ مَيۡمُونَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمۡ قَالَتۡ: سُئِلَ النَّبِيُّ ﷺ عَنۡ فَأۡرَةٍ سَقَطَتۡ فِي سَمۡنٍ، فَقَالَ: (أَلۡقُوهَا وَمَا حَوۡلَهَا وَكُلُوهُ). [طرفه في: ٢٣٥]. 

5540. ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami: Malik menceritakan kepada kami dari Ibnu Syihab, dari ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah, dari Ibnu ‘Abbas, dari Maimunah—radhiyallahu ‘anhum—. Beliau mengatakan: Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ditanya tentang seekor tikus yang jatuh ke dalam minyak samin. Beliau menjawab, “Buanglah tikus itu dan yang ada di sekitarnya. Lalu silakan manfaatkan minyak samin itu.”