Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 31

٢٧ – التَّنَزُّهُ عَنِ الۡبَوۡلِ
27. Bersuci dari kencing


٣١ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا هَنَّادُ بۡنُ السَّرِيِّ، عَنۡ وَكِيعٍ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، قَالَ: سَمِعۡتُ مُجَاهِدًا يُحَدِّثُ عَنۡ طَاوُسٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: مَرَّ رَسُولُ اللهِ ﷺ عَلَى قَبۡرَيۡنِ، فَقَالَ: (إِنَّهُمَا يُعَذَّبَانِ، وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ، أَمَّا هَٰذَا؛ فَكَانَ لَا يَسۡتَنۡزِهُ مِنۡ بَوۡلِهِ، وَأَمَّا هَٰذَا؛ فَإِنَّهُ كَانَ يَمۡشِي بِالنَّمِيمَةِ)، ثُمَّ دَعَا بِعَسِيبٍ رَطۡبٍ، فَشَقَّهُ بِاثۡنَيۡنِ، فَغَرَسَ عَلَى هَٰذَا وَاحِدًا، وَعَلَى هَٰذَا وَاحِدًا، ثُمَّ قَالَ: (لَعَلَّهُ يُخَفَّفُ عَنۡهُمَا مَا لَمۡ يَيۡبَسَا). خَالَفَهُ مَنۡصُورٌ. رَوَاهُ عَنۡ مُجَاهِدٍ عَنِ أَبِي عَبَّاسٍ وَلَمۡ يَذۡكُرۡ طَاوُسًا. [(إرواء الغليل)(١٧٨ و٢٨٣)، (ابن ماجه)(٣٤٧)، ق]. 

31. [Sahih] Hannad bin As-Sari telah mengabarkan kepada kami dari Waki’, dari Al-A’masy. Beliau berkata: Aku mendengar Mujahid menceritakan dari Thawus, dari Ibnu ‘Abbas. Beliau berkata: 

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—melewati dua kuburan, lalu beliau bersabda, “Sesungguhnya dua penghuni kubur ini sedang diazab. Keduanya tidak diazab dalam perkara yang besar (untuk ditinggalkan). Adapun yang ini, dia dahulunya tidak menyucikan diri dari kencingnya. Adapun yang ini, dia dahulunya suka mengadu domba.” 

Kemudian beliau minta sebatang pelepah kurma yang masih basah. Beliau membelahnya jadi dua. Beliau menanamkan satu batang ke kubur ini dan satu batang lagi ke kubur ini. Kemudian beliau bersabda, “Semoga azab diringankan dari keduanya selama dua batang pelepah ini belum kering.” 

Manshur berbeda dalam riwayatnya. Beliau meriwayatkannya dari Mujahid, dari Ibnu ‘Abbas. Beliau tidak menyebutkan Thawus.