9602. Abu Bisyr Al-Anshari
٩٦٠٢ - أَبُو بِشۡرٍ الۡأَنۡصَارِيُّ: ذَكَرَهُ ابۡنُ أَبِي خَيۡثَمَةَ،
وَأَخۡرَجَ مِنۡ طَرِيقِ مَخۡرَمَةَ بۡنِ بُكَيۡرٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ سَعِيدِ
بۡنِ نَافِعٍ، قَالَ: رَآنِي أَبُو الۡبِشۡرِ الۡأَنۡصَارِيُّ، صَاحِبُ رَسُولِ
اللهِ ﷺ، وَأَنَا أُصَلِّي حِينَ طَلَعَتِ الشَّمۡسُ، فَعَابَ عَلَيَّ ذٰلِكَ،
وَقَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا تُصَلُّوا حَتَّى تَرۡتَفِعَ، فَإِنَّهَا
إِنَّمَا تَطۡلُعُ بَيۡنَ قَرۡنَيۡ شَيۡطَانٍ)،
Abu Bisyr Al-Anshari. Ibnu Abu Khaitsamah menyebutkan beliau dan meriwayatkan
dari jalan Makhramah bin Bukair, dari ayahnya, dari Sa’id bin Nafi’. Beliau
berkata: Abu Al-Bisyr Al-Anshari—sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam—melihatku salat ketika matahari terbit. Beliau mengkritik perbuatanku
itu dan berkata: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Janganlah
kalian salat hingga (matahari) naik! Karena matahari terbit di antara dua
tanduk setan.”
وَغَايَرَ ابۡنُ أَبِي خَيۡثَمَةَ بَيۡنَهُ وَبَيۡنَ أَبِي بِشۡرٍ
الۡأَنۡصَارِيِّ الۡآتِي الۡمُخَرَّجِ حَدِيثُهُ فِي الصَّحِيحَيۡنِ، فَهَٰذَا
أَوَّلُهُ كَسۡرَةٌ، ثُمَّ سُكُونٌ وَالۡآتِي فَتۡحَةٌ ثُمَّ كَسۡرَةٌ،
وَوَحَّدَ بَيۡنَهُمَا ابۡنُ عَبۡدِ الۡبَرِّ،
Ibnu Abu Khaitsamah membedakan antara dia dengan Abu Bisyr Al-Anshari yang
akan disebutkan yang hadisnya dikeluarkan di dalam dua kitab Shahih. Yang ini
huruf pertamanya dikasrah kemudian disukun. Adapun yang nanti disebutkan,
fatah lalu kasrah. Adapun Ibnu ‘Abdul Barr menyatakan kedua orang tersebut
adalah satu orang yang sama.
وَقَالَ: هُوَ الَّذِي رَوَى عُمَارَةُ بۡنُ غَزِيَّةَ عَنۡهُ حَدِيثَ: أَنَّ
رَسُولَ اللهَ ﷺ حَرَّمَ مَا بَيۡنَ لَابَتَيۡهَا؛
Dia berkata: Beliau adalah yang hadisnya diriwayatkan oleh ‘Umarah bin
Ghaziyyah: Bahwa Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—menjadikan daerah di
antara dua tanah berbatu hitam Madinah sebagai tanah suci.
قَالَ: وَمِنۡ حَدِيثِهِ: (الۡحُمَّى مِنۡ فَيۡحِ جَهَنَّمَ)،
Dia berkata: Termasuk hadis beliau adalah, “Demam itu dari panasnya neraka
Jahanam.”
وَالرَّاجِحُ التَّفۡرِقَةُ.
Pendapat yang lebih kuat adalah yang membedakan.