Cari Blog Ini

Al-Ishabah - 9606. Abu Basyir Al-Anshari As-Sa’idi

9606. Abu Basyir Al-Anshari As-Sa’idi 


٩٦٠٦ - أَبُو بَشِيرٍ الۡأَنۡصَارِيُّ السَّاعِدِيُّ: وَيُقَالُ الۡمَازِنِيُّ، وَيُقَالُ: الۡحَارِثِيُّ. 

Abu Basyir Al-Anshari As-Sa’idi. Ada yang berkata: Al-Mazini. Ada pula yang berkata: Al-Haritsi. 

مُخَرَّجُ حَدِيثِهِ فِي الصَّحِيحَيۡنِ، مِنۡ طَرِيقِ عَبَّادِ بۡنِ تَمِيمٍ، عَنۡهُ، وَمَتۡنُ الۡحَدِيثِ لَا تَبۡقَيَنَّ فِي رَقَبَةِ بغير بَعِيرٍ قِلَادَةٌ، 

Hadis beliau dikeluarkan di dalam dua kitab Shahih, dari jalan ‘Abbad bin Tamim, dari beliau. Matan hadis tersebut adalah, “Jangan ada kalung yang dibiarkan di leher unta…” 

وَرَوَى عَنۡهُ أَيۡضًا ضَمۡرَةُ بۡنُ سَعِيدٍ، وَسَعِيدُ بۡنُ نَافِعٍ، ذَكَرَهُ أَبُو أَحۡمَدَ الۡحَاكِمُ فِيمَنۡ لَا يُعۡرَفُ اسۡمُهُ، وَقِيلَ: اسۡمُهُ قَيۡسُ بۡنُ عُبَيۡدِ، بۡنِ الۡحُرَيۡرِ، بِمُهۡمَلَتَيۡنِ مُصَغَّرًا، ضَبَطَهُ الطَّبَرِيُّ وَغَيۡرُهُ، 

Dhamrah bin Sa’id dan Sa’id bin Nafi’ juga meriwayatkan dari beliau. Abu Ahmad Al-Hakim menyebut beliau di golongan orang-orang yang namanya tidak diketahui. Ada yang berkata: Nama beliau adalah Qais bin ‘Ubaid bin Al-Hurair. Al-Hurair dengan tanpa titik di kedua huruf ra dan berbentuk isim tashghir. Diberi harakat oleh Ath-Thabari dan selain beliau. 

وَوَقَعَ عِنۡدَ أَبِي عُمَرَ الۡحَارِثِ، وَهُوَ عُبَيۡدُ بۡنُ الۡحَارِثِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ الۡجَعۡدِ، قَالَهُ مُحَمَّدُ بۡنُ سَعۡدٍ، 

(Nasab beliau) terdapat pula pada riwayat Abu ‘Umar Al-Harits, beliau (Qais bin) ‘Ubaid bin Al-Harits bin ‘Amr bin Al-Ja’d. Ini dikatakan oleh Muhammad bin Sa’d. 

وَنُقِلَ عَنِ الۡوَاقِدِيِّ: أَنَّهُ شَهِدَ أُحُدًا وَهُوَ غُلَامٌ، وَأَوۡرَدَهُ ابۡنُ سَعۡدٍ فِي طَبَقَةِ مَنۡ شَهِدَ الۡخَنۡدَقَ، وَقَدۡ ذَكَرَهُ الۡبَغَوِيُّ، فَقَالَ: أَبُو بَشِيرٍ الۡأَنۡصَارِيُّ، سَكَنَ الۡمَدِينَةَ، وَسَاقَ حَدِيثَهُ مِنۡ هَٰذَا الۡوَجۡهِ، 

Dinukilkan dari Al-Waqidi bahwa beliau mengikuti perang Uhud ketika masih remaja. Ibnu Sa’d memasukkan beliau dalam kelompok orang yang mengikuti perang Khandaq. Al-Baghawi menyebut beliau dengan mengatakan: Abu Basyir Al-Anshari tinggal di Madinah; lalu beliau membawakan hadis beliau dari jalan ini. 

قَالَ خَلِيفَةُ: مَاتَ أَبُو بَشِيرٍ بَعۡدَ الۡحَرَّةِ، وَكَانَ عُمِّرَ طَوِيلًا، وَقِيلَ: مَاتَ سَنَةَ أَرۡبَعِينَ، وَهُوَ سَاعِدِيٌّ، وَيُقَالُ: مَازِنِيٌّ، وَيُقَالُ: حَارِثِيٌّ، رَوَى عَنۡهُ أَيۡضًا ضَمۡرَةُ بۡنُ سَعِيدٍ، وَسَعِيدُ بۡنُ نَافِعٍ، وَيُقَالُ: إِنَّ شَيۡخَ هَٰذَا الۡأَخِيرِ آخَرُ يُكۡنَى أَبَا بِشۡرٍ - بِكَسۡرِ الۡمُوَحَّدَةِ، وَسُكُونِ الۡمُعۡجَمَةِ - قَالَهُ ابۡنُ أَبِي خَيۡثَمَةَ. 

Khalifah berkata: Abu Basyir meninggal setelah peristiwa Al-Harrah dan beliau diberi umur panjang. Ada yang berkata bahwa beliau meninggal di tahun 40 H. Beliau adalah Sa’idi. Ada yang berkata: Mazini. Ada yang berkata: Haritsi. 

Dhamrah bin Sa’id dan Sa’id bin Nafi’ juga meriwayatkan dari beliau. Ada yang berkata bahwa guru dari Sa’id bin Nafi’ adalah orang lain yang dipanggil dengan kunyah Abu Bisyr—dengan harakat kasrah bertitik satu dan sukun dengan titik—. Ini dikatakan oleh Ibnu Abu Khaitsamah.