٢٩٠٢ – [أَبُو بَشِيرٍ الۡأَنۡصَارِيُّ]:
أَبُو بَشِيرٍ الۡأَنۡصَارِيُّ. قِيلَ: الۡمَازِنِيُّ الۡأَنۡصَارِيُّ.
وَقِيلَ: السَّاعِدِيُّ الۡأَنۡصَارِيُّ، وَقِيلَ الۡأَنۡصَارِيُّ
الۡحَازِمِيُّ، لَا يُوقَفُ لَهُ عَلَى اسۡمٍ صَحِيحٍ، وَلَا سَمَّاهُ مَنۡ
يُوثَقُ بِهِ وَيُعۡتَمَدُ عَلَيۡهِ.
Abu Basyir Al-Anshari. Ada yang berkata: Al-Mazini Al-Anshari. Ada pula yang
berkata: As-Sa’idi Al-Anshari. Ada juga yang mengatakan: Al-Anshari Al-Hazimi.
Tidak diketahui nama beliau yang sahih. Orang-orang yang dipercaya dan bisa
dijadikan sandaran pun tidak menyebutkan nama beliau.
وَقَدۡ قِيلَ: اسۡمُهُ قَيۡسُ بۡنُ عُبَيدٍ مِنۡ بَنِي النَّجَّارِ، وَلَا
يَصِحُّ. وَاللهُ أَعۡلَمُ. وَمَنۡ قَالَ ذٰلِكَ نَسَبَهُ فَقَالَ: قَيۡسُ بۡنُ
عُبَيۡدِ بۡنِ الۡحَارِثِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ الۡجَعۡدِ مِنۡ بَنِى مَازِنِ بۡنِ
النَّجَّارِ، لَهُ صُحۡبَةٌ وَرِوَايَةٌ، عَنِ النَّبِيّ ﷺ.
Ada yang berkata bahwa namanya adalah Qais bin ‘Ubaid dari bani An-Najjar,
namun ini tidak sahih wallahu alam. Orang yang berpendapat demikian,
menyebutkan nasab beliau adalah Qais bin ‘Ubaid bin Al-Harits bin ‘Amr bin
Al-Ja’d,dari bani Mazin bin An-Najjar. Beliau memiliki hubungan persahabatan
dan riwayat dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam.
رَوَى عَنۡهُ عَبَّادُ بۡنُ تَمِيمٍ، وَعُمَارَةُ بۡنُ غَزِيَّةَ، وَضَمۡرَةُ
بۡنُ سَعِيدٍ، وَسَعِيدُ بۡنُ نَافِعٍ، فَرِوَايَةُ عَبَّادِ بۡنِ تَمِيمٍ
عَنۡهُ مِنۡ حَدِيثِ مَالِكٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي بَكۡرٍ، عَنۡ
عَبَّادِ بۡنِ تَمِيمٍ أَنَّ أَبَا بَشِيرٍ الۡأَنۡصَارِيَّ أَخۡبَرَهُ أَنَّهُ
كَانَ مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي بَعۡضِ أَسۡفَارِهِ، فَأَرۡسَلَ رَسُولُ اللهِ
ﷺ زَيۡدًا مَوۡلَاهُ. قَالَ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ أَبِي بَكۡرٍ: حَسِبۡتُ أَنَّهُ
قَالَ- وَالنَّاسُ فِي مَقِيلِهِمۡ: (لَا تُبۡقَيَنَّ فِي رَقَبَةِ بَعِيرٍ
قِلَادَةٌ مِنۡ وَتَرٍ إِلَّا قُطِعَتۡ).
‘Abbad bin Tamim, ‘Umarah bin Ghaziyyah, Dhamrah bin Sa’id, dan Sa’id bin
Nafi’ meriwayatkan dari beliau.
Riwayat ‘Abbad bin Tamim dari beliau adalah dari hadis Malik, dari ‘Abdullah
bin Abu Bakr, dari ‘Abbad bin Tamim; Bahwa Abu Basyir Al-Anshari mengabarkan
kepadanya bahwa beliau pernah bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—pada sebagian safarnya. Lalu Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—mengutus Zaid, bekas budaknya. ‘Abdullah bin Abu Bakr berkata: Aku
mengira beliau berkata: Sedang orang-orang berada di tempat peristirahatan
mereka. (Utusan itu menyampaikan pesan Rasul), “Tidak boleh dibiarkan ada
kalung dari tali busur panah (yang dianggap bisa menolak ‘ain) yang berada di
leher unta kecuali harus diputus.”
وَحَدِيثُ سَعِيدِ بۡنِ نَافِعٍ عَنۡهُ، عَنِ النَّبِيّ ﷺ فِي النَّهۡيِ عَنِ
الصَّلَاةِ عِنۡدَ طُلُوعِ الشَّمۡسِ حَتَّى تَرۡتَفِعَ.
Hadis Sa’id bin Nafi’ dari beliau, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—tentang larangan salat ketika matahari terbit sampai naik.
وَحَدِيثُ عُمَارَةَ بۡنِ غَزِيَّةَ عَنۡهُ أَنَّ النَّبِيّ ﷺ حَرَّمَ مَا
بَيۡنَ لَابَتَيۡهَا- يَعۡنِي الۡمَدِينَةَ.
Hadis ‘Umarah bin Ghaziyyah dari beliau; bahwa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—menjadikan daerah di antara dua tanah berbatu hitam Madinah sebagai
tempat suci.
وَرَوَتۡ عَنۡهُ ابۡنَتُهُ عَنِ النَّبِيّ ﷺ أَنَّهُ قَالَ: (الۡحُمَى مِنۡ
فَيۡحِ جَهَنَّمَ)؛ كُلُّ هَٰذَا عِنۡدِي لِرَجُلٍ وَاحِدٍ. وَمِنۡهُمۡ مَنۡ
يَجۡعَلُ هَٰذِهِ الۡأَحَادِيثَ لِرَجُلَيۡنِ. وَمِنۡهُمۡ يَجۡعَلُهَا
لِثَلَاثَةٍ؛ وَالصَّحِيحُ أَنَّهُ رَجُلٌ وَاحِدٌ؛ لَيۡسَ فِي الصَّحَابَةِ
أَبُو بَشِيرٍ غَيۡرَهُ.
Putrinya meriwayatkan dari beliau, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—;
bahwa beliau bersabda, “Demam berasal dari panasnya neraka jahanam.”
Semua riwayat ini menurutku milik satu orang yang sama. Di antara mereka ada
yang menjadikan hadis-hadis ini milik dua orang yang berbeda. Di antara mereka
ada juga yang menjadikannya milik tiga orang yang berbeda. Namun, yang sahih
bahwa dia adalah orang yang sama. Tidak ada di kalangan sahabat, orang yang
bernama Abu Basyir selain beliau.
وَقَالَ خَلِيفَةُ: مَاتَ أَبُو بَشِيرٍ بَعۡدَ الۡحَرَّةِ، وَكَانَ قَدۡ
عُمِّرَ طَوِيلًا. وَقِيلَ: مَاتَ سَنَةَ أَرۡبَعِينَ، وَالۡأَوَّلُ أَصَحُّ،
لِأَنَّهُ أَدۡرَكَ الۡحَرَّةَ، وَمَا أَعۡلَمُ فِيهِمۡ مَنۡ يُكۡنَى أَبَا
بَشِيرٍ (بَعۡدُ) إِلَّا الۡحَارِثَ بۡنَ خُزَيۡمَةَ بۡنِ عَدِيٍّ
الۡأَنۡصَارِيِّ، فَإِنَّهُ يُكۡنَى أَبَا بَشِيرٍ فِيمَا ذَكَرَ
الۡوَاقِدِيُّ.
Khalifah berkata: Abu Basyir meninggal setelah peristiwa Al-Harrah dan beliau
diberi umur panjang. Ada yang berkata bahwa beliau meninggal tahun 40 H. Namun
pendapat pertama lebih sahih karena beliau mendapati peristiwa Al-Harrah. Aku
tidak mengetahui di kalangan mereka yang dipanggil dengan kunyah Abu Basyir
setelahnya kecuali Al-Harits bin Khuzaimah bin ‘Adi Al-Anshari. Beliau
dipanggil dengan kunyah Abu Basyir dalam riwayat yang disebutkan oleh
Al-Waqidi.
وَفِي الصَّحَابَةِ مَنۡ يُكۡنَى أَبَا بَشِيرٍ الۡبَرَاءُ بۡنُ مَعۡرُورٍ،
وَعَبَّادُ بۡنُ بِشۡرٍ.
Di kalangan sahabat, orang yang dipanggil dengan kunyah Abu Basyir adalah
Al-Bara` bin Ma’rur dan ‘Abbad bin Bisyr.