قَوۡلُهُ: (وَالۡجَوَابُ بِالۡفَاءِ، وَالۡوَاوِ، وَأَوۡ).
Ucapan mualif, “Jawaban dengan huruf fa dan wawu, dan أَوۡ.”
وَقَوۡلُهُ –رَحِمَهُ اللهُ-: (وَالۡجَوَابُ بِالۡفَاءِ وَالۡوَاوِ): أَيۡ:
يُنۡصَبُ الۡجَوَابُ إِذَا اقۡتُرِنَ بِالۡفَاءِ أَوۡ بِالۡوَاوِ. الۡفَاءُ
يَعۡنِي: فَاءَ السَّبَبِيَّةِ، وَالۡوَاوُ يَعۡنِي: وَاوَ
الۡمَعِيَّةِ.
Ucapan mualif—rahimahullah—, “Jawaban dengan huruf fa dan wawu,” maksudnya
jawaban (kelanjutan kalimat) di-nashb apabila diiringi oleh huruf fa atau
huruf wawu. Huruf fa, yakni fa sababiyyah (yang berkaitan dengan sebab). Huruf
wawu, yakni wawu ma’iyyah (bermakna kebersamaan).
هَٰذَانِ الۡحَرۡفَانِ إِذَا كَانَا جَوَابًا لِوَاحِدٍ مِنۡ أُمُورٍ تِسۡعَةٍ
نُصِبَ بِهِمَا الۡفِعۡلُ. يَجۡمَعُ هَٰذِهِ الۡأُمُورَ التِّسۡعَةَ
قَوۡلُهُ:
مُرۡ وَادۡعُ وَانۡهَ وَسَلۡ وَاعۡرِضۡ لِحَضِّهِمُ تَمَنَّ وَارۡجُ كَذَاكَ
النَّفۡيُ قَدۡ كَمُلَا
Dua huruf ini, apabila menjadi jawaban (kelanjutan kalimat) untuk salah satu
dari sembilan perkara ini, maka fiil di-nashb karenanya. Kesembilan perkara
ini terkumpul dalam ucapan, “مُرۡ وَادۡعُ وَانۡهَ وَسَلۡ وَاعۡرِضۡ لِحَضِّهِمُ
(Perintah, doa, larangan, permintaan, penawaran, anjuran)تَمَنَّ وَارۡجُ
كَذَاكَ النَّفۡيُ قَدۡ كَمُلَا (keinginan, harapan, dan peniadaan).”
(مُرۡ) یَعۡنِي: إِذَا وَقَعَتِ الۡفَاءُ وَالۡوَاوُ فِي جَوَابِ الۡأَمۡرِ،
فَإِنَّ الۡفِعۡلَ يُنۡصَبُ بِهِمَا.
مِثَالُهُ: (أَسۡلِمۡ فَتَدۡخُلَ الۡجَنَّةَ) (أَسۡلِمۡ): فِعۡلُ أَمۡرٍ،
وَ(الۡفَاءُ) لِلسَّبَبِيَّةِ يَعۡنِي: فَبِسَبَبِ إِسۡلَامِكَ، (تَدۡخُلَ):
فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَنۡصُوبٌ بِفَاءِ السَّبَبِيَّةِ وَعَلَامَةُ نَصۡبِهِ
فَتۡحَةٌ ظَاهِرَةٌ فِي آخِرِهِ.
1. Perintah. Yakni apabila huruf fa atau wawu terletak pada kelanjutan kalimat
yang masih berhubungan dengan kalimat perintah sebelumnya, maka fiil di-nashb
karenanya.
Contohnya, “أَسۡلِمۡ فَتَدۡخُلَ الۡجَنَّةَ (Masuk islamlah supaya engkau nanti
masuk janah!).” أَسۡلِمۡ adalah fiil amr/perintah. Huruf fa untuk sababiyyah,
artinya: dengan sebab keislamanmu. تَدۡخُلَ adalah fiil mudhari’ yang di-nashb
dengan huruf fa sababiyyah. Tanda nashb-nya adalah fatah yang tampak di akhir
kata.
(اسۡتَمِعِ الۡقُرۡآنَ فَتُؤۡجَرَ).
(اسۡتَمِعۡ): فِعۡلُ أَمۡرٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى السُّكُونِ، وَالۡفَاعِلُ ضَمِيرٌ
مُسۡتَتِرٌ تَقۡدِيرُهُ (أَنۡتَ).
(الۡقُرۡآنَ): مَفۡعُولٌ بِهِ مَنۡصُوبٌ وَعَلَامَةُ نَصۡبِهِ فَتۡحَةٌ
ظَاهِرَةٌ.
(فَتُؤۡجَرَ): (الۡفَاءُ) لِلسَّبَبِيَّةِ، وَ(تُؤۡجَرَ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ
مَبۡنِيٌّ لِمَا لَمۡ يُسَمَّ فَاعِلُهُ مَنۡصُوبٌ بِفَاءِ السَّبَبِيَّةِ،
وَعَلَامَةُ نَصۡبِهِ فَتۡحَةٌ ظَاهِرَةٌ، وَنَائِبُ الۡفَاعِلِ ضَمِيرٌ
مُسۡتَتِرٌ وُجُوبًا تَقۡدِيرُهُ (أَنۡتَ).
“اسۡتَمِعِ الۡقُرۡآنَ فَتُؤۡجَرَ (Simaklah Alquran supaya engkau dapat
pahala!).”
اسۡتَمِعۡ adalah fiil amr yang mabni di atas sukun. Fa’il-nya adalah kata
ganti yang disembunyikan. Asumsinya adalah anta.
الۡقُرۡآنَ adalah maf’ul bih yang di-nashb. Tanda nashb-nya adalah harakat
fatah yang tampak.
فَتُؤۡجَرَ: huruf fa untuk sababiyyah. تُؤۡجَرَ adalah fiil mudhari’ yang
dibentuk untuk kalimat yang fa’il/pelakunya tidak disebutkan, yang di-nashb
dengan huruf fa sababiyyah. Tanda nashb-nya adalah harakat fatah yang tampak.
Na`ib al-fa’il-nya adalah kata ganti yang wajib disembunyikan. Asumsinya
adalah anta.
(رَاجِعۡ فَتَنۡجَحَ).
(فَتَنۡجَحَ): (الۡفَاءُ) فَاءُ السَّبَبِيَّةِ. (تَنۡجَحَ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ
مَنۡصُوبٌ بِالۡفَاءِ وَعَلَامَةُ نَصۡبِهِ الۡفَتۡحَةُ الظَّاهِرَةُ عَلَى
آخِرِهِ.
“رَاجِعۡ فَتَنۡجَحَ (Ulangilah supaya engkau berhasil!).”
فَتَنۡجَحَ: huruf fa adalah fa sababiyyah. تَنۡجَحَ adalah fiil mudhari’ yang
di-nashb dengan huruf fa. Tanda nashb-nya adalah harakat fatah yang tampak di
akhir kata.