Syekh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin--rahimahullah--berkata:
وَقَوۡلُهُ: (أَلَمۡ) وَ(أَلَمَّا) الۡمُؤَلِّفُ -جَزَاهُ اللهُ خَيۡرًا
وَغَفَرَ اللهُ لَهُ- مُسَهِّلٌ عَلَى الطَّالِبِ، جَعَلَ (ألَمۡ) أَدَاةً
مُسۡتَقِلَّةً، وَالۡحَقِيقَةُ أَنَّهَا لَيۡسَتۡ أَدَاةٌ مُسۡتَقِلَّةً،
إِنَّمَا هِيَ (لَمۡ) لَكِنۡ دَخَلَتۡ عَلَيۡهَا الۡهَمۡزَةُ؛ لَكِنۡ مِنۡ
أَجۡلِ التَّسۡهِيلِ عَلَى الطَّالِبِ الۡمُبۡتَدِئِ جَعَلَهَا أَدَاةً
مُسۡتَقِلَّةً.
Ucapan mualif, “أَلَمۡ dan أَلَمَّا.” Semoga Allah membalas mualif dengan
kebaikan dan mengampuni beliau. Beliau memudahkan penuntut ilmu. Beliau
menjadikan أَلَمۡ sebagai sebuah perangkat bahasa tersendiri. Hakikatnya dia
bukan perangkat bahasa yang tersendiri. Dia sebenarnya adalah لَمۡ, namun
diawali huruf hamzah. Akan tetapi agar memudahkan penuntut ilmu pemula, mualif
menjadikannya sebagai perangkat bahasa tersendiri.
الۡمِثَالُ: قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿أَلَمۡ نَشۡرَحۡ لَكَ صَدۡرَكَ﴾ [الشرح:
١]، إِذَا أَرَدۡنَا الۡإِعۡرَابَ: نَقُولُ: (أَلَمۡ): حَرۡفُ نَفۡيٍ وَجَزۡمٍ
وَقَلۡبٍ –عَلَى كَلَامِ الۡمُؤَلِّفِ- لِمَاذَا؟ لِأَنَّهُ جَعَلَ (أَلَمۡ)
هِيَ الۡأَدَاةُ وَعَلَى هَٰذَا لَا نَتَعَرَّضُ لِلۡهَمۡزَةِ؛ لِأَنَّ
الۡمُؤَلِّفَ –رَفَقَ اللهُ بِهِ- أَرَادَ أَنۡ يَرۡفُقَ بِالۡمُبۡتَدِئِ،
فَبَدَلًا مِنۡ أَنۡ يَقُولَ: الۡهَمۡزَةُ لِلۡاِسۡتِفۡهَامِ، وَمَا الۡمُرَادُ
بِالۡاِسۡتِفۡهَامِ؟ وَهَلۡ خَرَجَ عَنِ الۡأَصۡلِ أَوۡ لَمۡ يَخۡرُجۡ؟
وَنُرۡهِقُ الطَّالِبَ، قَالَ: اتۡرُكِ الۡكَلَامَ عَنِ الۡهَمۡزَةِ،
نَجۡعَلُهَا مِنۡ ضِمۡنِ الۡأَدَاةِ.
Contoh: Allah taala berfirman, “أَلَمۡ نَشۡرَحۡ لَكَ صَدۡرَكَ (Bukankah Kami
telah melapangkan dadamu untukmu?)” (QS. Asy-Syarh: 1).
Ketika kita ingin mengikrab, kita katakan: أَلَمۡ adalah huruf nafi, jazm, dan
qalb menurut ucapan mualif. Mengapa? Karena mualif menjadikan أَلَمۡ sebagai
sebuah perangkat bahasa sehingga atas dasar ini kita tidak menyinggung huruf
hamzah. Karena mualif—semoga Allah mengasihi beliau—hendak mengasihi pemula,
sehingga ikrab tadi sebagai ganti dari ucapan: Huruf hamzah untuk
istifham/pertanyaan. Apa maksudnya istifham? Apakah dia keluar dari bentuk
asal atau tidak keluar? Maka kita pun membebani penuntut ilmu. Mualif berkata,
“Tinggalkan pembicaraan huruf hamzah. Kita jadikan dia sebagai bagian
perangkat bahasa.”
مِثَالُهُ قَوۡلِ اللهِ تَعَالَى: ﴿أَلَمۡ نَشۡرَحۡ لَكَ صَدۡرَكَ﴾ [الشرح:
١].
وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿أَلَمۡ يَعۡلَم بِأَنَّ ٱللَّهَ يَرَىٰ﴾ [العلق:
١٤].
وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿أَلَمۡ تَعۡلَمۡ أَنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىۡءٍ
قَدِيرٌ﴾ [البقرة: ١٠٦].
وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿أَلَمۡ يَأۡتِكُمۡ نَذِيرٌ﴾ [الملك: ٨].
وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿أَلَمۡ تَكُنۡ ءَايَـٰتِى تُتۡلَىٰ عَلَيۡكُمۡ﴾
[المؤمنون: ١٠٥].
Contohnya adalah firman Allah taala, “أَلَمۡ نَشۡرَحۡ لَكَ صَدۡرَكَ.” (QS.
Asy-Syarh: 1).
Firman Allah taala, “أَلَمۡ يَعۡلَم بِأَنَّ ٱللَّهَ يَرَىٰ (Bukankah dia
mengetahui bahwa Allah melihat?)” (QS. Al-‘Alaq: 14).
Firman Allah taala, “أَلَمۡ تَعۡلَمۡ أَنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيرٌ
(Bukankah engkau mengetahui bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu?)” (QS.
Al-Baqarah: 106).
Firman Allah taala, “أَلَمۡ يَأۡتِكُمۡ نَذِيرٌ (Bukankah pemberi peringatan
sudah datang kepada kalian?)” (QS. Al-Mulk: 8).
Firman Allah taala, “أَلَمۡ تَكُنۡ ءَايَـٰتِى تُتۡلَىٰ عَلَيۡكُمۡ (Bukankah
ayat-ayat-Ku telah dibacakan kepada kalian?)” (QS. Al-Mu`minun: 105).