Syekh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin--rahimahullah--berkata:
وَقَوۡلُهُ: (وَلَامُ الۡأَمۡرِ): يَعۡنِي: اللَّامَ الدَّالَّةَ عَلَى
الۡأَمۡرِ.
مِثۡلُ: قَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿لِيُنفِقۡ ذُو سَعَةٍ مِّن سَعَتِهِۦ﴾ [الطلاق:
٧].
(لِيُنۡفِقۡ): (اللَّامُ) لَامُ الۡأَمۡرِ. (يُنۡفِقۡ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ
مَجۡزُومٌ بِاللَّامِ، وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ.
(ذُو): فَاعِلٌ مَرۡفُوعٌ وَعَلَامَةُ رَفۡعِهِ الۡوَاوُ نِيَابَةً عَنِ
الضَّمَّةِ؛ لِأَنَّهُ مِنَ الۡأَسۡمَاءِ الۡخَمۡسَةِ. وَ(ذُو)
مُضَافٌ.
(سَعَةٍ): مُضَافٌ إِلَيۡهِ مَجۡرُورٌ بِالۡإِضَافَةِ وَعَلَامَةُ جَرِّهِ
الۡكَسۡرَةُ.
Ucapan mualif, “Huruf lam perintah.” Yakni, huruf lam yang menunjukkan makna
perintah. Contohnya firman Allah taala, “لِيُنفِقۡ ذُو سَعَةٍ مِّن سَعَتِهِۦ
(Hendaknya orang yang memiliki keluasan rezeki memberi nafkah menurut
kemampuannya).” (QS. Ath-Thalaq: 7).
لِيُنۡفِقۡ: Huruf lam adalah lam perintah. يُنۡفِقۡ adalah fiil mudhari’ yang
di-jazm dengan huruf lam. Tanda jazm-nya adalah sukun.
ذُو: fa’il yang di-raf’. Tanda raf’-nya adalah huruf wawu sebagai ganti dari
harakat damah karena termasuk isim-isim yang lima. ذُو juga mudhaf.
سَعَةٍ adalah mudhaf ilaih yang di-jarr karena idhafah. Tanda jarr-nya adalah
harakat kasrah.
وَمِثۡلُ قَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿فَلۡيَمۡدُدۡ بِسَبَبٍ إِلَى ٱلسَّمَآءِ ثُمَّ
لۡيَقۡطَعۡ﴾ [الحج: ١٥].
(فَلۡيَمۡدُدۡ): (اللَّامُ) لَامُ الۡأَمۡرِ، وَ(يَمۡدُدۡ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ
مَجۡزُومٌ بِلَامِ الۡأَمۡرِ، وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ.
(لِيَقۡطَعۡ): (اللَّامُ) لَامُ الۡأَمۡرِ، وَ(يَقۡطَعۡ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ
مَجۡزُومٌ بِلَامِ الۡأَمۡرِ، وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ.
Contoh lain adalah firman Allah taala, “فَلۡيَمۡدُدۡ بِسَبَبٍ إِلَى ٱلسَّمَآءِ
ثُمَّ لۡيَقۡطَعۡ (Hendaknya dia bentangkan tali ke langit, kemudian hendaknya
dia melaluinya)” (QS. Al-Hajj: 15).
فَلۡيَمۡدُدۡ: Huruf lam adalah lam perintah. يَمۡدُدۡ adalah fiil mudhari’
yang di-jazm dengan huruf lam perintah. Tanda jazm-nya adalah sukun.
لِيَقۡطَعۡ: Huruf lam adalah lam perintah. يَقۡطَعۡ adalah fiil mudhari’ yang
di-jazm dengan huruf lam perintah. Tanda jazm-nya adalah sukun.
وَقَالَ تَعَالَى: ﴿وَلۡيَخۡشَ ٱلَّذِينَ لَوۡ تَرَكُوا۟ مِنۡ خَلۡفِهِمۡ
ذُرِّيَّةً ضِعَـٰفًا خَافُوا۟ عَلَيۡهِمۡ﴾ [النساء: ٩].
(وَلۡيَخۡشَ): (اللَّامُ) لَامُ الۡأَمۡرِ، وَ(يَخۡشَ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ
مَجۡزُومٌ بِلَامِ الۡأَمۡرِ، وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ الۡأَلِفِ،
وَالۡفَتۡحَةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا.
Allah taala berfirman, “وَلۡيَخۡشَ ٱلَّذِينَ لَوۡ تَرَكُوا۟ مِنۡ خَلۡفِهِمۡ
ذُرِّيَّةً ضِعَـٰفًا خَافُوا۟ عَلَيۡهِمۡ (Hendaknya takut kepada Allah
orang-orang yang andai mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang
mereka, yang mereka khawatirkan (kesejahteraannya).” (QS. An-Nisa`: 9).
وَلۡيَخۡشَ: huruf lam adalah lam perintah. يَخۡشَ adalah fiil mudhari’ yang
di-jazm dengan lam perintah. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf alif.
Harakat fatah sebelumnya adalah tanda yang menunjukkan hal tersebut.
وَتَقُولُ: (يَضۡرِبُ زَيۡدٌ)، فَإِذَا أَرَدۡتَ أَنۡ تُدۡخِلَ عَلَيۡهِ لَامَ
الۡأَمۡرِ قُلۡتَ: (لِيَضۡرِبۡ زَيۡدٌ) وَسَكَّنۡتَ الۡبَاءَ.
Engkau katakan, “يَضۡرِبُ زَيۡدٌ (Zaid sedang memukul).” Jika engkau hendak
memasukkan huruf lam perintah ke kalimat tersebut, maka engkau katakan,
“لِيَضۡرِبۡ زَيۡدٌ (Hendaknya Zaid memukul).” Engkau beri tanda sukun pada
huruf ba.
قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿ثُمَّ لۡيَقۡضُوا۟ تَفَثَهُمۡ﴾ [الحج:۲۹].
(ثُمَّ): حَرۡفُ عَطۡفٍ.
(لۡيَقۡضُوا): (اللَّامُ) لَامُ الۡأَمۡرِ. (يَقۡضُوا): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ
مَجۡزُومٌ بِلَامِ الۡأَمۡرِ وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ النُّونِ؛ لِأَنَّهُ
مِنَ الۡأَفۡعَالِ الۡخَمۡسَةِ، وَ(الۡوَاوُ): ضَمِيرٌ مَبۡنِيٌّ عَلَى
السُّكُونِ فِي مَحَلِّ رَفۡعٍ فَاعِلٌ.
(تَفَثَهُمۡ): (تَفَثَ): مَفۡعُولٌ بِهِ مَنۡصُوبٌ وَعَلَامَةُ نَصۡبِهِ
الۡفَتۡحَةُ. وَ(الۡهَاءُ): ضَمِيرٌ مَبۡنِيٌّ عَلَى الضَّمِّ فِي مَحَلِّ
جَرٍّ مُضَافٌ إِلَيۡهِ وَسَكَّنَّا لَامَ الۡأَمۡرِ؛ لِأَنَّهَا إِذَا جَاءَتۡ
بَعۡدَ (الۡوَاوِ وَالۡفَاءِ وَثُمَّ) تُسَكَّنُ.
Allah taala berfirman, “ثُمَّ لۡيَقۡضُوا۟ تَفَثَهُمۡ (Kemudian hendaklah
mereka menghilangkan kotoran yang ada pada badan mereka).” (QS. Al-Hajj:
29).
ثُمَّ adalah huruf ‘athf.
لۡيَقۡضُوا: huruf lam adalah lam perintah. يَقۡضُوا fiil mudhari’ yang di-jazm
dengan sebab lam perintah. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf nun karena
dia termasuk fiil-fiil yang lima. Huruf wawu adalah kata ganti yang mabni di
atas tanda sukun dalam keadaan raf’ sebagai fa’il.
تَفَثَهُمۡ: تَفَثَ adalah maf’ul bih yang di-nashb. Tanda nashb-nya adalah
harakat fatah. Huruf ha adalah kata ganti yang mabni di atas harakat damah
dalam keadaan jarr sebagai mudhaf ilaih.
Kita memberi tanda sukun pada lam perintah karena ketika lam perintah terletak
setelah huruf wawu, fa, dan tsumma, maka diberi tanda sukun.
وَتَقُولُ: (لِيَقُمۡ زَيۡدٌ) اللَّامُ لَامُ الۡأَمۡرِ.
(يَقُمۡ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِلَامِ الۡأَمۡرِ، وَعَلَامَةُ
جَزۡمِهِ حَذۡفُ حَرۡفِ الۡعِلَّةِ.
(زَيۡدٌ): فَاعِلٌ مَرۡفُوعٌ وَعَلَامَةُ رَفۡعِهِ ضَمَّةٌ
ظَاهِرَةٌ.
Engkau katakan, “لِيَقُمۡ زَيۡدٌ (Hendaknya Zaid berdiri).” Huruf lam adalah
lam perintah.
يَقُمۡ fiil mudhari’ yang di-jazm dengan sebab lam perintah. Tanda jazm-nya
adalah dibuangnya huruf ilat sukun.
زَيۡدٌ adalah fa’il yang di-raf’. Tanda raf’-nya adalah harakat damah yang
tampak.
وَمِنۡهُ: (لِنَبۡدَأۡ فِي دَرۡسِ الۡآجُرُّومِيَّةِ) فَاللَّامُ هُنَا لَامُ
الۡأَمۡرِ، فَجَزَمَتِ الۡفِعۡلَ الۡمُضَارِعَ.
Termasuk bab ini adalah, “لِنَبۡدَأۡ فِي دَرۡسِ الۡآجُرُّومِيَّةِ (Mari kita
mulai pelajaran Al-Ajurrumiyyah).” Huruf lam di sini adalah lam perintah,
sehingga men-jazm fiil mudhari’.