Cari Blog Ini

Syarh Al-Ajurrumiyyah - Pen-jazm Fiil Mudhari' - Lam Doa

Syekh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin--rahimahullah--berkata:

وَقَوۡلُهُ: (وَالدُّعَاءِ) لَامُ الدُّعَاءِ؛ هِيَ اللَّامُ الَّتِي يُوَجَّهُ فِيهَا الۡخِطَابُ إِلَى اللهِ. مِثۡلُ: (رَبِّ لِتَغۡفِرۡ لِي) اللَّامُ هُنَا لَوۡ كَانَ الۡمُخَاطَبُ غَيۡرَ اللهِ لَكَانَتِ اللَّامُ لِلۡأَمۡرِ. 

لَكِنۡ لَمَّا كَانَ الۡخِطَابُ مُوَجَّهًا إِلَى اللهِ، فَلَا يُمۡكِنُ أَنۡ نَأۡمُرَ اللهَ، فَاللهُ يَأۡمُرُ وَلَا يُؤۡمَرُ، إِذَنۡ؛ نَقُولُ: اللَّامُ لِلدُّعَاءِ. 

وَنَقُولُ فِي إِعۡرَابِهَا: (لِتَغۡفِرۡ): (اللَّامُ) لَامُ الدُّعَاءِ. (تَغۡفِرۡ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِلَامِ الدّعَاءِ، وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ السُّكُونُ. 

Ucapan mualif, “dan huruf lam doa.” Yaitu huruf lam yang diucapkan ditujukan kepada Allah. Contoh, “رَبِّ لِتَغۡفِرۡ لِي (Ya Rabi, ampunilah aku).” Andai yang diajak bicara bukan Allah, niscaya huruf lam menjadi lam perintah. Akan tetapi ketika pembicaraan ditujukan kepada Allah, maka kita tidak mungkin memerintah Allah. Allah lah yang menyuruh dan Dia tidak disuruh. Jadi kita katakan, lam doa. 

Kita katakan ketika mengikrabnya: لِتَغۡفِرۡ: huruf lam adalah lam doa. تَغۡفِرۡ fiil mudhari’ yang di-jazm dengan sebab lam doa. Tanda jazm-nya adalah sukun. 

وَمِنۡ ذٰلِكَ قَوۡلُهُ: ﴿يَـٰمَـٰلِكُ لِيَقۡضِ عَلَيۡنَا رَبُّكَ﴾ [الزخرف: ٧٧]، فَنَقُولُ: 

(لِيَقۡضِ): (اللَّامُ) لَامُ الدُّعَاءِ. (يَقۡضِ): فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مَجۡزُومٌ بِلَامِ الدُّعَاءِ، وَعَلَامَةُ جَزۡمِهِ حَذۡفُ الۡيَاءِ، وَالۡكَسۡرَةُ قَبۡلَهَا دَلِيلٌ عَلَيۡهَا. 

(عَلَيۡنَا): جَارٌّ وَمَجۡرُورٌ. 

(رَبُّ): فَاعِلٌ مَرۡفُوعٌ، وَعَلَامَةُ رَفۡعِهِ ضَمَّةٌ ظَاهِرَةٌ، وَالۡكَافُ ضَمِيرٌ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ فِي مَحَلِّ جَرٍّ مُضَافٌ إِلَيۡهِ. 

Termasuk bab itu adalah firman Allah, “Wahai Malik, semoga Tuhanmu mematikan kami saja.” (QS. Az-Zukhruf: 77). 

Kita katakan: 

لِيَقۡضِ: huruf lam adalah lam doa. يَقۡضِ adalah fiil mudhari’ yang di-jazm dengan sebab lam doa. Tanda jazm-nya adalah dibuangnya huruf ya. Harakat kasrah sebelumnya adalah tanda yang menunjukkan akan hal itu. 

عَلَيۡنَا: jarr dan majrur. 

رَبُّ: fa’il yang di-raf’. Tanda raf’-nya adalah harakat damah yang tampak. Huruf kaf adalah kata ganti yang mabni di atas harakat fatah dalam keadaan jarr sebagai mudhaf ilaih.